Marvel Universe (versi Komik)

Super Hero

Iron Man

Dia adalah Tony Stark yg nama lengkapnya adalah Anthony Edward Stark yg merupakan seorang anak dari orang kaya raya dan jenius yaitu Howard Stark dan Maria. Tony Stark
mewarisi kejeniusan ayahnya juga hingga menerima gelar di bidang teknik dan fisika, lalu setelah orang tuanya tewas dia mewarisi perusahaan ayahnya. Tony Stark mengalami luka yg sangat parah setela terkena jebakan dan ditangkap oleh musuhnya yg dipimpin oleh Wong-Chu. Luka2 dari Tony Stark semakin bertambah parah karena pecahan2 peluru tsb yg masuk ke dalam dadanya mulai masuk ke jantungnya. Namun nyawa Tony Stark diselamatkan oleh temannya sesama tahanan yaitu Ho Yinsen yg merupakan fisikawan pemenang hadiah Nobel dan dia sangat diidolakan oleh Tony Stark.

Ho Yinsen membuat lubang didadanya Tony Stark dan disitu dibuatkan lempengan magnet untuk bisa mencegah pecahan peluru tsb masuk ke jantung Tony Stark. Diam2 Tony Stark dan Ho Yinsen merancang pakaian robot yg kuat supaya bisa melarikan diri, tapi Ho Yinsen mengorbankan dirinya supaya Tony Stark selamat. Setelah lolos, Tony Stark berencana membalaskan dendam kematian temannya dgn menemui seorang kolonel yg juga sahabat karibnya bernama James "Rhodey" Rhodes. Pecahan peluru tsb tidak bisa hilang, lalu Tony Stark memodifikasi lempengan di dadanya dgn mengisi ulang chipset setiap hari supaya pecahan peluru tsb tidak membunuhnya.

Dengan amarah yg besar, Tony Stark membuat jubah robot dgn teknologi super canggih lewat kejeniusannya yg dia namakan Iron Man. Banyak orang yg tidak tahu bahwa Tony Stark adalah Iron Man, karena dia dikenal seorang jutawan yg playboy dan angkuh. Yang mengetahui identitas Tony Stark adalah sopirnya bernama Harold "Happy" Hogan dan sekretarisnya yg menjadi kekasihnya yaitu Virginia "Pepper" Potts. Bertahun2 Tony Stark bersama Iron Man-nya mengalami banyak perubahan baik dari segi jubahnya maupun lempengan di dadanya. Banyak sekali senjata di jubah Iron Man yg anti-peluru dan mempunyai sinar laser repulsor yg sangat mematikan di kedua telapak tangannya.

Mempunyai perisai di tanganny dan menghasilkan ultra-freon dgn memanipulasi medan magnet, membuat ledakan sonik serta memanipulasi lewat hologram 3 dimensi. Tony Stark membuat teknologi super canggih yg bisa menyelamatkan tubuhnya dgn jubah Iron Man dan Tony Stark adalah tokoh superhero yg super jenius di Marvel. Sang ayah menyewa seorang pelayan bernama Edward Jarvis untuk mengawasi dan menjadi teman baik Tony Stark saat masih kecil dan Tony Stark memberi nama pelayan androidnya Jarvis juga. Semua jubah Iron Man diberi nama Mark I-VII dan Tony Stark selalu memodifikasi jubah Iron Man tsb supaya semakin ke depan semakin canggih hingga bisa mengalahkan musuh2 yg paling berat.

Iron Man ini diciptakan oleh 4 orang yaitu Stan Lee, Larry Lieber, Don Heck, Jack Kirby dan diterbitkan pertama kali di komik yg berjudul Tales of Suspense thn 1963. Tony Stark dianggap paling jenius karena diusia 15 thn udah meraih gelar di bidang teknik dan fisika hingga dia bisa menciptakan teknologi2 super canggih yg menyaingi kepintaran Hank Pym (Ant-Man) dan Bruce Banner. Di antara semua anggota The Avengers, Tony Stark yg paling susah diatur dan dia selalu punya cara sendiri mengatasi lawannya. Tony Stark yg merancang ulang jubah robot kepada sahabatnya yaitu Rhodey Rhodes yg dinamakan The War Machine dan sebenarnya awalnya Iron Man diciptakan untuk tema2 Perang Dingin melawan komunisme, namun setelah laris manis ceritanya diubah dan ditambahi .


Thor

Tokoh superhero yg diambil dari Pahlawan legendaris kuno bangsa Viking yg merupakan salah satu anak keturunan Dewa Odin. Namun menurut versi Marvel ini ceritanya ada persamaan dan perbedaannya, lalu Thor muncul di Marvel pertama kali di komik berjudul Journey into Mystery thn 1962. Di versi Marvel ini diceritakan bahwa Sang Dewa Tertinggi penguasa Asgard yaitu Odin ingin mengajari Thor tentang kerendahan hati supaya bisa menjadi raja, dengan membuang Thor ke bumi serta menghilangkan sebagian kekuatannya. Di bumi, Thor namanya menjadi Donald Blake dan ternyata selama di bumi, Thor tertarik dgn seorang ilmuwan/perawat cantik bernama Jane Foster.

Selama Thor di bumi, membuat saudara angkatnya yaitu Loki tertarik mengunjunginya di bumi dgn mendatangkan musuh2 Thor, karena Loki selalu iri dgn Thor. Perasaan cinta yg kuat kepada Jane Foster, membuat Thor ingin tinggal di bumi namun Dewa Odin melarangnya. Thor tidak mematuhi perintah ayahnya kembali ke Asgard karena bumi tempat yg fana dan Loki memanfaatkan kesempatan ini dgn menipu Dewa Odin. Ketika Loki ingin menaklukkan planet bumi yg pernah dikunjungi Thor, para superhero di bumi akhirnya bersatu dan itu tak disadari oleh Loki. Iron Man, Hulk dan Captain America membantu Thor untuk mengalahkan Loki dan mereka menamakan timnya yaitu The Avengers.

Orang2 Asgard hidupnya abadi (tidak bisa tua), makanya Thor usianya sampe ribuan tahun tapi syaratnya harus memakan apel emas Iddun. Thor adalah orang terkuat di Asgard yg memiliki daya tahan yg sangat tinggi dalam tubuhnya dan memiliki indera yg tajam. Thor bisa melacak benda yg bergerak super cepat spt cahaya dan bisa melakukan perjalanan melewati ruang waktu. Stamina Thor sangat kuat dan bisa bertarung selama 9 bulan tanpa istirahat serta Thor bisa menyembuhkan dirinya dari kematian ketika palunya memberikan kekuatan petir dalam tubuhnya. Thor mempunyai kecepatan, kelincahan dan refleks yg cepat spt manusia super dgn kekuatan yg menyerupai dewa.

Thor bisa menciptakan angin tornado dan petir, makanya dia dijuluki God of Thunder. Thor dan palunya seperti tak bisa dipisahkan, karena semua orang kuat di bumi ga bisa mengangkat palunya kecuali Thor sendiri (meski Vision bisa mencobanya). Thor bisa terbang cepat spt cahaya dan dia bisa menghancurkan benda sekuat apapun dgn kekuatannya. Kekuatan Thor setara dgn Dewa dan di tahun2 berikutnya, senjata Thor bukan palu aja, melainkan ada juga yg berbentuk kapak. Thor juga mempunyai 4 sahabat setia di Asgard dan juga penjaga Asgard yg sangat tangguh yaitu Heimdall. Thor adalah salah satu tokoh utama di The Avengers yg kekutannya sangat dibutuhkan membasmi musuh2 yg sangat kuat.

Sang pencipta Thor versi Marvel ini adalah Stan Lee, Larry Lieber dan Jack Kirby  yg terinpirasi dari tokoh mitologi bangsa Viking. Thor termasuk sosok orang yg merasa dirinya juara dan pemenang, karena dia keturunan dewa, makanya Thor membenci kekalahan ato yg membuatnya malu dan berusaha membalas kekalahannya. Odin memberikan pelajaran kepada Thor bahwa kekuatannya bukan terletak di palunya, tapi di dalam dirinya sendiri. Thor tidak pernah takut dgn siapapun dan dia selalu bisa menemukan cara mengalahkan orang terkuat yg pernah menjadi lawannya. Thor adalah salah satu anak dewa yg melindungi bumi dan Asgard dari makhluk2 yg berbahaya.


Hulk
Karakter dari Hulk ini muncul duluan ketimbang Thor yg berbeda beberapa bulan aja dan sama2 di thn 1962 yaitu di komik berjudul The Incredible Hulk. Karakter dari Hulk ini terinspirasi dari karakter film horror yg bernama Frankenstein yg berwarna hijau dan posturnya tinggi, kuat serta besar. Awalnya Hulk berwarna abu2 karena tidak ingin menyinggung etnis manapun, namun dianggap kurang bagus warna abu2 hingga akhirnya diputuskan menjadi warna hijau. Kisah tentang Hulk ini mempunyai banyak versi, namun versi aslinya yaitu seorang ilmuwan bernama Robert Bruce Banner sedang melakukan penilitan tentang penemuannya yaitu Gamma Ray yg dianggap berbahaya.

Suatu ketika Bruce Banner menyelamatkan temannya saat pengujian Gamma Ray, hingga akhirnya radiasi yg sangat kuat dari Gamma Ray tsb mengenai Bruce Banner yg membuatnya pingsan. Efek dari radiasi Gamma Ray tsb membuat tubuh Bruce Banner berubah menjadi monster raksasa berwarna hijau yg dinamakan Hulk. Seorang prajurit yg mengejarnya menamakan dirinya Hulk dan awalnya perubahan Hulk disebabkan dari matahari terbenam. Namun ternyata salah dan akhirnya diketahui bahwa perubahan Hulk terjadi ketika Bruce Banner tidak bisa mengontrol amarahnya hingga akhirnya amarahnya tsb membangunkan makhluk berwarna hijau yg bersatu dgn tubuhnya itu.

Sosok Bruce Banner dan Hulk ternyata berbanding terbalik, Bruce Banner adalah seorang yg ahli di biologi, kimia ,teknik, kedokteran dan fisilogi ini tertarik merancang penemuannya yaitu bom Gamma yg akhirnya mengenai dirinya sendiri. Bruce Banner adalah salah satu ilmuwan yg cerdas yg bisa bersaing dgn Tony Stark dan Hank Pym, namun Bruce Banner hidup dalam ketakutan hingga menjadi buronan karena sosok Hulk di dalamnya. Bruce Banner menyalahkan ayahnya yg membuatnya menjadi spt itu dan Bruce Banner dibantu oleh seorang gadis yaitu Betty Ross untuk bisa menenangkan emosinya, karena Bruce Banner sangat mencintai Betty Rose. 

Hulk berubah menjadi Bruce Banner jika perasaan cintanya tumbuh dan Hulk adalah raksasa berwarna hijau yg dianggap bodoh. Namun Hulk memiliki kekuatan yg luar biasa yaitu semakin dia emosi, semakin tambah kuat hingga bisa menghancurkan benda terkuat apapun di dunia. Lompatan Hulk sangat tinggi hingga bisa melewati benua dan Hulk bisa menyembuhkan dirinya sendiri secara cepat jika terluka, makanya Hulk tidak bisa dibunuh. Hulk bisa bernafas di dalam air dan itu justru memberi keuntungan bagi Bruce Banner yg tidak akan bisa mati jika dia berubah menjadi Hulk. Setiap berubah menjadi Hulk, seluruh pakaian Bruce Banner robek dan Bruce Banner membuat celana khusus ketika menjadi Hulk.

Stan Lee dan Jack Kirby yg menciptakan karakter Hulk ini yg sangat kuat dengan emosi yg tak terkendali. Hulk bisa menghirup udara yg sangat banyak lalu meniupnya seperti angin kencang dan dia juga bisa membuat getaran sonik yg mematikan ketika tangannya dipukul ke tanah/benda pijakan. Hulk juga mampu menahan ledakan bom yg dahsyat dengan tubuhnya dan kepopuleran Hulk ini sampe dibuatkan beberapa versi cerita yg seru. Hulk bisa mati jika dia dibunuh saat berubah menjadi Bruce Banner dan Hulk pernah bentrok dgn Bruce Banner hingga Hulk tidak mau keluar ketika Bruce Banner sedang mengalami situasi yg berbahaya. Di beberapa serial lainnya, kisah cinta dari Bruce Banner juga berliku-liku yaitu sempat menyukai Black Widow.


Captain America
Seorang prajurit yg bernama Steve Rogers ini seorang anak imigran miskin asal Irlandia yg tinggal di USA dan kisah Captain America ini sudah dibuat di komik yg berjudul Captain America Comics di thn 1941. Steve Rogers adalah seorang anak yatim piatu yg kedua orang tuanya meninggal dunia ketika dia masih remaja dan dia seorang siswa senirupa yg kurus serta menjadi penulis buku & seniman. Namun Steve Rogers membenci Adolf Hitler yg menyebabkan Perang Dunia, makanya dia mendaftarkan dirinya menjadi prajurit Angkatan Darat, namun ditolak karena badannya terlalu kurus. Jendral Angkatan Darat bersama ilmuwan Dr. Josef Reinstein ato Abraham Erskine ini membuat suatu percobaan dari penelitiannya.

Mereka membuat suatu mesin super canggih yg bisa menjadikan seseorang prajurit yg sangat kuat untuk mengalahkan musuh2nya. Steve Rogers pun dikorbankab sbg kelinci percobaan yg dimasukkan ke dalam mesin tsb, tapi ketika keluar dari mesin tsb, tubuh Steve Rogers berubah menjadi kekar, lincah, kuat dan cerdas. Sebelum masuk ke mesin, Steve Rogers sudah disuntik serum super yg membuatnya berubah menjadi kuat, tapi Abraham Erskine menolak meneruskan percobaannya tsb yg akhirnya dia dibunuh oleh mata2 Nazi. Kematian Abraham Erskine itu membuat rencana awalnya membuat tentara super yg banyak menjadi gagal dan yg sukses cuma Steve Rogers seorang diri.

Steve Rogers ditugaskan menumpaskan Red Skull bersama temannya yaitu James Buchanan "Bucky" Barnes. Steve Rogers diberi perlengkapan yaitu kostum anti-peluru serta perisai yg kuat terbuat dari vibranium pemberian dari presidennya, lalu Steve Rogers diberi nama kode yaitu Captain America. Red Skull bersama organisasinya yaitu Hydra ini yg menyebabkan Perang Dunia 2 dan Captain America bersama Bucky Barnes menumpas kejahatan Red Skull, namun Red Skull menugaskan Baron Zemo meluncurkan pesawat yg berisikan bom nuklir. Beruntung Captain America dan Bucky Barnes mampu mengatasinya, tapi naasnya yaitu ketika Bucky Barnes mencoba menjinakkan bom ternyata terlanjur akan meledak.

Ledakan bom di udara tsb membuat Captain America jatuh ke kutub utara dan terpendam sampe puluhan tahun hingga dianggap sudah tewas. Namun tim Avengers berhasil menemukan tubuh Captain America yg beku di dalam es dan Captain America akhirnya menerima ajakan bergabung dgn The Avengers. Captain America sangat ahli dalam membuat strategi perang dan dia menguasai berbagai teknik beladiri spt judo, karate, jujitsu dsb. Captain America mempunyai daya tahan tubuh melebihi manusia biasa dan dia bisa menaklukkan benda2 yg kuat spt baja, meski tak sekuat Hulk atau Thor. Yang paling utama adalah tamengnya terbuat dari vibranium dan bisa menangkal senjata/bom yg sangat mematikan, karena tamengnya susah dihancurkan.

Captain America ini diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby yg sebenarnya tidak suka membunuh, makanya senjatanya cuman tameng aja. Captain America yg sering mengatur strategi di The Avengers dan dia mempunyai teman yg patuh dgn perintahnya spt Falcon. Captain America bekerjasama dgn S.H.I.E.L.D. untuk menghancurkan rencana jahat dari Hydra yg hendak menguasai bumi dan Captain America punya kecepatan dan kelincahan yg sulit ditandingi oleh manusia biasa, serta bisa menangkis gerakan reflek yg cepat. Captain America bisa menangkal racun2 yg menyerang tubuhnya dan dia bisa menyembuhkan dirinya sendiri meskipun prosesnya agak lama dan tidak secepat Deadpool ato Wolverine. Meski Captain America kekuatannya tidak terlalu istimewa, tapi dia sosok pahlawan yang lengkap.


Spider-Man
Superhero yg dibuat di thn 1962 yg berada di komik yg berjudul Amazing Fantasy adalah salah satu superhero yg sangat terkenal spt Superman dan Batman. Spiderman adalah seorang siswa SMA yg bernama Peter Benjamin Parker yg merupakan anak dari anggota intel CIA dan dua2nya tewas saat ditugaskan memata2i Red Skull. Peter Parker akhirnya diasuh oleh paman Ben serta istrinya bibi May, tapi konon Peter Parker mempunyai adik perempuan yg tidak diketahuinya bernama Teresa. Peter Parker tumbuh menjadi anak yg pintar, tapi susah bergaul dgn banyak orang, makanya dia sering diganggu oleh salah satu siswa yg jago di bidang olahraga spt rugby.

Peter Parker saat itu menghadiri pameran sains tentang laba2 dan saat berada disana, dia disengat oleh seekor laba2 percobaan yg dimasukkan di radioaktif dan partikel. Sengatan dari seekor laba2 yg belum kena radiasi pernah membunuh seorang gadis, tapi sengatan laba2 percobaan tsb membuat Peter Parker lemas dan tertidur panjang, lalu saat bangun dia kaget ketika bisa menaiki dinding dgn tangannya spt seekor laba2 dan dia merahasiakan kekuatannya dari paman beserta bibinya. Suatu ketika Peter Parker ingin mendapatkan hadiah berupa uang yg besar saat melihat iklan di TV, supaya bisa membantu ekonomi paman dan bibinya yg lagi dilanda kesusahan.

Peter Parker mendesain kostumnya sendiri yaitu Spiderman, namun dia gagal menghentikan seorang perampok yg melarikan diri. Dan ternyata pamannya Ben tewas dibunuh perampok itu, lalu Peter Parker berusaha mencari perampoknya untuk membalaskan dendamnya. Disinilah Peter Parker sadar akan kesalahannya yg membantah omongan pamannya hingga akhirnya dia berkeinginan menjadi superhero. Peter Parker berjuang mencari uang untuk membayar sewaan bibinya dan setelah lulus SMA, Peter Parker melanjutkan ke jenjang perkuliahan dan disitu dia mengenal Harry Osborn dan Gwen Stacy. Peter Parker membantu temannya yaitu Harry Osborn yg kecanduan narkoba, namun ternyata ayah dari Harry Osborn adalah musuh utamanya yaitu Green Goblin.

Spiderman mendapatkan musuh yaitu Doctor Octopus yg akhirnya memakan korban yaitu ayah sang kekasih Gwen Stacy terbunuh saat pertarungan Spiderman vs Doctor Octopus. Peter Parker merasa bersalah atas kematian ayah Gwen Stacy, lalu ketika Green Goblin ingin membunuh Spiderman ternyata memakan korban juga yaitu tewasnya sang kekasih yaitu Gwen Stacy yg tak sempat diselamatkan oleh Spiderman. Peter Parker mengalami kesedihan yg sangat dalam karena 2 orang yg disayanginya telah tiada dan Mary Jane dapat menghibur Peter Parker. Sang bibi mengenalkan Mary Jane kepada Peter Parker yg awalnya dicuekin akhirnya lama2 menjadi cinta, setelah kematian Gwen Stacy.

Stan Lee dan Steve Ditko yang menciptakan karakter Spiderman yg saat itu terinspirasi membuat karakter superhero buat anak2 remaja. Peter Parker bercita2 menjadi fotografer di sebuah perusahaan surat kabar besar dan dia pintar juga mendesain kostumnya sendiri serta jaring laba2 yg sangat kuat. Spiderman ini mempunyai banyak versi yaitu bisa mengeluarkan jaring laba2 dari tangannya sendiri ato mengeluarkan jaring laba2 menggunakan alat teknologi canggih. Tokoh superhero yg paling terkenal dari Marvel adalah Spiderman, karena bukan hanya menggunakan jaring, tapi bisa menempel di dinding, keseimbangannya sempurna, mempunyai indera yg bisa membaca pergerakan lawan atau benda dan juga cukup kuat mengangkat ato mematahkan besi/baja.


Ant-Man
Ahli Bio-kimia yg sangat cerdas bernama Dr. Henry "Hank" Pym ini menciptakan partikel sub-atom yg bisa mengubah ukuran sebuah benda/makhluk hidup menjadi sangat kecil spt semut, namun bisa dibalikkan lagi ke ukuran normal. Hank Pym sempat ragu karena penemuannya dianggap berbahaya, namun dia mempertimbangkan lagi dan mencoba mengembangkan lagi serumnya menjadi lebih bagus, karena dia terinspirasi dari semut. Hank Pym membuat kostum yg canggih disertai helm yg bisa berkomunikasi dgn semut dan disinilah dia menamakan dirinya Antman. Hank Pym dihubungi oleh Dr. Vernon van Dyne dan tak disangka dia menyukai putrinya yg cerdas juga bernama Janet van Dyne.

Dr. Vernon van Dyne dibunuh oleh penjahat, lalu Janet van Dyne menghubungi Hank Pym untuk membalas kematian ayahnya dan Hank Pym membuat kostum baru buat Janet yg dinamakan The Wasp yg terinspirasi dari tawon. Mereka berdua sempat bergabung dgn The Avengers, namun beberapa tahun kemudian mereka berdua juga sama2 keluar dari The Avengers. Hank Pym selalu bereksperimen menciptakan robot ato serum2 untuk manusia super dan salah satu ciptaannya yg sangat berbahaya yaitu robot Ultron. Hank Pym terlalu sering menghisap bahan kimia hingga otaknya sering terganggu dan dia menjadi seseorang yg pemarah, jarang bercanda, serius, otoriter, egois dsb.

Namun di thn 1979, sosok Antman tidak diperankan oleh Hank Pym lagi dan yg menggantikannya adalah Scott Edward Harris Lang yg merupakan tukang listrik yg gagal dalam pekerjaannya. Scott Lang ingin menemui Dr. Erica Sondheim yg bisa menyembuhkan putrinya yg sakit parah, namun Dr. Erica Sondheim tidak bisa keluar dari perusahaan CTE. Scott Lang mencari cara yaitu menerobos rumah Dr. Hank Pym dan disana dia mencuri kostum Antman. Scott Lang menjadi Antman berhasil menyelamatkan Dr. Erica Sondheim dari perusahaan tsb dan dokter tsb juga berhasil menyembuhkan putrinya. Ketika Scott Lang ingin mengembalikan kostum Antman, Dr. Hank Pym memanggil polisi dan memenjarakan Scott Lang.

Dr. Hank Pym akhirnya sadar dan dia malah ingin menjadikan Scott Lang pahlawan memberantas kejahatan dgn menjadi Antman. Keluar dari penjara, Scott Lang melanjutkan studinya di bidang elektronik dan sempat mau disewa oleh perusahaan Tony Stark. Karena sering bekerja sama dgn Dr. Hank Pym, Scott Lang yg sudah lama bercerai dgn istrinya ini bertemu dgn putrinya Dr. Hank Pym bernama Hope van Dyne Pym, hingga akhirnya mereka saling mencintai namun sempat dilarang oleh Dr. Hank Pym. Scott Lang adalah sosok orang yg sangat sayang kepada putrinya, humoris, membuat ide yg tak disangka orang, pemberani dan dia juga memodifikasi sedikit kostum Antman.

Antman versi Hank Pym pertama kali dirilis di thn 1962 di komik berjudul Tales to Astonish. Selain mengecilkan bentuk tubuh, Antman juga bisa membesarkan tubuh menjadi raksasa lewat eksperimen2 yg dilakukan oleh Dr. Hank Pym di kostum Antman. Dr. Hank Pym juga ingin menyelidiki dunia quantum yg selama ini tidak bisa dijangkau oleh banyak orang dan dia memodifikasi kostum Antman juga bisa ke dunia quantum. Selain berkomunikasi dgn semut, Antman juga bisa berkomunikasi dgn serangga lainnya dan helmnya dimodifikasi juga supaya bisa bernafas, anti-peluru, peralatan ampli-suara dsb. Walaupun berubah menjadi sekecil semut, tapi kekuatan Antman melebihi kekuatan manusia biasa dan bisa mengangkat benda2 yg berat sekalipun.


Vision
Karakter manusia android ini ternyata revisi dari karakter komik Marvel yang namanya sama yaitu The Vision (Aarkus) yg udah dibuat di thn 1940 di komik berjudul Marvel Mystery Comics dgn penciptanya yg bernama Joe Simon dan Jack Kirby. Yang merevisi ada 3 orang yaitu Roy Thomas, Stan Lee dan John Buscema, lalu diterbitkan pertama kali di komik The Avengers thn 1968. Tapi cerita dari versi pertama ini berbeda yaitu The Golden Age Vision adalah penegak hukum dari planet lain bernama Smokeworld yg dipanggil dgn Aarkus.

Aarkus adalah seorang tahanan yg mengasingkan diri ke planet Jupiter, namun seorang ilmuwan bernama Markham Erickson memanggil Aarkus supaya balik ke bumi lagi untuk memerangi kejahatan di bumi ini spt Perang Dunia. Namun karakter ini direvisi di thn 1968 dgn cerita yg lain yaitu Vision ini diciptakan oleh robot Ultron yg terbuat dari Android trus dinamakan Synthezoid untuk melawan Dr. Hank Pym yg merupakan pencipta robot Ultron sendiri, lalu Dr. Hank Pym yg menjadi Antman bersama istrinya memilih bergabung dgn The Avengers.

Nama Vision ini digambarkan sbg visi tim The Avengers untuk menyerang balik kejahatan robot Ultron dan awalnya semua personil tim The Avengers mengira Ultron adalah 100% asli robot. Namun ternyata Ultron terbuat dari sebagian tubuh Wonder Man yg bernama Simon Williams yg diambil otaknya dgn menggunakan kekuatan penguasa waktu yaitu Forever Crystal milik Immortus, hingga Vision bisa berubah menjadi manusia dan robot. Ketika Vision bergabung dgn tim The Avengers, robot Ultron bangkit lagi dan dia bisa mengontrol pikiran Vision untuk melaksanakan rencana jahatnya.

Stan Lee ingin menambah anggota tim superhero di The Avengers yg berbentuk manusia android dan Roy Thomas mempunyai ide memasukkan karakter lama yaitu The Golden Age Vision yg direvisinya menjadi manusia android. Awalnya Roy Thomas mewarnai Vision dgn warna putih, namun keterbatasan mesin cetak di jaman itu hingga membuat Vision menjadi tidak berwarna. Setelah itu Roy Thomas memilih warna merah dipadukan dgn hijau-keabu2an supaya agak beda dgn karakter lainnya dan ternyata karakter Vision hampir sama dgn karakter Spock dari Star Trek.

Vision memiliki indera manusia super dan juga stamina manusia super, refleks, kecepatan, kelincahan, kekuatan, bisa menganalisa musuh serta membuat perhitungan yg sangat tepat untuk melawan musuhnya dgn otaknya yg terbuat dari mesin teknologi canggih. Lewat programnya yg super canggih, Vision bisa mengangkat palu Thor dan juga bisa menembus benda apapun spt hologram. Meskipun Vision setengah robot, namun dia mencintai Wanda Maximoff yg menjadi Scarlet Witch hingga mempunyai anak, lalu kisah cinta mereka mengalami banyak gangguan di serial2 komik Marvel selanjutnya. Di dahi kepala Vision ada salah satu batu Infinity berwarna merah yg sangat membantu kekuatan Vision hingga bisa mengalahkan musuh2nya yg terkuat.


Doctor Strange
Seorang pesulap juga dimasukkan ke dalam karakter superhero di Marvel yg ada pada diri Doctor Strange yg diciptakan oleh Stan Lee beserta Steve Ditko dan diterbitkan di komik berjudul Strange Tales thn 1963. Ide pembuatan karakter Doctor Strange ini dari Steve Ditko yg ditunjukkan ke Stan Lee supaya dibuatkan karakter superhero yg baru di komik Marvel dan Steve Ditko tertarik dengan hal2 yg berbau sihir, magis dan gaib, lalu awalnya sempat dinamakan Mr. Strange hingga akhirnya digantik karena namanya mirip dgn salah satu karakter Fantastic Four yg memakai nama depan Mr.

Doctor Strange yg namanya Stephen Strange ini adalah seorang dokter ahli bedah saraf yg sangat ahli di bidangnya dgn meraih gelar tinggi spt M.D., Ph.D., tapi merupakan sosok dokter yg egois karena mementingkan kekayaan, karir dan tidak percaya dengan hal2 berbau mistik. Suatu ketika, Stephen Strange mengalami kecelakaan mobil yg parah hingga membuat sebagian sarafnya rusak dan membuatnya otot2 tangannya tak terkendalikan hingga tangannya bergerak sendiri. Stephen Strange mencari cara mati2an untuk menyembuhkan tangannya tsb, hingga uangnya habis dengan sia2 tanpa kesembuhan, lalu menjadi gelandangan.

Dengan pikiran yg stres dan depresi berat, lalu tak sengaja di halanan bertemu 2 pelaut yg membahas seorang penyihir terkuat yg bisa menyembuhkan segala penyakit di pegunungan Himalaya (India). Stephen Strange yg  saat itu lagi krisis keuangan dgn terpaksa nekat mendatangi penyihir tsb yg dinamakan the Ancient One. Saat bertemu, the Ancient One menolak menyembuhkan penyakit Stephen Strange karena dia tahu sifatnya sangat arogan, namun the Ancient One merasakan sifat kebaikan Stephen Strange hingga akhirnya bersedia membantunya untuk menyembuhkan penyakit yg di derita Stephen Strange.

The Ancient One mulai percaya dgn Stephen Strange setelah dia diselamatkannya dari anak buah yg bernama Mordo ingin membunuhnya. The Ancient One akhirnya mau mengajari ilmu2 sihir/sulap ke Stephen Strange hingga sampe menguasainya dan setelah sembuh, Stephen Strange kembali ke US dgn dibantu asisten pribadinya bernama Wong. Stephen Strange memasuki dunia kegelapan dan dibantu oleh Clea membersihkan Dimensi Kegelapan. Stephen Strange mempunyai buku yg mempunyai mantra ilmu sihir putih yg memiliki pertahanan kuat dan tidak bisa dihancurkan oleh siapapun dan buku itu bernama the Vishanti.

Stephen Strange menyimpan buku sakti tsb di rumahnya karena sangat berbahaya jika jatuh ke tangan orang jahat. Doctor Strange ini seorang pesulap yg meminjam energi dari Agamotto, Cyttorak, Ikonn, Oshtur, Raggadorr, dan Watoomb ke mantra2 saktinya. Ilmu2 magis dari Doctor Strange sangat mengagumkan hingga bisa merubah apapun sesuka hatinya dan dia punya jubah sakti yg banyak membantunya spt terbang. Doctor Strange mempunyai batu Infinity berwarna hijau yg dinamakan Eye of Agamotto yg bisa melawan sihir2 jahat dan batu tsb dijadikan kalung  yg akan selalu dijaganya. Karakter dari Doctor Strange ini ternyata terinspirasi dari Chandu the Magician yaitu cerita drama radio thn 1932.

Black Panther
Ini adalah karakter superhero Marvel pertama yg diambil dari Afrika dan nama Black Panther terinspirasi dari kejadian2 di Perang Dunia yaitu Black Panthers Tank Battalion dan Black Panther Party. Stan Lee membantah bahwa karakter Black Panther ini berhubungan dgn politik dan Black Panther ini menjadi tokoh superhero kulit hitam dari Afrika yg sebenarnya tidak memiliki kekuatan super dalam tubuhnya. Saat muncul di komik thn 1972 sbg bintang tamu, namanya sempat diubah menjadi Black Leopard, tapi nama Leopard identik dgn nama suatu partai hingga akhirnya diganti namanya menjadi Black Panther saat muncul di komik Avengers.

Stan Lee terinspirasi dari gambar Black Panther di salah satu produk penjepit kertas dan Jack Kirby membuat konsep Coal Tiger yg terinspirasi dari Sultan kerajaan Mali abad 14 yaitu Mansa Musa yg dipadukan dgn seorang aktivis asal Jamaika bernama Marcus Garvey serta sifatnya teringat pada Hem anak nabi Nuh dan Kanaan yg juga anak dari Hem. Cerita awalnya adalah Black Panther adalah gelar tertinggi dari suku Panther yg bermukim di Wakanda yg merupakan salah satu negara di benua Afrika. Suatu ketika, Ada sebuah meteor yg jatuh ke negara Wakanda dan tenyata meteor tsb mengandung benda yg sangat berharga yaitu vibranium yg diincar oleh banyak orang.

Black Panther pertama saat itu adalah T'Chaka akhirnya berhasil membangun negara yg super canggih dgn bantuan vibranium dan negaranya disembunyikan dgn teknologi canggih supaya aman dari musuh. Istri pertama T'Chaka meninggal dunia saat melahirkan T'Challa dan istri kedua sang raja ditahan di tempat asalnya yaitu Afrika Selatan. T'Chaka dibunuh oleh sang petualang bernama Ulysses Klaw saat memperebutkan vibranium dan S'yan menggantikan posisi kakaknya yaitu T'Chaka menjadi Black Panther, karena T'Challa masih kecil saat itu. T'Challa jatuh cinta dgn anggota X-Men yaitu Storm dan mereka berdua membalaskan dendam atas kematian T'Chaka.

Karakter dari Black Panther ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby yg muncul pertama kali sebagai tamu di komik Fantastic Four thn 1966. T'Chaka adalah Black Panther pertama yg juga kepala suku ini bekerja sama dgn Captain America bersama Nick Fury juga untuk melawan Red Skull dan Baron Strucker. Captain America melakukan perjalanan ke Wakanda bertemu dgn T'Chaka untuk meminta bantuan mengalahkan musuh2nya, lalu T'Chaka membuat tameng khusus buat Captain America dari vibranium yg menjadi tameng paling kuat. Awalnya Black Panther ini kostumnya ditangani oleh seorang perwira polisi yg cerdas yaitu Kasper Cole, namun tak lama kemudian adik T'Challa yaitu Shuri yg mengendalikan Black Panther.

Benua Afrika yg identik dgn hal2 berbau sihir ini dibantu oleh vibranium berhasil meningkatkan kekuatan Black Panther, spt mempunyai kecepatan, stamina, daya tahan, lincah dan indera2nya semakin tajam, tapi bukan kekuatan super. Black Panther membangun hubungan spiritual dgn Dewa Panther yg bisa mengidupkan orang mati dan Black Panther mempunyai kekebalan terhadap sihir. T'Challa sebenarnya ahli strategi, pemimpin bijaksana dan ahli fisika juga, tapi kepintarannya dikalahkan oleh adik perempuannya bernama Shuri. Shuri merupakan salah satu orang terpintar di Marvel yg merancang teknologi super canggih di kostum Black Panther dan negaranya, kepintarannya bisa menyaingi Tony Stark, Hank Pym, Bruce Banner dsb.

Mr.Fantastic
Nama aslinya adalah Reed Richards yg mempunyai kecerdasan yaitu menguasai teknik mesin, listrik, kimia, fisika dan biologi antara manusia serta alien. Reed Richards mempunyai ayah yg jenius dan dia mewarisi bakat ayahnya dan Reed Richards masuk kuliah diusia 14 thn dan mendapatkan gelar diusia 20 thn. Saat kuliah di Empire State University, Reed Richards menginap di asrama bersama seorang teman barunya yaitu Ben Grimm dan Reed Richards merancang sebuah pesawat luar angkasa yg sempat diketawain teman2nya. Di kampus tsb, ada seorang mahasiswa yg iri dgn kecerdasan Reed Richards yaitu Victor Von Doom dan merasa kecerdasannya tersaingi, Victor Von Doom membuat eksperimen yg ternyata melukai wajahnya. Disinilah Victor Von Doom merubah namanya menjadi Doctor Doom yg menjadi salah satu musuh terkuat di Marvel.

Reed Richards adalah salah satu tokoh yg sangat pintar di Marvel bersaing dgn Tony Stark, Dr. Hank Pym, Bruce Banner, Shira dsb. Reed Richards menyewa kamar di asrama milik bibinya Susan Storm yg sama2 kuliah disitu dan disinilah Reed Richards jatuh cinta kepada Susan Storm. Reed Richards memperoleh gelar Ph.D dibidang Teknik Elektro dan Fisika dan bekerja menjadi ilmuwan militer diusia 22 thn. Lalu 3 tahun kemudian, Reed Richards meneruskan warisan ayahnya yaitu pergi ke planet Mars dan dia berhasil menciptakan pesawat ruang angkasa. Reed Richards yg sudah bertunangan dgn Susan Storm akan pergi ke luar angkasa dan Ben Grimm ditunjuk sbg pilot ujicoba. Namun rencana ke luar angkasa dibatalkan oleh pemerintah dan Reed Richards mengajak Susan Storm dan Ben Grimm diam2 menyelinap ke pesawat luar angkasa lalu menerbangkannya.

Tapi saat berada di dalam, tiba2 adiknya Susan Storm udah menyelinap duluan yaitu Johnny Storm. Saat berada diluar angkasa, pesawat mereka mengenai Van Allen  yg akhirnya terkena radiasi kosmik di luar angkasa yg membuat Reed Richards bersama teman2nya mempunyai kekuatan super. Saat terkena radiasi kosmik, Reed Richards bersama teman2nya berubah menjadi aneh dan mereka memaksakan pulang ke bumi. Dan yg paling marah adalah sahabat dekatnya yaitu Ben Grimm yg berubah menjadi manusia batu. Ben Grimm menyalahkan Reed Richards atas eksperimennya dan membuat Reed Richards melarikan diri dari semuanya karena merasa sangat bersalah. Namun dari pertengkaran tsb akhirnya berubah menjadi persatuan yg akan memberantas kejahatan di bumi dari serangan2 alien yg mereka namakan Fantastic Four.

Mr.Fantastic dijadikan nama superhero bagi Reed Richards dan dialah yg menjadi ketua dari Fantastic Four. Marvel membentuk tim superhero Fantastic Four ini terinspirasi dari kesuksesan DC membuat tim superhero bernama Justice League of America di thn 1960. Mr.Fantastic menciptakan banyak penemuan di Fantastic Four yaitu menciptakan senjata dan kendaraan yg canggih, serta kostum yg terbuat dari molekul yg tak stabil hingga mereka bisa menggunakan kekuatannya secara maksimal. Mr.Fantastic juga selalu berusaha maksimal untuk mengembalikan The Thing menjadi Ben Grimm, meski The Thing sangat dibutuhkan di tim. Fantastic Four berpetualang di luar angkasa dan disana bertemu dgn makhluk2 terkuat di alam semesta spt Galactus, Silver Surfer, Gormuu dsb. Fantastic Four adalah tim superhero pertama di Marvel sebelum the Avengers.

Karakter dari Mr.Fantastic ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby yg terinspirasi dari karakter DC Universe yaitu Plastic Man, lalu Mr.Fantastic muncul pertama kali di komik yg berjudul The Fantastic Four thn 1961. Kekuatan dari Mr.Fantastic ini tentunya tubuhnya yg sangat lentur spt karet, bisa menggelembung dan bisa meniru bentuk benda apapun dgn kelenturannya. Karena kelenturan tubuhnya, Mr.Fantastic susah dibunuh tapi sayangnya kekuatan yg dimilikinya itu tak dianggap istimewa. Tony Stark mengatakan bahwa lebih baik menjadi Reed Richards yg pintar daripada menjadi Mr.Fantastic yg hanya mengandalkan kelenturan saja. Mr.Fantastic bisa memanjangkan tubuhnya sesuka hati dan tak terbatas, serta membesarkannya, makanya dia bisa menghibur anak2 juga. Tapi Mr.Fantastic tidak bisa bergerak lincah karena kelenturan badannya tsb.

Captain Marvel
Sang ayah adalah seorang mantan perwira Angkatan Laut dan pekerja konstruksi yaitu Joe Danvers Sr. ini menikah dgn ibunya yg berasal dari planet Kree sekaligus sang juara. Setelah menikah lahirnya Car-Ell yg artinya juara, karena dia tinggal di bumi akhirnya namanya diubah menjadi Carol. Carol Danvers dianggap lemah di mata ayahnya karena dia perempuan, makanya dia mendaftarkan diri di Angkatan Udara US Air Force diusia 18 thn. Namun menurut versi lain mengatakan bahwa Carol Danvers yg merupakan seorang perwira Angkatan Udara bertemu dgn Dr. Lawson yg ternyata seorang kapten di planet Kree.

Carol Danvers terjebak di situasi yg menegangkan hingga terjadi ledakan dahsyat di sumber kekuatan Kree yg mengenai Carol Danvers hingga sekarat dan darahnya berubah menjadi darah Kree, tapi Dr. Lawson tidak terkena ledakan tsb. Ledakan tsb menyebabkan Carol Danvers mempunyai kekuatan super yg sangat luar biasa, tapi akibatnya ingatannya menjadi hilang. Awalnya bernama Ms. Marvel yg diterbitkan di thn 1977, padahal Carol Danvers muncul pertama kali di komik berjudul Marvel Super-Heroes di thn 1968. Saat bergabung dgn X-Men, nama Ms. Marvel sempat diganti menjadi Binary di komik The Uncanny X-Men thn 1982.

Nama Binary ganti lagi menjadi Warbird saat muncul di komik The Avengers thn 1998. Di thn 2012, namanya akhirnya ditetapkan menjadi Captain Marvel saat muncul di komik Avenging Spider-Man, lalu Carol Danvers diangkat menjadi kapten termuda di NASA dan saat terkena kekuatan dari Kree, Carol Danvers bertemu dgn prajurit2 terkuat Kree yg bernama Mar-Vell. Ketua dari Mar-Vell yaitu Alien Yon-Rogg yg membawa Carol Danvers ke tempatnya dan mempengaruhinya, tapi Alien Yon-Rogg malah bekerjasama dgn musuh yg jahat di semua galaksi yaitu Ronan The Accuser yg juga salah satu anak buahnya Thanos.

Setelah Carol Danvers sadar bahwa dia merasa dibohongi dan dimanfaatkan, akhirnya Carol Danvers berbalik menyerang prajurit Mar-Vell dan The Supreme Intelligence yg merupakan terkuat di Mar-Vell. Kostum Captain Marvel dan ceritanya berubah2 dari pertama hingga yg terakhir ini dan Captain Marvel juga sering keluar-masuk di tim The Avengers. Saat berada di bumi, Carol Danvers bertemu dgn seorang kolonel bernama Nick Fury yg membantunya mengatasi masalah yg dihadapinya. Banyaknya karakter superhero yg dibuat di Marvel kebanyakan laki2 dan akhirnya mereka tertarik mengangkat superhero perempuan dalam diri Captain Marvel ini.

Captain Marvel ini awalnya diciptakan oleh Roy Thomas dan Gene Colan, lalu kekuatan supernya yaitu memiliki daya tahan dan stamina yg sangat kuat, lalu indera ke 7, kebal terhadap racun, bisa mengendalikan panas, dikelilingi spektrum elektromagnetik, bisa mengontrol gravitasi. Selain itu, Captain Marvel mempunyai kecepatan yg luar biasa, bisa mengeluarkan ledakan di tangannya dan mampu menyerap energi lain spt listrik hingga bisa memberikan kekuatan yg dahsyat. Dulu DC sempat mempunyai sosok superhero bernama Captain Marvel yg sempat menjadi konflik dgn pihak Marvel, hingga akhirnya mengalah dan namanya diganti menjadi Shazam.


Scarlet Witch

Berawal dari istri Magneto bernama Magda yg sedang hamil, lalu melarikan diri di sebuah rumah dekat gunung dan disana melahirkan anak kembar yaitu Wanda dan Pietro. Sosok Iblis bernama Chthon membangkitkan kekuatan Mutant dalam diri Wanda hingga menjadi seorang penyihir yg bisa mengendalikan kekuatan melalui pikirannya, lalu adik kembarnya yaitu Pietro mempunyai kecepatan super spt karakter The Flash di komik DC. Saat muncul pertama kali sebenarnya mereka berdua adalah musuh atau penjahat, karena bekerjasama dgn Magneto. Namun mereka berontak kepada Magneto dan Wanda memutuskan bergabung dgn The Avengers.

Para pencipta karakter Marvel ini menyukai sosok Wanda hingga akhirnya dipisahkan dgn adik kembarnya yaitu Wanda ke The Avengers, sedangkan adiknya Pietro masuk ke X-Men. Tapi ketika pencipta karakter Marvel berganti, kisah Wanda ini juga berubah yaitu superhero wanita bernama Miss America ini melahirkan anak kembar hasil hubungannya dgn Bova, namun superhero lainnya yaitu Whizzer (Robert Frank) melarikan kedua anak angkatnya tsb setelah Miss America meninggal dunia saat melahirkan. Whizzer stres dan shock melihat kematian Miss America, lalu ke 2 anak tsb dicuci otaknya oleh The High Evolutionary dgn mengatakan Magneto adalah ayah mereka.

Setelah sadar, mereka berdua kabur dan di asuh oleh pasangan miskin yaitu Django Maximoff dan Marya. Mereka berdua menamakan anak kembar itu Wanda dan Pietro, lalu Romani Django mencuri roti untuk kebutuhan hidup namun orang2 disekitarnya marah dan membakar rumahnya hingga istrinya tewas. Wanda dan Pietro lari dari kota Roma dan sempat menjadi gelandangan, namun mereka diselamatkan oleh Magneto yg dimanfaatkan untuk melawan X-Men. Wanda dan Pietro akhirnya tahu kejahatan yg dilakukan oleh Magneto hingga mereka berdua berontak, lalu diculik oleh Magneto hingga X-Men membebaskan mereka.

Wanda memilih bergabung dgn The Avengers dan disitu kenalan dgn Vision yg akhirnya mereka saling jatuh cinta, lalu mempunyai anak. Pietro yg menjadi Quicksilver awalnya tidak setuju kakaknya menikah dgn Vision yg seorang android, tapi semua personil The Avengers merestui hubungan mereka. Wanda ini sempat berganti nama belakang yaitu Wanda Frank, namun dia menetapkan namanya menjadi Wanda Maximoff. Ceritanya berubah lagi, yaitu ketika Wanda sering mengalami gangguan2 sihir dari ibunya yg bernama Natalya Maximoff yg merupakan adiknya Django Maximoff dan ternyata ibunya adalah seorang penyihir yg mewariskan ilmunya ke Wanda.

Karakter dari Scarlet Witch ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby yg muncul di komik The X-Men thn 1964. Kekuatan super yg dimiliki Wanda awalnya abstrak, namun Stan Lee bersama teman2nya mengubahnya dan Wanda ditetapkan menjadi penyihir dari darah Mutant yg dimilikinya. Sihir dari Wanda ini bisa mengendalika benda, pikiran atau apapun dgn kekuatannya yg tak terbatas. Sang iblis Chthon yg mengubah kemampuan sihir mutant Wanda menjadi luar biasa hingga bisa melewati kekuatan sihirnya. Wanda percaya bahwa The High Evolutionary-lah yg mengubah dirinya hingga bisa menerima energi magis yg dahsyat.



Black Widow
Saat perang dunia pertama, para tentara Nazi membuat bangunan di Stalingrad yg merupakan tempat tinggal dari Natasha. Para pasukan Nazi membakar rumah Natasha, lalu sang ibu melemparkan Natasha yg masih kecil ke jendela supaya selamat dari kebakaran. Sang ibu tewas bersama dgn rumahnya yg dibakar habis, lalu Natasha diselamatkan oleh prajurit asal Rusia bernama Ivan Petrovich. Selama diasuh oleh Ivan Petrovich, Natasha diserang oleh beberapa musuh spt Baron Wolfgang von Strucker yg merupakan anggota Nazi. Namun cerita tentang Black Widow ini berubah2 yg awalnya dikisahkan Natasha yg saat masih kecil diasuh oleh Ivan Petrovich.

Lalu Natasha bertemu dgn sopir dari superhero bernama Amazing Adventures, lalu sopir tsb memberikan Natasha kepada Matt Murdock yg menjadi Daredevil supaya diasuhnya. Natasha akhirnya dilatih menjadi petarung oleh Matt Murdock yg dilatih menjadi mata2 Rusia. Lalu ceritanya diubah yaitu Natasha saat masih kecil ditampung dan dilatih oleh program Operasi Black Widow milik Rusia, lalu Ivan Petrovich mencuci otak anak2 yatim piatu termasuk Natasha dgn membawanya ke Departemen X dan dilatih menjadi prajurit tangguh di Red Room. Kemampuan Natasha ditingkatkan dgn menggunakan bio-teknologi dan psiko-teknologi yg membuatnya lincah dan susah dikalahkan.

Natasha memakai nama Romanova/Romanoff dan memakai nama lain yaitu Black Widow untuk menjadi mata2 Rusia. Black Widow dilatih beladiri, menembak dan dilengkapi persenjataan teknologi ini awalnya menjadi mata2 Rusia akhirnya berkhianat dan membela USA. Black Widow seperti menyukai Hawkeye yg menjadi mata2 USA, makanya mereka sering bekerjasama dalam peperangan. Lalu Hawkeye mengenalkan Black Widow kepada agen rahasia yaitu S.H.I.E.L.D. yg dipimpin oleh Nick Fury yg mengenalkannya juga kepada tim superhero yaitu The Avengers. Black Widow pernah menjadi mata2 Iron Man ketika Hawkeye dan Nick Fury menyuruhnya menjadi pegawainya Tony Stark.

Black Widow bertemu dgn Daredevil dan dia jatuh cinta kepadanya, tapi lama-kelamaan akhirnya Black Widow tau bahwa Daredevil tidak mencintainya dan malah memanfaatkan dirinya. Karakter dari Black Widow ini diciptakan oleh Stan Lee, Don Rico dan Don Heck yg muncul pertama kali di komik Tales of Suspense di thn 1964. Kostum dari Black Widow ini berubah2 dan Black Widow akhirnya sadar bahwa dia dulunya seorang pebalet/ballerina. Setelah keluar dari S.H.I.E.L.D. dan Daredevil, Black Widow mendirikan tim superhero juga yg dinamakan The Champions bersama Ghost Rider, Hercules dan mantan anggota X-Men yaitu Angel dan Iceman.

Efek dari bio-teknologi yg dimasukkan ke dalam tubuhnya, membuat Black Widow tidak bisa tua dan bisa menyembuhkan sendiri dari penyakit, tapi efek sampingnya adalah sebagian ingatannya hilang. Black Widow mempunyai kesehatan yg kuat, kebal terhadap penyakit atau virus yg menyerang tubuhnya. Selain itu, Black Widow sangat lincah dan mempu menjaga keseimbangan, fleksibilitas dan ketangkasan dalam tubuhnya dgn mudah. Lalu Black Widow mempunyai tingkat kecerdasan yg tinggi, cepat merespon situasi dan mampu meredam emosinya. Black Widow juga seorang akrobat plus ahli beladiri spt Jiu-jitsu, Judo, Karate, Tinju, Kung-fu dsb, lalu dia penembak jitu serta ahli strategi bersama Captain America.


Falcon
Karakter ini diciptakan oleh Stan Lee dan Gene Colan yg dimunculkan pertama kali di komik Captain America thn 1969. Samuel Thomas Wilson adalah seorang Afro-America berkulit hitam yg menjadi Falcon dan ini adalah tokoh superhero kulit hitam pertama kali di Marvel. Gene Colan mengatakan bahwa saat itu dia terinspirasi dari protes2 yg terjadi saat perang Vietnam dan Stan Lee sering memasukkan tema tsb kedalam komik Marvel. Gene Colan suka menggambar orang2 kulit hitam dan dia mengutarakan idenya tsb ke Stan Lee untuk membuat superhero kulit hitam asal USA. Gene Colan terinspirasi saat membaca majalah berisikan berita2 tentang Afro-America.

Sam Wilson ternyata anak dari seorang menteri bernama Paul Wilson dan ibunya bernama Darlene, lalu Sam Wilson mempunyai kenangan indah yg tak terlupakan yaitu sangat akrab dgn burung2 di sekitarnya. Sam Wilson suka melatih burung merpatinya dgn kandangnya yg sangat besar, tapi Sam Wilson lelah dgn rasisme yg ada di sekelilingnya saat masih remaja. Di usia 16 thn, Sam Wilson tidak menuruti keinginan orang tuanya menjadi religius, hingga dia bertengkar dgn orang tuanya. Namun suatu ketika, sang ayah tewas ketika melerai perkelahian di jalanan dan 2 thn kemudian, sang ibu tewas juga ditembak oleh perampok di dekat apartemen mereka.

Tragedi tsb membuat Sam Wilson sangat sedih dan marah besar hingga dia bergabung dgn geng kriminal yg menjadikan dia preman kriminal yg memakai nama Snap. Sam Wilson melakukan perjalanan ke Brasil dan pesawatnya menabrak pulau Exile, lalu disinilah Sam Wilson bertemu dgn Captain America dan seekor burung elang bernama Redwing. Red Skull yg menjadikan Sam Wilson anak buahnya ternyata mengorbankan Sam Wilson ke pulau tersebut hingga terdampar dan Sam Wilson malah sangat akrab dgn seekor elang bernama Redwing hingga akhirnya memakai nama Falcon. Dan Falcon adalah seorang pekerja sosial yg sangat jujur dan memperjuangkan kebebasan penduduk asli.

Falcon bisa dikatakan sangat dekat dgn Captain America dalam memerangi kejahatan, padahal awalnya Falcon sempat dicuci otak oleh Red Skull dgn memakai Cosmic Cube untuk melawan Captain America. Akhirnya Falcon sadar dan berbalik menyerang Red Skull dan setelah itu bergabung dgn the Avengers. Black Panther membantu Falcon dibuatkan sabuk pengaman yg memudahkan dia terbang dgn sayapnya dan Sam Wilson sempat meninggalkan kostum superhero kesayangannya tsb, lalu ada anak muda sempat menjadi Falcon menggantikan Sam Wilson yaitu Joaquin Torres asal Meksiko. Ada salah satu musuh yg memakai nama Falcon di Marvel yaitu Adrian Toomes (Vulture) dan di komik lain diperankan Carl Burgess.

Awalnya Falcon memiliki hubungan yg sangat erat dgn burungnya bernama Redwing dan Red Skull yg berusaha mempengaruhi Falcon dgn menggunakan Cosmic Cube membuatnya mempunyai kekuatan yg bisa terhubung dgn banyak burung di udara. Falcon bisa mengetahui banyak kejadian di dunia ini menggunakan telepati dgn burung2 yg terbang di udara, namun semakin bertambah tahun cerita dan kostum dari Falcon berubah.Black Panther yg memodifikasi sayap Falcon yg bisa terbang cepat, penggerak magnet, GPS yg bisa mengacak2 satelit dan sayap serta kacamata dilengkapi infra merah. Selain itu, kostum Falcon dilengkapi senjata2 yg cukup berbahaya dan kostumnya dilapisi microwace vibranium hingga kebal terhadap peluru.


War Machine
Seorang kolonel Marinir USA yg bertugas di Asia Tenggara yg bernama lengkap James Rupert Rhodes yg dipanggil Rhodey inilah yg memerankan War Machine. Namun Rhodey Rhodes saat mengemudikan pesawat tempur pernah ditembak oleh tentara Vietnam hingga pesawatnya jatuh dan dia terdampar di hutan. Saat terdampar di hutan, Rhodey Rhodes bertemu dgn Tony Stark yg memakai jubah Iron Man pertama dan saat itu dia melarikan diri dari rumah tahanan Wong-Chu. Rhodey Rhodes membantu Tony Stark kembali ke negaranya dgn mencuri pesawat Wong-Chu dan menghancurkan sebagian pangkalan militer milik Wong-Chu. Tony Stark berterima kasih atas bantuan Rhodey Rhodes dan dia menawarkannya untuk menjadi pilot di pesawat pribadinya.

Setelah perang Vietnam selesai, Rhodey Rhodes ingin menempuh hidup baru menjadi tentara bayaran dan menerima tawaran Tony Stark. Ketika kehidupan pribadi Tony Stark kacau dgn menjadi seorang alkoholik hingga akhirnya dikalahkan oleh Magma, Rhodey Rhodes ditunjuk untuk menggantikannya posisi Tony Stark memakai jubah Iron Man. Rhodey Rhodes melindungi teknologi Stark dari Stane dan S.H.I.E.L.D. lalu selama menjadi Iron Man, Rhodey Rhodes bergabung dgn The Avengers melawan para penjahat spt Mandarin, the Zodiac, Thunderball dan the Radioactive Man. Selama bertempur memakai Iron Man, Rhodey Rhodes mengalami sakit kepala yg luar biasa dan dia menyuruh Tony Stark untuk kembali memakai jubah Iron Man.

Rhodey Rhodes meminta tolong Dr. Hank Pym menyembuhkan sakit kepalanya yg parah dan Rhodey Rhodes mengundurkan diri dari The Avengers. Dr. Hank Pym mengirim Rhodey Rhodes ke Dr. Michael Twoyoungmen ke perjalanan melalui dimensi mistik untuk menyembuhkan penyakitnya. Selama di dunia mistik, Rhodey Rhodes mengungkapkan rasa bersalahnya karena dia merasa tak pantas memakai jubah Iron Man. Tony Stark yg sembuh dari masalah pribadinya kembali memakai jubah Iron Man dan dia mengajak Rhodey Rhodes yg dibuatkan jubah baru juga spt Iron Man. Awalnya Rhodey Rhodes tidak mau namun akhirnya jadi mau memakai jubah besi hasil modifikasi Tony Stark yg dinamakan War Machine untuk membantu Iron Man mengalahkan musuh2nya.

Banyak cerita yg dialami War Machine bersama Iron Man hingga sempat terjadi pertengkaran dan Rhodey Rhodes sempat memakai jubah baru lagi bernama Iron Patriot milik Tony Stark, selain itu Rhodey Rhodes juga pernah memakai jubah The Warwear milik wanita misterius bernama Skye. War Machine sering diajak oleh beberapa superhero yg membangun sebuah tim, tapi dia lebih sering membantu Iron Man. Di Civil War II, Rhodey Rhodes pernah diceritakan sekarat dan hampir tewas saat pertempuran melawan Thanos di proyek Pegasus dan Iron Man menyalahkan Captain Marvel atas kemunculan Uuman Ulysses. Setelah Civil War II selesai, Tony Stark ingin menyembuhkan luka yg sangat parah dialami Rhodey Rhodes dgn bantuan teknologi menyamakan DNA-nya.

Karakter dari Rhodey Rhodes ini diciptakan oleh David Michelinie, John Byrne dan Bob Layton yg dirilis pertama kali di komik Iron Man thn 1979. Rhodey Rhodes memakai jubah Iron Man saat muncul di komik thn 1983 dan memakai jubah baru bernama War Machine di thn 1992. Rhodey Rhodes sangat ahli dalam peperangan dan juga mengemudikan pesawat tempur dan dia menyukai jubah2 robot yg canggih spt Iron Man atau War Machine. Tony Stark memodifikasi War Machine dgn perlengkapan senjata ala militer yaitu ada rudal, elektromagnet, roket, perisai, sistem pernafasan, peluru karet, tahan di kedalaman air, sinar laser dsb. Tony Stark juga melengkapi Rhodey Rhodes dgn helm prototipe dan sarung tangan fungsional ketika dia tidak memakai jubah War Machine.


Hawkeye
Clinton Francis Barton ini yg menjadi pemanah terbaik sedunia dgn memakai nama Hawkeye dan saat masih kecil, ke 2 orangtuanya tewas dalam kecelakaan mobil. Setelah 6 thn di panti asuhan, Clint Barton melarikan diri bersama saudaranya bernama Barney dan mereka berdua memilih bergabung dgn Carson Carnival dari Traveling Wonders. Disitu, Clint Barton bertemu dgn The Swordsman dan tertarik untuk dijadikan asistennya, lalu The Swordsman dibantu oleh penjahat bernama Trick Shot mengajari Clint Barton menjadi pemanah yg ulung dan hebat. Lewat atraksi2 di karnaval yg sering dilakukannya, membuat Clint Barton sangat ahli memanah dan hampir tidak pernah meleset.

Di karnaval itulah dia dikenal dgn nama Hawkeye, namun Clint Barton mengetahui bahwa The Swordsman mengambil banyak uang di karnaval hingga akhirnya dilaporkannya ke polisi. Tapi Clint Barton dihajar habis2an dan The Swordsman melarikan diri, lalu saudaranya yaitu Barney beserta Trick Shot jadi menjauhi Clint Barton. Sebelum bergabung dgn sirkus Coney Island, Clint Barton melihat aksi heroik Iron Man yg membuatnya tertarik membikin kostum superhero. Namun terjadi kesalah-pahaman hingga Clint Barton dituduh pencuri, lalu bertemu dgn Black Widow yg akhirnya menjadi sahabat karib, meski sempat saling menyukai. Saat Iron Man bertempur dgn Black Widow, Hawkeye menyelamatkan Black Widow yg kondisinya terluka parah.

Hawkeye menyelamatkan diri dan menyelamatkan Black Widow yg dibawanya ke rumah sakit, lalu suatu hari Hawkeye menyelamatkan Edwin Jarvis beserta ibunya dari perampok. Sebagai balas budinya, Edwin Jarvis mengundang Hawkeye bergabung dgn The Avengers, namun Hawkeye tidak suka dgn kepemimpinan Captain America yg teringat kepada tentara/pejabat yg otoriter. Clint Barton sempat tidak mau menjadi Hawkeye lagi setelah Dr. Hank Pym merayunya menjadi tokoh superhero bernama Goliath yg diperankan Dr. Hank Pym sebelumnya. Namun saat perang Kree-Skrull, Clint Barton kembali menghidupkan sosok pahlawan pertamanya yaitu Hawkeye dan dia berpetualang sendiri membantu beberapa superhero lainnya.

Selain jago memanah, Hawkeye juga jago merayu cewek dan terbukti dia mendekati Black Widow dan Scarlet Witch, namun karena sikap naifnya Hawkeye agak menyesal meninggalkan mereka berdua. Hawkeye sempat mau kembali bersama The Avengers, tapi tak jadi gabung ketika Scarlet Witch menjalin asmara dgn Vision dan Hawkeye juga mencoba mendekati Black Widow, tapi sayangnya Black Widow memilih dekat dgn Daredevil dan akhirnya Hawkeye menikah dgn Mockingbird. Tapi seiring berjalannya waktu banyak cerita yg berubah yaitu Hawkeye bergabung dgn S.H.I.E.L.D. di New Avengers dan ada cerita lain mengatakan bahwa Hawkeye pernah mati saat menyelamatkan Scarlet Witch, tapi Scarlet Witch berusaha menghidupkannya lagi.

Karakter dari Hawkeye ini diciptakan oleh Don Heck dan Stan Lee yg diterbitkan pertama kali di komik berjudul Tales of Suspense thn 1964. Hawkeye tidak mempunyai kekuatan super dalam tubuhnya, namun di busur dan anak panahnya dirancang khusus dgn teknologi canggih yg bisa mengalahkan kekuatan apapun. Selama bergabung dgn The Avengers, Hawkeye diajari oleh Captain America taktik bertempur dan beladiri. Clint Barton sempat menjadi ronin yg jago pedang dan dia menanggalkan Hawkeye sementara waktu, lalu dia menjadi Hawkeye lagi saat bergabung dgn New Avengers. Di komik, Hawkeye sering menggunakan motor Sky-Cycle yg dilengkapi dgn teknologi anti-gravitasi dan bisa otomatis jalan di mesinnya.

Nick Fury
Awalnya dia adalah agen CIA, lalu diubah menjadi mata2 mirip spt James Bond dgn membentuk agen rahasia khusus superhero bernama S.H.I.E.L.D. Nama lengkapnya adalah Nicholas Joseph Fury dan sang ayah ternyata bekas prajurit perang dari kerajaan Inggris, lalu mengungsi ke USA. Nick Fury saat masih muda sempat menjadi petinju amatir dan dia mengikuti liga atletik kepolisian di New York. Disitu Nick Fury belajar menembak hingga tembakannya tidak pernah meleset dan dia juga ikutan berperang di Perang Dunia II hingga sempat terluka parah. Seorang ilmuwan bernama Berthold Sternberg yg menyelamatkan nyawa Nick Fury saat terkena ranjau dgn menyuntikkan formula Infinity-nya kedalam tubuh Nick Fury.

Efek dari formula Infinity tsb mengatasi penuaan pada Nick Fury dan satu mata dari Nick Fury tidak berfungsi karena terkena pecahan peluru saat menjalani perang. Saat menjadi agen CIA, Nick Fury pernah merekrut orang tuanya Spiderman yg akhirnya tewas dua2nya. Setelah itu, Nick Fury pernah ditunjuk menjadi wakil ketua di S.H.I.E.L.D. lalu otoritas tertinggi menunjuk Nick Fury menjadi pemimpin tertinggi S.H.I.E.L.D. yg berhasil mengalahkan organisasi teroris bernama Hydra. Saat melawan Hydra, Nick Fury bertemu dgn musuh bebuyutannya saat di perang dunia yaitu Wolfgang von Strucker dan Nick Fury berhasil membuat S.H.I.E.L.D. menjadi organisasi terkuat di dunia karena dia merekrut beberapa superhero untuk menyelesaikan misi2nya.

Selama bertahun2 memimpin S.H.I.E.L.D., Nick Fury sadar bahwa organisasinya dikendalikan oleh sekelompok androind Life Model Decoy yg dikenal dgn nama Deltites, begitu juga dgn Hydra. Nick Fury menyatakan keluar dari S.H.I.E.L.D. karena kecewa dan diam2 dia juga membangun S.H.I.E.L.D. lagi dari awal dgn kepanjangannya (Strategic Hazard Intervention, Espionage and Logistics Directorate). Punisher sempat marah kepada Nick Fury yg dianggap bertanggung jawab atas kematian keluarganya, Punisher menembak Nick Fury dan terlihat tewas namun ketika dikubur terungkap bahwa yg mati bukan Nick Fury asli, melainkan android Life Model Decoy yg canggih. Nick Fury tetap menjalankan S.H.I.E.L.D dgn merekrut Captain America, Spider-Man, Black Widow, Daredevil dsb.

Namun semakin bertambah tahun, cerita dari Nick Fury beragam dan juga dikisahkan dia punya rahasia yaitu seorang anak berkulit hitam hasil hubungannya dgn wanita berkulit hitam yg namanya sama. Dan pihak dari seniman dari Marvel memang ingin mempensiunkan Nick Fury yg putih dan diganti dgn yg versi hitam, tapi ceritanya sama. Nick Fury dianggap jembatan bagi pemerintah dengan PBB serta dengan superhero2 untuk menjaga keamanan di bumi ini. Kepemimpinan Nick Fury memang patut di acungi jempol, karena dia bisa menyatukan beberapa superhero dgn keegoisan mereka masing2 yg sangat tinggi. Nick Fury bersama S.H.I.E.L.D. berhasil mengusir gerombolan alien yaitu Skrull yg ingin menguasai bumi dan juga mematahkan rencana2 jahat Hydra.

Nick Fury yg pertama berkulit putih ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby yg dirilis di komik berjudul Sgt. Fury and his Howling Commandos thn 1963, lalu Nick Fury berkulit hitam muncul pertama kali di komik Ultimate Marvel Team-Up thn 2001. Nick Fury adalah seseorang yg ahli dalam strategi perang mirip dgn Captain America, selain itu dia bisa beladiri, memiliki persenjataan yg canggih, pesawat, kapal, mobils yg serba canggih yg didapat dari S.H.I.E.L.D. Selain itu dia dilengkapi dasi radio link dan baju anti peluru, namun yg paling utama adalah Nick Fury sangat2 ahli dalam menembak dan tembakannya jarang meleset. Walaupun matanya hanya 1 yg berfungsi, tapi Nick Fury bisa membidik tembakan dgn pas dan bisa mengukur keakuratan peluru.

Anti Hero


Wolverine
Nama aslinya adalah James Howlett berasal dari Kanada yg merupakan anak dari pengusaha pertanian yg kaya yg orang tuanya bernama John Howlett dan Elizabeth. Tapi ternyata ada perselingkuhan antara Elizabeth dgn penjaga tamannya yg bernama Thomas Logan hingga lahirnya James Howlett Logan. Thomas Logan adalah seorang yg pemarah dan pemabuk ini ternyata berhasil membunuh John Howlett, lalu James Howlett Logan membalas dendam atas kematian ayahnya dgn membunuh Thomas Logan hingga keluar cakar di tangannya yg merupakan efek dari mutant. Lalu sang ibu mengusirnya dan menyadarkannya bahwa Thomas Logan adalah ayah kandungnya. James Howlett Logan melarikan diri dari rumah, lalu tinggal bersama temannya yaitu Rose Disinilah namanya diganti menjadi Logan, tapi dia tak sengaja membunuh Rose dgn senjata yg keluar di tangannya.

Logan melarikan diri ke hutan belantara bersama segerombolan serigala dan suatu ketika dia ditangkap oleh sebuah sirkus. Logan keluar dari sirkus dan pindah2 tempat yaitu pernah ke Madripoor dan Jepang, lalu selama Perang Dunia II Logan membantu Captain America. Logan gabung dgn Team X dan Logan diculik oleh orang2 yg berada di program Weapon X lalu dijadikan tawanan. Selama ditawan, Logan ditolong oleh James dan Heather Hudson yg menolongnya dari efek adamantium yg berbahaya di tulang2nya. Logan akhirnya mau menjadi agen intelijen Kanada dan dia menamakan dirinya Wolverine, lalu Profesor Charles Xavier mengetahui Wolverine mempunyai darah mutant makanya dia diajak gabung bersama X-Men. Awalnya Wolverine disuruh membunuh Profesor Charles Xavier, namun sang profesor berhasil menghapus ingatannya terlebih dahulu.

Wolverine sering keluar-masuk di X-Men, karena terkadang dia mempunyai tujuan sendiri. Wolverine termasuk orang yg suka menyendiri dan gampang emosi, tapi dia sangat cerdas dan bisa menguasai berbagai macam bahasa di dunia ini spt Jepang, Rusia, Arab, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Korea dll. Logan dibuatkan kostum khusus yg berwarna kuning dari Departement H yg bisa menyesuaikan spt sarung tangannya bisa otomatis berlubang ketika cakar adamantium keluar di tangannya. Banyak cerita dari Wolverine ini dan ternyata dia pernah tewas ketika terserang virus dari microverse yg bisa menghilangkan kekuatan Wolverine hingga tak bisa menyembuhkan diri. Mr. Fantastic mencoba mengembalikan kekuatan Wolverine tapi sulit dan akhirnya Wolverine ingin mengalahkan percobaan Dr. Cornelius, tapi Dr. Cornelius mengaktifkan ikatan adamantium di tulangnya yg akhirnya membunuh Wolverine.

Menurut cerita lainnya mengatakan bahwa Wolverine adalah makhluk Lupine yaitu spesies serigala yg berevolusi menjadi manusia dan senjata adamantium milik Wolverine itu diciptakan di Wakanda. Salah satu pencipta Wolverine membantahnya dan mengatakan bahwa Wolverine adalah mutant. Wolverine adalah tokoh anti-hero pertama yg terkenal di USA pasca perang Vietnam. Banyak sekali anak2 menyukai Wolverine yg sangat pemberani dan membuat komik X-Men laris manis. Keluar dari X-Men, Wolverine bertemu dgn superhero2 lainnya spt Captain America, Hulk, Spider-Man, Fantastic Four, Daredevil dsb. Wolverine sering dicuci otak dan salah satunya adalah Hydra untuk bisa membunuh musuh2nya. Cyclops pernah mengajak Wolverine bergabung dgn tim bernama X-Force yg beberapa diantaranya temannya di X-Men dan ada yg baru juga.

Karakter dari Wolverine ini diciptakan oleh Roy Thomas, Len Wein dan John Romita Sr yg dirilis pertama kali di komik berjudul The Incredible Hulk thn 1974. Ada 2 kekuatan paling utama dari Wolverine yaitu penyembuhan diri yg sangat cepat dan membuatnya tahan dgn racun, penyakit dan bahayanya adamantiun di dalam tubuhnya. Makanya Wolverine tidak bisa dibunuh, karena bisa menyembuhkan diri sendiri dgn kekuatan mutantnya. Selain itu dia mempunyai cakar yg berasal dari tulangnya yg bisa keluar dari kulitnya dan cakar tsb terbuat dari adamantium yg bisa menghancurkan baja sekalipun (meski tak sekuat vibranium). Wolverine bisa mengerti bahasa tubuh binatang makanya dia agak buas, indera penciuman dan penglihatan yg tajam, jago beladiri, lincah, menjunjung tinggi kehormatan dan selama di X-Men, Wolverine diajari mengemudikan pesawat supersonik.


Deadpool
Salah satu karakter anti-hero yg baru dari Marvel ini mempuyai sifat yg humoris walaupun kejam. Yang menjadi Deadpool bernama Wade Winston Wilson yg menurut beberapa cerita, sang ayah adalah seorang yg suka melawak tapi meninggalkan ibu dan Wade Wilson di apartemen. Saat udah besar, Wade Wilson diterima menjadi tentara Angkatan Darat di US, tapi tak lama kemudian dia dipecat dari Pasukan khusus Angkatan Darat. Saat dipecat, Wade Wilson menjadi gelandangan dan pembunuh bayaran, lalu mempunyai orientasi seksual yg sangat parah. Suatu ketika Wade Wilson bertemu dgn seorang ilmuwan bernama Dr. Emrys Killebrew yg memunculkan kekuatan mutant di dalam tubuhnya dengan obat yg disuntikkan ke dalam darah Wade Wilson yg terkena penyakit kanker.

Wade Wilson yg awalnya akan mati setelah mengidap penyakit kanker akhirnya bisa sembuh total setelah disuntik oleh serum itu, tapi efeknya sangat banyak yaitu kulit2 yg ada di dalam tubuhnya tidak normal atau terlihat cacat, begitu juga dgn wajahnya. Namun lewat kekuatan super yg dimiliki, Wade Wilson membuat kostum yg terinspirasi dari Spiderman dan menamakan dirinya Deadpool. Saat menjadi Deadpool, Wade Wilson mengikrarkan janji setia kepada kekasihnya Vanessa, namun tak lama kemudian tewas dibunuh penjahat. Kematian Vanessa merupakan pukulan berat bagi Deadpool hingga akhirnya dia mau memutuskan gabung dgn Weapon X-Force merupukan cabang dari X-Men dgn para superhero lainnya spt Wolverine, Psylocke, Archangel, Fantomex dan E.V.A.

Deadpool ini kisahnya lebih mengarah ke X-Men daripada the Avengers (meski pernah bekerjasama dgn Captain America), karena dia mempunyai darah mutant dan kisah tentang Deadpool ini beragam ketika dia bergabung dgn banyak tim spt Agent X, Soldier X, X-Static dan Agency X. Deadpool itu bukan pahlawan dan juga bukan sepenuhnya penjahat, karena dia lebih sering membunuh penjahat tapi yg dilakukannya sadis. Banyak lika-liku perjalanan dan kehidupan Deadpool di Marvel yg  beraneka ragam dan salah satunya, Deadpool menjalin asmara dgn ratu kematian yg bernama Death. Death menyukai Deadpool, namun Thanos cemburu dgn Deadpool dan Thanos bingung mencari cara membunuh Deadpool, karena Deadpool susah dibunuh dgn kekuatan yg dimilikinya.

Karakter dari Deadpool ini diciptakan oleh 2 seniman yaitu Fabian Nicieza dan Rob Liefeld yg dirilis pertama kali di komik berjudul The New Mutants di thn 1991. Banyak yg mengatakan bahwa kostum dan senjata Deadpool ini sangat mirip dgn karakter musuh di saingan mereka yaitu DC Universe yg bernama Deathstroke. Namun sang pencipta Deadpool mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari Spider-Man dan Wolverine saat menciptakan Deadpool. Karakter dari Deadpool ini ternyata menarik perhatian dari penggemar komik Marvel karena kelucuannya, meski sadis hingga akhirnya dibuatkan seri tersendiri. Deadpool sangat akrab dgn Cable yg mempunyai tujuan yg sama yaitu menumpas kejahatan lewat cara mereka sendiri, makanya mereka berdua membentuk tim.

Kekuatan super yg dimilik Deadpool adalah healing factor yaitu mampu menyembuhkan diri dgn cepat dari luka apapun yg dialaminya. Banyak karakter Marvel yg mempunyai healing factor yaitu Wolverine dan Hulk, tapi Deadpool yg lebih cepat dan kuat penyembuhannya. Jika Wolverine dan Hulk masih merasakan kesakitan saat ditembak atau di tusuk dgn pisau, Deadpool malah tidak merasakan sakit apapun karena dia tidak mempunyai rasa sakit dalam tubuhnya. Selain itu, Deadpool mempunyai telepati, insting yg kuat, kekuatan psikis, kebal terhadap racun, lincah dsb. Deadpool juga jago menembak dan menggunakan pedang, tapi memiliki sisi humor pada kecerewetan yg dimilikinya hingga banyak lawan yg tertipu dgn kata2nya yg bisa mengalihkan perhatian.

Venom
Karakter yg satu ini awalnya menjadi musuh Spider-Man hingga ceritanya berkembang dan menjadikan Venon sbg anti-hero. Venom berasal dari alien symbiote yg memasuki bumi lewat meteor jatuh yg didalamnya terdapat cairan kental berwarna hitam. Cerita awalnya ini ketika para superhero spt Thor, Captain America, Spider-Man dll membasmi kejahatan di planet lain spt Battleworld (Beyonder). Setelah itu mereka pulang ke bumi, Thor dan Captain America melihat kostum Spider-Man compang-camping karena peperangan tsb, lalu mereka berdua menyuruh Spider-Man ke ruangan yg bisa membuat kotumnya secara langsung. Spider-Man lalu memilih mesin yg terdapat sebuah bola yg ternyata mengeluarkan cairan hitam misterius dan akhirnya memasuki tubuh Spider-Man.

Cairan hitam itu adalah Venom yg memasuki tubuh Spider-Man dan Venom bisa berubah wujud spt yg diinginkan Spider-Man. Dengan adanya Venom, sebenarnya kekuatan Spider-Man menjadi luar biasa dari sebelumnya, tapi sayangnya Venom kejam dan suka membunuh orang. Spider-Man menyuruh Venom supaya keluar dari tubuhnya, tapi justru Venom justru ingin tinggal di tubuh Spider-Man selamanya. Spider-Man mencari cara supaya bisa mengeluarkan Venom dalam tubuhnya dan akhirnya dia menemukan, lalu dia mendekati lonceng besar dan dibunyikannya hingga Venom bisa keluar dari tubuhnya, karena Venom mempunyai kelemahan yaitu dari bunyi sonik yg kencang dan memekakkan telinga. Namun beberapa tahun kemudian, cerita Venom berganti di tubuh seseorang bernama Eddie Brock.

Eddie Brock yg nama lengkapnya Edward Charles Allan Brock ini ditinggalkan orang tua serta saudara2nya, lalu Eddie Brock pintar di bidang akademik dan olahraga. Eddie Brock sempat kuliah dan dia memilih menjadi jurnalis ketika tertarik membaca skandal Watergate. Eddie Brock mabuk dan saat menyetir mobil menabrak seorang anak hingga tewas, lalu dia dipenjara dan sang ayah tidak mau menolongnya saat dipenjara. Keluar dari penjara, Eddie Brock diterima menjadi jurnalis di Daily Globe dan dia berhasil mengungkapnya identitas pembunuh bernama the Sin-Eater. Namun ternyata the Sin-Eater sudah ditangkap oleh Spider-Man dan itu membuat Eddie Brock malu lalu dipecat dari pekerjaannya, serta putus hubungan dgn sang kekasih hingga dia stres berat dan menjadi pengangguran.

Merasa hidupnya tak berguna, Eddie Brock ingin bunuh diri dan tiba2 cairan hitam yg keluar dari tubuh Spider-Man itu memasuki tubuh Eddie Brock. Ternyata Venom malah sangat cocok berada di dalam tubuh Eddie Brock dan mereka berdua juga sama2 ingin balas dendam kepada Spider-Man. Banyak sekali kisah pertarungan antara Venom dan Spider-Man yg merupakan musuh bebuyutan serta muncul juga namanya Anti-Venom di beberapa kisahnya. Karakter dari Venom ini diciptakan oleh David Michelinie dan Todd McFarlane yg diterbitkan pertama kali di komik The Amazing Spider-Man thn 1984. Lalu Eddie Brock muncul pertama kali di komik Marvel berjudul Web of Spider-Man thn 1986 dan Eddie Brock menjadi Venom pertama kali muncul di komik berjudul The Amazing Spider-Man thn 1988.

Venom mempunyai kekuatan yg lebih banyak dari Spider-Man karena dia mempunyai kelincahan, reflek dan kecepatannya yg tak kalah dgn Spider-Man dan bisa meniru semuanya. Venom tidak bisa dibunuh dgn benda apapun spt pisau, peluru, bom dsb apapun karena aslinya dia berbentuk cairan kental, namun Venom punya kelemahan yaitu tak berdaya dgn suara sonik yg kencang dan dia tak tahan juga dengan api. Venom bisa bertahan di dalam air dan kebal dari semua racun di dunia ini dan dia bisa menirukan benda sesuai pikiran kita spt kapak, palu, pedang dsb. Namun Venom mempunyai sisi jahat dari bangsa mereka yaitu Alien yg tak kenal ampun hingga memakan musuh2nya. Makanya Eddie Brock sangat sayang kepada Venom dan dia bisa mengendalikan sifat buas Venom yg ada di dalam dirinya, meski sering ada pertentangan didalamnya. Venom juga bertujuan baik untuk menghadang para symbiote alien lainnya yg mau datang ke bumi.


Punisher
Tokoh ini bernama Francis Castle Castiglione keturunan Italia-Amerika ini menikah dan memiliki seorang anak, lalu memutuskan mengikuti kamp pelatihan marinir di USA yg akhirnya lulus. Kehebatan Frank Castle ini membuat pangkatnya naik menjadi kapten dan dia diajari oleh seorang pengintai dari Indian tentang bertahan hidup di hutan belantara. Frank Castle mengasah kemampuan menembaknya hingga menjadi paling jago diantara tentara lainnya, hingga membuat atasannya cemburu. Frank Castle adalah salah satu tentara yg selamat di perang Vietnam dan dia mendapatkan penghargaan banyak dari pemerintah USA atas jasa2nya. Frank Castle menjalani pelatihan khusus di Special Black Op dan dia diberi cuti untuk bisa menemui keluarganya.

Saat menikmati cuti, Frank Castle membawa istri dan anaknya ke Central Park-New York, namun tak disangka segerombolan penjahat/mafia datang membunuh istri dan anaknya, serta menghancurkan tempat tinggalnya. Frank Castle selamat dari serangan mafia tsb, lalu dia mengadu ke kepolisian dan pengadilan, namun Frank Castle ditolak dan disini dia curiga bahwa pihak kepolisian memiliki hubungan dgn penjahat tsb. Disinilah dendam membara yg tak bisa padam dialami oleh Frank Castle dan membuatnya ingin membantai semua penjahat yg membunuh keluarganya dengan dirinya sendiri. Frank Castle menamakan dirinya Punisher dan pengalamannya bertempur di medan perang membuatnya menjadi berani untuk membantai musuh2nya.

Punisher dilengkapi senjata yg canggih dan taktik yg sangat jitu hingga akhirnya bisa membalaskan dendamnya dgn tuntas. Punisher ini terinspirasi dari buku yg berjudul The Executioner karya Don Pendleton yg menceritakan mantan veteran perang vietnam menjadi pembunuh bagi para penjahat. Punisher adalah tokoh yg dibilang anti-hero karena dia suka membunuh musuhnya tanpa ampun dan Punisher adalah tokoh anti-heroes pertama dari Marvel yg sangat terkenal di dunia. Kepopuleran Punisher ini terbukti dgn dibuatkan filmnya di thn 1989, 2004 dan 2008. Punisher ini hampir mirip dgn Nick Fury yaitu sama2 jago menembak dan sama2 tidak mempunyai kekuatan super, lalu dia mengandalkan kecanggihan teknologi sebagai senjatanya.

Setelah berhasil menyelesaikan dendamnya, Punisher memilih menjadi pahlawan sendirian yg membasmi para penjahat dan dia jarang mau bergabung dgn superhero2 lainnya (meski sempat bekerjasama sebentar dgn Spider-Man, Daredevil, Black Widow dsb). Stan Lee yg menjadi pimpinan redaksi di Marvel saat itu mengatakan sebenarnya penulis ingin menamainya Assassin, tapi takutnya konotasi tokoh tsb menjadi jelek karena nama Assassin maka Stan Lee menyarankan penciptanya memakai nama Punisher. Namun seiring berjalannya waktu, nasib Punisher agak sama dgn Nick Fury yaitu ada kulit hitam yg memerankannya. Punisher adalah seseorang yg keras, berpendirian sangat kuat makanya dia akan mengejar terus sesuatu yg menjadi tanggung jawabnya, meski itu mengorbankan nyawa.

Frank Castle yg memerankan Punisher ini diciptakan oleh 3 orang yaitu Gerry Conway, John Romita Sr. dan Ross Andru yg diterbitkan pertama kali di komik The Amazing Spider-Man thn 1974. Frank Castle saat menjadi kapten di militer, dia menjalani pelatihan yg keras Airbone dan Angkatan Darat USA yg membuatnya menguasai taktik2 dalam mengalahkan musuh2nya spt penyamaran, akting, penggunaan senjata non-militer, kecerdasan di bidang teknologi dll. Banyak senjata yg dimiliki Punisher spt memakai senjata api, senapan otomatis, ketapel api, bom dsb, belum lagi kostum yg dipakainya ternyata anti-peluru. Punisher dinggap suka main hakim sendiri, pembunuh bayaran, suka menculik, menyiksa saat berperang dsb, hingga banyak yg menganggap dia mempunyai sisi2 brutal dalam hidupnya.


Ghost Rider
Karakter ini melanjutkan kisah dari Phantom Rider yg sudah dirilis di komik berjudul Ghost Rider thn 1967 yg diciptakan oleh Gary Friedrich, Roy Thomas dan Dick Ayers. Namun muncul karakter anti-hero baru yaitu Ghost Rider yg nama aslinya adalah Johnny Blaze yg merupakan pembalap tangguh dan menghabiskan waktunya di karnaval Quentin. Di karnaval tsb, orang tua dari Johnny Blaze mengadakan pertunjukan2 akrobatik untuk menghibur para penonton dan tak lama kemudian sang orang tua meninggal dunia hingga menghapus ingatannya Johnny Blaze. Keluarga Simpsons membantu Johnny Blaze untuk mengenang masa lalunya dan dia diadopsi oleh mereka supaya bisa membantu usaha mereka yg bernama Cycle Simpson Stunt Cycle Extravaganza, Johnny Blaze menyukai keluarga Simpsons.

Sang ayah angkat yaitu Crash Simpsons memberi tahu ibu kandung Johnny Blaze yg sebenarnya dan dia tak tahu sama sekali. Suatu ketika, Crash Simpsons didiagnosa menderita penyakit kanker yg berbahaya, lalu Johnny Blaze mengetahui bahwa ada ilmu sihir yg bisa menyembuhkan penyakit ayah angkatnya. Johnny Blaze juga tak sadar bahwa dia memanggil yg merupakan sosok iblis di Marvel yaitu Mephisto dan sebagai imbalannya, Johnny Blaze harus menjual nyawa kepadanya supaya ayah angkatnya sembuh. Johnny Blaze senang ternyata Crash Simpsons benar2 sembuh dari penyakit kanker, tapi ketika melakukan aksi akrobat yaitu bersepeda motor melewati 22 mobil, ternyata Crash Simpsons mengalami kecelakaan dan tewas seketika, lalu marahlah Johnny Blaze kepada Mephisto.

Johnny Blaze merasa dipermainkan Mephisto dan dia mengingkari janji yg sudah ditandatanganinya hingga akhirnya Mephisto marah dgn mengutuk Johnny Blaze. Mephisto mengutuk Johnny Blaze dgn memasukkan iblis Zarathos ke dalam tubuhnya dan ketika emosi, Johnny Blaze bisa berubah menjadi tengkorak yg disertai dgn api yg dia namakan Ghost Rider. Ketika banyak sekali vampir atau iblis di dunia ini, Johnny Blaze akhirnya mampu mengontrol iblis Zarathos di dalam tubuhnya hingga dia bisa menjadi Ghost Rider sesuka hatinya dan memberantas vampir atau iblis yg ingin menguasai dunia. Johnny Blaze bisa mengontrol iblis tsb atas bantuan sang kekasih yaitu putri dari Crash Simpsons bernama Roxanne. Centurious pernah menolong Johnny Blaze mengeluarkan iblis Zarathos ke dalam tubuhnya menggunakan kristal.

Ghost Rider ini ternyata tak hanya diperankan oleh Johnny Blaze saja, banyak sekali yg pernah menjadi Ghost Rider setelah Johnny Blaze yaitu Danny Ketch, Alejandra Jones, Robbie Reyes dan ada yg aslinya bernama Noble Kale. Namun meskipun Johnny Blaze lepas dari kutukan iblis Zarathos, namun dia bisa berubah menjadi Ghost Rider karena iblis Zarathos masih meninggalkan kekuatannya di tubuh Johnny Blaze. Dalam kehidupannya, Ghost Rider sering dikejar2 oleh iblis buatannya Mephisto karena mereka berdua saling menaruh dendam. Ghost Rider sempat kalah dan dimasukkan ke dalam neraka oleh iblis Mephisto, namun malaikat Malachi menolong Ghost Rider kembali ke dunia asalkan dgn syarat yaitu mengalahkab iblis Kazann. Tapi Ghost Rider marah dan merasa ditipu oleh Malachi karena mereka ternyata bersaudara.

Karakter dari Ghost Rider ini diciptakan oleh Roy Thomas, Gary Friedrich dan Mike Ploog yg dirilis pertama kali di komik berjudul Marvel Spotlight thn 1972. Ghost Rider adalah roh pembalasannya yg ada di dalam tubuh Johnny Blaze yg merasa ditipu iblis dan kekuatannya yaitu dia bisa mengubah benda apapun spt motor setan yg dikelilingi oleh api, serta rantai apinya. Senjata maut yg dimiliki oleh Ghost Rider adalah Penance Stare yg bisa membunuh lawannya dgn menghipnotis matanya. Meskipun terlihat badannya tengkorak dan tulang, tapi kekuatannya melebihi manusia dan dia bisa mengangkat baja sekuat apapun. Ghost Rider tidak bisa dilukai dgn benda apapun spt pisau atau peluru dan sepertinya hanya Tuhan saja yg bisa menghancurkan Ghost Rider.

Blade
Salah satu anti-hero pembasmi vampir ini aslinya bernama Eric Brooks yg lahir di sebuah rumah pelacuran di kota London. Sang ibu yg merupakan seorang pelacur saat mengandung Eric Brooks mengalami komplikasi persalinan hingga akhirnya memanggil dokter yg pintar. Dokter yg dipanggil bernama Deacon Frost yg ternyata seorang vampir dan akhirnya membunuh ibu Eric Brooks saat melahirkannya. Namun Deacon Frost tidak sengaja memberikan enzim vampir yg istimewa ke dalam tubuh Eric Brooks yg masih bayi, hingga dia mempunyai kekuatan spt vampir. Beruntung Eric Brooks saat masih bayi diselamatkan oleh para pelacur yg merupakan teman2 ibunya supaya Eric Brooks tidak dimangsa oleh Deacon Frost. Diusia 9 thn, Eric Brooks membantu seorang pria yg diserang oleh 3 vampir.

Pria itu bernama Jamal Afari yg merupakan musisi Jazz dan juga seorang pemburu vampir yg akan melatih Eric Brooks bertarung dan bermusik. Eric Brooks saat masih muda sudah banyak sekali mengalahkan vampir dan Eric Brooks juga atlit olimpiade yg sangat ahli memainkan senjata. Eric Brooks sangat pandai memainkan pisau dan belati, makanya banyak vampir yg menjulukinya Blade dan takut kepadanya. Blade bisa menyombongkan diri atas banyak kemenangannya membasmi vampir dam dia sempat bergabung dgn geng preman bernama Bloodshadows, namun Blade membunuh pemimpinnya yaitu Cyrus Cutter. Blade pun merebut pacar Cyrus Cutter yaitu Glory yg ternyata seorang vampir juga, lalu Jamal Afari dibantai oleh Dracula dan Jamal Afari berubah menjadi vampir juga tapi dia ingin balas dendam kepada Dracula.

Blade pergi ke China memberantas vampir bersama Azu, Orji, dan Musenda, lalu Orji memberikan belati khusus dari kayu buat Blade untuk membunuh vampir. Blade mengejar Dracula sampai ke Prancis dan bertemu pemburu vampir juga bernama Quincy Harker yg ternyata cicit dari Abraham Van Helsing. Yang menjadi Dracula sebenarnya Deacon Frost yg mengabdi kepada Lord Vampir, makanya Blade ingin membalas dendam kematian ibunya kepada Deacon Frost. Nick Fury pernah menawarkan Blade untuk mau bergabung dgn S.H.I.E.L.D., namun akhirnya diketahui bahwa Blade seorang vampir juga. Sang pencipta Blade yaitu Marv Wolfman pernah menggugat perusahaan Marvel atas hak cipta Blade di thn 1997, namun hakim di pengadilan memutuskan bahwa Marvel yg menang dan melindungi karakter Blade.

Menurut versi komik, Blade mempunyai banyak senjata atau peralatan yg digunakan untuk membunuh vampir yaitu memakai kayu jati dan mahoni. Lalu ada pedang bermata dua yg ditaruh di punggungnya, lalu S.H.I.E.L.D. sempat membuatkan senjata khusus buat Blade yaitu granat EMP. Namun di film/TV agak berbeda yaitu Blade mempunyai pisau yg terbuat dari titanium dgn ukiran2 di dalamnya dan juga mempunyai senjata cakram yg bisa balik lagi saat dilempar spt bumerang. Blade juga mempunyai senjata lain yaitu senjata terbuat dari perak dan senjata yg mengeluarkan api, serta senjata khusus yaitu tabung injektor yg bisa mematikan vampir dan paku yg bisa memanjang. Blade pernah bekerja sama dgn X-Men, Blade sempat menjadi Ronin di Mighty Avengers dan pernah gabung juga di Avengers of the Supernatural.

Eric Brooks atau Blade ini karakternya diciptakan oleh Marv Wolfman dan Gene Colan yg dirilis pertama kali di komik berjudul The Tomb of Dracula thn 1973. Enzim vampir yg diterimanya sejak masih bayi membuat Blade kebal terhadap gigitan vampir/drakula, selain itu dia mempunyai stamina, kecepatan, kelincahan, indera yg tinggi serta bisa menyembuhkan diri. Blade juga jago dalam beladiri dan mempunyai pengetahuan supranatural spt vampir dan ini menurut versi komik. Lalu versi film/TV yaitu Blade mempunyai kekuatan spt vampir dan untuk menahan haus darahnya dia menggunakan serum. Blade yg setengah vampir ini kebal terhadap senjata dari perak, bawang putih dan sinar matahari yg merupakan kelemahan vampir. Blade mempunyai indera super, reflek, stamina, kekuatan dan menyembuhkan diri dgn cepat jika minum darah.


0 comments: