Perkembangan Musik tahun 2000 sampai 2010 hingga 2013.





Lagu2 di luar negeri diawal 2000-an dikuasai sama lagu2 Boysband dan Hip Metal. Para band2 yang digandrungi gadis2 muda begitu merajalela seperti Backstreet Boys, N'SYNC, 98 Degrees, Blue, Westlife, O'Town dll. Apalagi lagu milik Backstreet Boys yang judulnya "Larger than Life" dan lagunya N'SYNC yang berjudul "Bye Bye Bye" begitu merajai diawal tahun 2000. Para anak2 gadis di Asia yang masih sangat muda begitu menggandrungi Westlife. Westlife memang kurang terkenal di USA, tapi mereka terkenal di Eropa dan Asia. Para musisi yang mengusung lagu Pop begitu banyak banget karena lagu Pop begitu terkenal banget makanya Madonna & N'SYNC sampai membuat lagu berjudul "Pop". Banyak yang terkenal dari para musisi2 Pop selain Boysband yaitu Britney Spears, Christina Aguilera, Jessica Simpson, Mandy Moore, Robbie Williams, Dido, Ricky Martin, Destiny Child, Avril Lavigne, Jennifer Lopez, Pink, Kylie Minogue, Faith Hill, Shania Twain dll. Bahkan Boysband asal Taiwan F4 begitu terkenal di Asia, apalagi di Indonesia yg terkenal dengan filmnya yg berjudul Meteor Garden.

Para Boysband juga mendapatkan persaingan ketat dari band2 Hip Metal. Band2 Hip Metal seperti Limpbizkit & Linkin Park begitu mendapat perhatian dari pria2 yg masih remaja. Lagu Limpbizkit yang berjudul " Rollin' " dan lagu Linkin Park berjudul "In The End" begitu terkenal dan membangkitkan semangat2 para fans Rock dan Metal. Bon Jovi juga sempat menggebrak lewat lagunya di awal 2000 yaitu "It's My Life". Dengan adanya Limpbizkit & Linkin Park yg mendobrak dominasi Boysband, maka muncul juga band2 aliran Punk yang menggebrak yaitu SUM 41, Blink 182, GooGoo Dolls, Creed, Simple Plan, Sugar Ray, Nickelback, Evanescence dll. Persaingan aliran musik diera 2000 memang begitu ketat, karena aliran musik Pop milik Boysband dan aliran Hip Metal mendapatkan persaingan lagi dari Musik Rap yang mulai begitu terkenal dengan adanya Eminem (satu2nya orang kulit putih yg bernyanyi rap) 

Di tahun 2003-2007 musik Rap & Hip Hop begitu merajai musik Chart, karena Eminem yang begitu berjasa di musik Rap membawa teman2nya supaya terkenal seperti Dr.Dre, Jay Z, Nelly, Puff Daddy, Snoopy Doggy Dog, Outkast, 50 Cent, Black Eyed Peas, Timbaland, Usher, Mario, Missy Elliot, Ashanti, Ludacris dan Beyonce yg dulunya punya band Destiny Child serta Justin Timberlake yg dulunya dari boysband bernama N'SYNC, ada lagi satu rapper dari UK yaitu Craig David. Lagu2 Rap & HipHop yang terkenal seperti "The Real Slim Shady", "In da Club", "Yeah", "Hey Yeah", "Let Me Love You", "Where Is The Love". Tapi mungkin musik Rap tidak bisa bertahan lama dan sempat tergusur dengan musik Pop semi-disko seperti Maroon 5, Natasha Bedingfield, Panic At Disco, Fall Out Boy dll. Lagu "This Love" milik Maroon 5 begitu booming begitu juga band2 British yg sama mengusung musik Elektrik / semi disko seperti Muse, Coldplay, Godzilla, Franz Ferdinand, Artic Monkeys dll. Sempat juga aliran musik Rock kembali hidup dengan adanya Avenged Sevenfold, Bullet My Valentine dsb, tapi masih belum bisa mengalahkan musik disko.

Kira2 2008-2012, Musik didunia didominasi dengan musik Full Elektrik dengan alat musik DJ. Musik2 dari DJ begitu kental dan menjadi trandsetter musik dengan mengusung musik2 disko modern. Diawal 2000, musik DJ baru muncul dan dijadikan background band2 Hip Metal seperti Limpbizkit & Linkin Park. Lalu musik DJ semakin berkembang dan menjadi musik idola anak2 muda. Para pemusik Rap pun beralih ke Rap Disko dan itu menjadi kolaborasi yang bagus. Makanya musik2 disko memang bagus jika didengarkan dengan volume yang kencang. Para pemusiknya pun banyak yg baru2 seperti Justin Bieber, Katty Perry, Rihanna, Lady Gaga, Timbaland, Bruno Mars, Jordin Sparks, Fergie, Adele. Lagu2 disko yg terkenal seperti "Baby", "Fireworks", "Bad Romance", "Umbrella", "We Found Love" dll. Bahkan di Asia juga demam musik Disko yg dibawakan sama Boysband & Girlsband seperti Super Junior, Girls Generation, 2NE1, G-Dragon, Miss A, Big Bang, 2PM, Shinee. Dan ada juga dari PSY yg terkenal dengan joget "Gangnam Style". Serta ada juga salah satu boyband dari UK yg ngetop yaitu One Direction dgn lagunya "What Make You Beautiful".Tapi Musik2 aliran Jazz-Pop pun lumayan terkenal seperti yg dibawakan sama King of Convience, Michael Bubble, Jason Mraz, James Blunt, Jamie Cullum, Daniel Powter. Lagu2nya pun bagus didengarkan seperti "Bad Day", "I'm Yours", "Everlasting", "Everything", "Haven't Met You Yet" dll. 



Sejak 2004, siaran2 MTV sudah dihilangkan oleh pemerintah Indonesia. MTV yg dulunya menjadi TV idola anak remaja di Indonesia dihapus dan semua musik2 Indonesia menjadi musik lokal semua. Makanya kemajuan musik2 didunia cuma bisa diketahui oleh orang2 kaya yg mempunyai TV kabel. Justru pemerintah Indonesia membolehkan musik2 dari Asia masuk ke Indonesia seperti pemusik2 dari Korean & Taiwan. Musik2 barat meskipun dibatasi di Indonesia, tapi sebagian masyarakat Indonesia masih mengikuti perkembangannya. Memang bagus juga mengusung musik2 lokal, tapi terkadang para musisi Indonesia malah bertingkah yg aneh2 di media sehingga sebagian anak muda sekarang beralih ke musik luar negeri. Semoga musik2 Indonesia tidak ketinggalan jaman dengan musik luar negeri dan bisa membuat masyrakat Indonesia bisa berpikir modern.


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.