Sejarah Telfon & HP

 


Sejarah telepon ini sangat panjang karena inilah alat telekomunikasi pertama di dunia sebelum adanya radio dan TV. Seorang ilmuwan terkenal asal Inggris bernama Robert Hooke menemukan cara sederhana untuk berkomunikasi dengan seseorang yaitu lewat 2 kaleng yg keduanya dipasang tali panjang lalu bisa berbicara layaknya telepon di thn 1664 yg saat itu dinamai "lover's phone". Namun seiring dengan munculnya alat yg bernama Telegraf, telepon pun juga ikutan berevolusi yg awalnya menggunakan tali/benang hingga berubah ke listrik. Di thn 1833, 2 orang cerdas asal Jerman bernama Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Eduard Weber menemukan perangkat sinyal yg dipakai mesin telegraf dan disinilah menjadi dasar pembuatan telepon. Di thn 1844, ilmuwan asal USA bernama Charles Grafton Page menemukan arus listrik lewat kawat yg dililit di magnet tapal kuda yg menimbulkan bunyi dering pada magnet dengan menghidupkan/mematikan arus. 


Di thn 1844, penemu asal Italia bernama Innocenzo Manzetti yg menemukan gagasan bahwa alat telepon ini bisa dibuat berbicara seperti yg dilakukan pada mesin telegraf. Innocenzo Manzetti pun bisa membuat robot meskipun hasilnya kurang sempurna. Di thn 1854, insinyur asal Belgia bernama Charles Bourseul menemukan gagasan tentang telepon supaya bisa berbicara & mendengar yg dia sebut "make and break". Charles Bourseul bekerja di perusahaan telegraf mengembangkan mikrofon elekromagnetik, namun hasil suaranya tidak bagus. Di thn yg sama, penemu asal Italia bernama Antonio Meucci berhasil mendemonstrasikan telepon di New York dengan gerakan diafragma menjadi sinyal dengan elektromagnet. Di thn 1857, Antonio Meucci memasang alat mirip telepon di rumahnya untuk berkomunikasi dengan istrinya yg lagi sakit dan saat itu dia sebut "telettrofono". Antonio Meucci yg mematenkan hasil karyanya duluan dan Charles Bourseul terlambat mematenkannya.


Di thn 1857, Johann Philipp Reis asal Jerman memperbaiki sinyal pemancar telepon yg saat itu buruk dan dia menamakan "telephone", lalu perangkat telepon diuji coba di perusahaan STC di Inggris thn 1874 untuk memastikan kualitas suaranya bagus. Thomas Alfa Edison pun memuji penemuan dari Johann Philipp Reis yg berhasil mengembangkan alat mikrofon karbon. Di thn 1878, pekerja jam tangan asal Kanada bernama Cyrille Duquet berhasil mematenkan penemuannya karena berhasil menggabungkan pemancar dan penerima menjadi 1 unit yg nantinya akan digunakan dalam telepon. Seorang insinyur asal USA yg bernama Elisha Gray mengklaim bahwa dia penemu pertama telepon di thn 1876, namun Alexander Graham Bell berhasil menyerobotnya dan mematenkan ciptaannya. Elisha Gray menuduh bahwa Alexander Graham Bell yg mencuri penemuannya tsb dan Elisha Gray mengatakan terinspirasi dari alat telegraf. Namun pengadilan memutuskan bahwa Alexander Graham Bell lah yg mematenkan duluan hingga akhirnya dia dinobatkan menjadi penemu telepon pertama kali di thn 1877.


Seorang ilmuwan asal Skotlandia bernama Alexander Graham Bell dianggap menjadi bapak telepon sedunia dan dia mulai bereksperimen dengan alatnya tsb mulai thn 1873 dengan mengikuti hasil karya milik orang2 pendahulunya. Alexander Graham Bell bersama asistennya bernama Thomas Watson dengan sabar akhirnya berhasil mengutak-atik alatnya tsb dengan membuat arus melewati elektromagnet hingga akhirnya piringan tsb bergetar menimbulkan suara lewat udara. Lalu dibuatkan piringan besi tipis pada corong yg melingkar, trus cakram berfungsi sebagai gabungan diafragma dan saat berbicara, diafragma besi bergetar melalui medan magnet hingga menimbulkan arus gelombang yg akhirnya muncul suara kita yg bisa didengar orang lain. Alexander Graham Bell ternyata mempunyai ibu dan istri yg tuli dan disinilah mempengaruhi keinginan Alexander Graham Bell menciptakan alat yg bisa didengaar manusia. Alexander Graham Bell melakukan tes sampai ke 3x yaitu di kota Ontario-Paris thn 1876, dengan membuat telepon sambungan jarak jauh. 


Di thn 1877, Theodore N. Vail menemukan kabel & alat switch pada telepon yaitu saluran telepon yg bisa berhubungan kemana aja. Di thn 1891, munculnya nomor pada telepon yg bisa berkomunikasi dengan banyak orang di lain tempat. Di thn 1877, Karyawan Thomas Alva Edison asal Hungaria bernama Tivadar Puskás yg bekerja di mesin telegraf, berhasil menemukan cara menghubungkan saluran telepon dengan mudah yg sistem ini akan dipakai di perusahaan besar, Tivadar Puskás mengatakan bahwa dia terinspirasi dari mesin telegraf. Telepon mengalami perkebangan yg cepat yaitu yg awalnya berbentuk besar akhirnya bisa dibuat menjadi minimalis, bahkan mulai banyak berdiri perusahaan telepon. Penemuan alat elektronik bernama transistor di thn 1947, berhasil mengubah telepon menjadi mesin elektronik. Jaringan telepon diperluas hingga bisa menjangkau ke semua negara di seluruh dunia. 


Terinspirasi dari radio, maka muncul istilah telepon radio yg menggunakan wireless yg dilakukan MTS pertama kali di thn 1946. Perusahaan Bell Laboratories bereksperimen menggunakan pemancar radio untuk digunakan dalam telepon di thn 1964 menggunakan sinyal FM. Di thn 1966, George Sweigert yg dulunya bekerja sebagai operator radio di Perang Dunia 2 bereksperimen membuat telepon dengan wireless dan dia mematenkan penemuannya tsb di thn 1969 yg dinamakan telepon portable. Telepon menggunakan IP pernah digunakan di Jepang di thn 1966. Telepon portable sempurna di era 80an dan banyak sekali orang kaya yg mempunyai telepon portable di jaman itu. Telepon portable sudah tidak menggunakan kabel, tapi tidak bisa jauh dari tempat dudukannya jika ingin menelpon. Dulu harganya sangat mahal dan hanya orang kaya yg punya telepon portable.


Selain sejarah telepon, sejarah alat komunikasi yg bernama walkie-talkie awalnya ditemukan oleh insinyur asal Polandia yg bekerja di Motorola di thn 1939 bernama Henryk Magnuski yg nama mesinnya SCR-300. Walkie-talkie dipakai oleh tentara USA saat Perang Dunia ke 2, sebenarnya penemu asal Kanada bernama Donald Hings yg berjasa menciptakan sistem sinyal radio portable dan dialah yg menemukan walkie-talkie yg dipakai tentara USA di thn 1937. Seorang yg cerdas imigran Rumania asal Kanada bernama Al Gross sangat tertarik dengan radio. Makanya di rumahnya dibangun ruang bawah tanah yg isinya radio rongsokan yg dia utak-atik saat berusia 16 thnan. Dia tertarik menyelidiki frekuensi radio di thn 1936, lalu dia mematenkan penemuannya yaitu walkie-talkie di thn 1938. Al Gross bekerjasama dengan OSS AS atau CIA dalam melakukan operasi militer di Perang Dunia 2.


Di thn 1948, Al Gross mendirikan perusahaan Gross Electronics Co setelah selesai Perang Dunia 2. Lalu di thn 1949, Al Gross membuat yg menjadi cikal bakal lahirnya pager atau telepon portable yg terinspirasi dari sinyal radio. Walkie-talkie ini dijaman sekarang masih digunakan oleh sebagian aparat seperti tentara, polisi dan juga sekuriti. Mantan tukang servis motor asal Finlandia bernama Eric Tigerstedt berhasil menciptakan alat mirip handphone yg bisa digenggam sebagai radio untuk berkomunikasi dari kapal sampai ke kereta api di thn 1917. 2 insinyur asal USA bernama John F. Mitchell dan Martin Cooper yg saat itu bekerja di perusahaan Motorola berhasil menemukan telepon canggih yg dinamakan handphone di thn 1973 menggunakan handset. Lalu jaringan handphone pertama kali yaitu 1G pertama kali didemonstrasikan di Jepang di thn 1979.


Di thn 1973-1993, hp sudah ada tapi hanya dipakai untuk mengontrol pengoperasian di perusahaan2 besar. Hp pertama yg diresmikan pertama kali yaitu ciptaan Rudy Krolopp asal USA di thn 1983 yg nama merknya Motorola DynaTAC 8000X yg masih menggunakan antena dan harganya sangat mahal di jaman itu yaitu sekitar 56 juta rupiah. Di thn 1992, perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu IBM menciptakan smartphone pertama kali dan dirilis di thn 1994 dengan nama Simon. Lalu perusahaan Apple juga menciptakan Newton OS di thn 1993 yg awal dari iPad. Perusahaan asal Finlandia yaitu Nokia merilis hp pertamanya yg diberi nama Nokia 9000 Communicator di thn 1996. Lalu perusahaan Psion PLC asal Inggris menciptakan OS untuk hp jadul yg diberinama Symbian di thn 1997 dan disinilah Nokia, Ericsson dan Motorola memakai OS Symbian di produknya masing2. 


Di thn 1999, hp Nokia S40/7110 memunculkan pertama kali 1 tombol berisi nomor yg digabung bersamaan dengan simbol2 teks. Seorang programmer asal Prancis bernama Jean-Marie Hullot ini bekerja di Apple/MacOS di thn 2002 dan dia yg membuat ide tentang iphone yg saat itu sempat ditolak oleh Steve Jobs. Lalu pertengkaran Steve Jobs dengan Microsoft membuatnya semakin yakin dengan membuat iPhone di thn 2004 yg dipublikasikan pertama kali di thn 2007. Perusahaan asal Kanada yaitu BlackBerry Limited mengeluarkan smartphone pertama kali di thn 2002 dengan menggunakan OS Java 2 Micro Edition (J2ME). Di thn 2005, Microsoft merilis Windows Mobile 5.0 dan di thn yg sama, Nokia merilis tab kecil yaitu seri N770 yg menggunakan wifi. Google mendirikan OHA dengan menciptakan smartphone seri HTC Dream/T-Mobile G1 dari perusahaan HTC yg pertama kali memakai OS Android-Linux di thn 2008.


Perusahaan Android sebenarnya sudah didirikan di thn 2002 oleh Andy Rubin bersama teman2nya yg awalnya digunakan untuk kamera digital di USA. Lalu android bekerjasama dengan Samsung dan HTC dalam pembuatan smartphone di thn 2005, namun tak lama kemudian perusahaan Android diakuisisi (dibeli) oleh Google. Samsung pertama kali merilis smartphone berbasis android di thn 2009 dengan seri GT-I7500 yg memakai android 1.5 cupcake. Dulu di Indonesia, Nokia, Sony-Ericsson, Motorola merajai smartphone lalu digeser oleh Blackberry di thn 2008 dengan format touchscreen (layar sentuh) yg bersaing dengan iPhone. Blackberry sangat booming di jaman itu dengan aplikasi BBM-nya hingga akhirnya di thn 2013, munculah Samsung Galaxy S4 yg berhasil menghancurkan Blackberry. Samsung Galaxy S4 sangat laris manis dan menjadi smartphone terlaris di dunia saat itu. 


Iphone yg harganya dibilang mahal juga cukup laris di jaman itu karena sudah bisa menangkap jaringan 3G pertama kali di thn 2008 dengan software iOS yg menjadi saingannya android. Di thn 2011, perusahaan seluler asal China bernama Xiaomi merilis smartphone pertama kali di thn 2011 yaitu seri Mi 1. Perusahaan selular asal China juga yg bernama OPPO merilis smartphone pertama kalinya di thn 2011 yaitu seri A903 dan juga Vivo merilis smartphone yg tipis di thn 2012 dengan seri X1. Kartu SIM-Card untuk handphone/smartphone ini dulunya dinamakan "Smart Card" yaitu berupa chip yg digunakan untuk memori di akhir era 60an. Lalu perusahaan asal Eropa yaitu ETSI mengembangkannya dan dialihkan ke 3GPP, lalu perusahaan Giesecke+Devrient yg didirikan sejak thn 1852, menciptakan SIM Card pertama kali yg dijual di Finlandia sebanyak 300 di thn 1991. Dan tak lama kemudian, SIM Card dipakai di hp atau smartphone ketika lagi booming2nya di jaman itu.


Jaringan 2G pertama kali muncul di Finlandia yg nama operatornya Radiolinja di thn 1991 dan tak lama kemudian naik ke 2.5G yg dinamakan GPRS. Di thn 2001, operator asal USA bernama AT&T memperkenalkan jaringan 2.75G yg dinamakan Edge. Jaringan 3G pertama kali diciptakan di thn 1998, namun diperkenalkan di Jepang di thn 2001 dengan nama WCDMA. Jaringan 3.5G diperkenalkan di thn 2008 dan digunakan di thn 2010 dengan nama HSPA (HSDPA & HSUPA). Tak lama kemudian dirilis 3.75G yg dinamakan HSPAP di thn 2008 dan tak lama kemudian di kota Stockholm (Swedia) dirilis jaringan 4G. Di thn 2014, jaringan 4.5G yg diberi nama LTE dirilis dan jaringan 5G sudah dibuat sejak thn 2016 dan dirilis di thn 2019 yg diciptakan oleh 3GPP. Seorang aktris Hollywood asal Ceko yg pintar matematika bernama Hedy Lamarr berhasil menemukan jaringan yg dinamakan Frequency-hopping yg merupakan asal dari Wi-Fi, GPS dan Bluetooth di thn 1942. Hp sekarang menjadi kebutuhan pokok manusia dan susah dilepaskan dalam kehidupan sehari2.



0 comments: