Perkembangan Musik era 2000an sampai 2020an





Lagu2 di luar negeri diawal 2000-an dikuasai sama lagu2 Pop Solo dan Boysband yg bersaing dengan 3 aliran musik Rock yaitu Nu Metal/Hip Metal, Pop Punk dan post-Grunge. Para band2 yang digandrungi gadis2 muda begitu merajalela seperti Backstreet Boys, N'SYNC, 98 Degrees, Blue, Westlife, O'Town dsb serta Girlsband seperti Destiny Child. Apalagi lagu milik Backstreet Boys yang judulnya "I Want It That Way" dan lagunya N'SYNC yang berjudul "Bye Bye Bye" begitu merajai diawal tahun 2000. Para anak2 gadis di Asia yang masih remaja begitu menggandrungi Westlife dengan lagu hitsnya seperti "My Love". Westlife memang kurang terkenal di USA, tapi mereka terkenal di Asia dan sebagian di Eropa. Para musisi yang mengusung lagu Pop begitu banyak banget karena lagu Pop begitu terkenal banget makanya Madonna & N'SYNC sampai membuat lagu berjudul "Pop". 

Banyak yang terkenal dari para musisi2 Pop Solo yg terkenal di jaman itu antara lain: Britney Spears dengan lagu "Baby One More Time", Christina Aguilera - "Genie in the Bottle", Jessica Simpson - "I Wanna Love You Forever", Mandy Moore - "I Wanna Be with You", Robbie Williams - "Angels", Dido - "Thank You", Avril Lavigne - "Complicated", Jennifer Lopez - "Love Don't Cost a Thing", Pink - "Get the Party Started", Kylie Minogue - "Can't Get You Out of My Head", Faith Hill - "Breathe", Shania Twain - "Man! I Feel Like a Woman!", Norah Jones - "Don't Know Why", Nelly Furtado - "I'm Like a Bird", Alicia Keys - "Fallin'", Vitamin C - "Graduation", Shakira - "Whenever, Wherever" dsb. Bahkan Boysband asal Taiwan F4 begitu terkenal di Asia, apalagi di Indonesia yg terkenal dengan filmnya yg berjudul Meteor Garden.

Boysband juga mendapatkan persaingan ketat dari band2 Nu Metal, Pop Punk dan post-Grunge. Band2 Nu Metal seperti Limpbizkit & Linkin Park begitu mendapat perhatian dari pria2 yg masih remaja. Lagu Limpbizkit yang berjudul " Rollin' " dan lagu Linkin Park berjudul "In The End" begitu terkenal dan membangkitkan semangat2 para fans Rock dan Metal. Dan ada banyak juga band Nu Metal lainnya yg cukup terkenal di jaman itu seperti Evanescence - "Bring Me to Life", Slipknot - "Wait and Bleed", S.O.A.D - "Chop Suey!", P.O.D - "Youth of the Nation", Papa Roach - "Last Resort" dsb. Bon Jovi juga sempat menggebrak lewat lagunya di awal 2000 yaitu "It's My Life". Selain musik Nu Metal, band2 aliran Pop Punk juga terkenal di jaman itu seperti Blink 182 dengan lagunya berjudul "All the Small Things", SUM 41 - "In Too Deep", Simple Plan - "I'm Just a Kid", New Found Glory - "My Friends Over You", Green Day - "Warning" dsb. 

Persaingan musik di era 2000an memang sangat ketat, bahkan band2 beraliran post-Grunge juga ada beberapa yg terkenal seperti Foo Fighters dengan lagunya yg berjudul "Learn To Fly", Creed - "One Last Breath", Nickelback - "How You Remind Me", Alter Bridge - "Open Your Eyes", Audioslave - "Like a Stone", The Calling - "Wherever You Will Go" dsb. Band2 beraliran Alternative Rock, Pop Rock atau Britpop ada juga yg mencuri perhatian dan sukses di era 2000an seperti RHCP dengan lagunya yg berjudul "By The Way", GooGoo Dolls - "Iris", Sugar Ray - "Someday",  Travis - "Sing", Coldplay - "The Scientist", U2 - "Beautiful Day", Gorillaz - "Clint Eastwood", Collective Soul - "Run", Sixpence None Ritcher - "There She Goes", Santana - "Smooth", Muse - "Time Is Running Out", Maroon 5 - "This Love", Hoobastank - "Reason", Keane, Lifehouse dsb. dsb. Lalu ditambah lagi mulai populernya musik2 Rap atau Hip-hop yg memberikan warna tersendiri di era 2000an yg kelakuannya dianggap kontroversial seperti yg dilakukan oleh Eminem dengan lagunya yg berjudul "Stan", Craig David - "7 Days", Nelly - "Dilemma", 50 Cent - "In da Club", Ashanti - "Foolish", Outkast - "Hey Ya!", Black Eyed Peas - "Where Is The Love" dsb.

Aliran musik Rock mulai merosot saat memasuki era 2006 karena tidak ada penjualan album yg tinggi/besar di jaman itu, meski penggemar musik Rock masih banyak dan setia di jaman itu. Ketika siaraan MTV dibatasi di thn 2004 hingga akhirnya menghilang itu membuat selera musik anak2 muda di jaman itu beralih ke musik Indonesia. Di awal thn 2000, band2 Rock cukup berjaya di Indonesia yg dibarengi dengan band2 Pop. Dewa 19 meski ganti vokalis malah sukses besar dengan albumnya yg berjudul Bintang Lima, begitu juga dengan Boomerang dengan album X-travaganza dan Jamrud dengan album Ningrat. Sedangkan band2 Pop yg terkenal di jaman itu adalah Sheila on 7 dengan albumnya yg berjudul Kisah Klasik untuk Masa Depan, Padi dengan Sesuatu yang Tertunda, Naif dengan Jangan Terlalu Naif, Jikustik dengan Seribu Tahun, Caffeine dengan albumnya yg berjudul Hijau, The Fly, Clubeighties, Seurieus dsb. Penyanyi Pop yg sukses di jaman itu adalah Krisdayanti dengan album Mencintaimu, Rossa dengan album Tegar, Reza Artamevia dengan album Keabadian, Glenn Fredly dengan Selamat Pagi, Dunia!, begitu juga dengan Melly Goeslaw dengan lagu2 soundtrack film.

Sebenarnya aliran musik "Emo" cukup populer di seluruh dunia dengan mengusung trend baru musik Rock, tapi kepopulerannya tidak seperti band2 Rock sebelumnya karena penjualan albumnya tidak begitu laris manis. Tapi kebalikannya justru style atau gayanya yg malah terkenal di seluruh dunia mengalahkan musiknya. Bahkan penyanyi2 Pop atau band2 Pop Indonesia banyak sekali yg bergaya Emo di thn 2006 sampe 2012. Band2 Pop atau Grup sangat merajai di Indonesia di sekitar thn 2004 sampai 2013 dan mereka adalah  Peter Pan, Ungu, Nidji, D'Masiv, Radja, Matta, Naff, Samsons, The Virgin, Armada, J-Rocks, Kerispatih, Hijau Daun, Repuvblik, ST12, D'Bagindas, Wali, Vierra, Kangen band, T2, Ratu, The Virgin, The Rock, Triad, The Changcuters, Kuburan band dsb. Selain musik Pop, musik Dangdut juga populer di jaman itu, apalagi dengan populernya musik Dangdut koplo yg dulunya populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Musik2 dangdut yg populer di jaman itu seperti Project Pop dengan lagu "Dangdut Is The Music Of My Country", Inul Daratista - "Goyang Inul", Ria Amelia dengan lagu "SMS", Titi Kamal dengan lagu "Jablay", Ade Irma dengan lagu "Bang Thoyib" dsb.

Namun di kalangan pecinta musik Rock atau Punk di jaman itu, ada banyak juga yg mengikuti perkembangannya yaitu dengan mengidolakan beberapa band Emo dari luar negeri beserta dengan aliran musik yg bisa dikatakan "sodara" dari Emo yaitu Metalcore, Deathcore dan Screamo seperti Paramore, Avenged Sevenfold, Bullet for My Valentine, Asking Alexandria, Saosin, Bring Me the Horizon, As I Lay Dying, My Chemical Romance, Killswitch Engage, Suicide Silence, Whitechapel, Veil of Maya, The Black Dahlia Murder dsb. Di Indonesia hanya sedikit band yg beraliran Emo/Metalcore yg namanya cukup terkenal yaitu Burgerkill, Killing Me Inside, Beside, Seems Like Yesterday, Killed by Butterfly dsb. Di USA, nama Beyoncé semakin bersinar di era 2006 sampai 2016, begitu juga Kanye West yg malah lebih populer saat manikahi Kim Kardashian, Usher juga terkenal dan dia yg berhasil membuat Justin Bieber terkenal di thn 2010an. Di jaman itu juga bermunculan acara ajang pencarian bakat untuk menjadi penyanyi terkenal yg dipelopori oleh Pop Idol di UK tahun 2001-2002 yg digagas oleh Simon Fuller. Setelah itu bermunculan ajang pencarian bakat seperti American Idol yg melahirkan penyanyi Kelly Clarkson dan di beberapa negara lainnya juga ikutan ada Idol.

Di Indonesia malah bertambah banyak ajang pencarian bakat yaitu mulai dari AFI (Akademi Fantasi), Indonesian Idol, Mamamia Show, Idola Cilik, IMB (Indonesia Mencari Bakat), IGT (Indonesia's Got Talent), X-Factor, The Voice dsb. Ketika pamor boysband mulai menurun di benua Amerika, Eropa, Australia bahkan di Afrika, namun justru sebaliknya di Asia yg malah kembali populer dengan banyaknya bermunculan boysband/girlsband asal Korea Selatan yg disebut dengan K-Pop di era 2008 sampai 2014. Mereka adalah Super Junior, SHINee, SNSD, 2NE1, Bang Bang, 2PM dsb. Bahkan Indonesia pun ikutan bermunculan lagi boysband baru dan girlsband baru dengan style yg mirip dengan K-Pop seperti Smash, XO-IX,  Dragon Boyz, S4, Blink, Cherrybelle, JKT-48, 7 Icons, S.O.S dan juga boyband anak kecil yg bernama Coboy Junior. Kematian sang superstar Michael Jackson di thn 2009 sangat mengagetkan dunia saat itu dan masih banyak kerahasiaannya sampai sekarang ini tentang kematiannya tsb. Disinilah terjadi peralihan pangsa pasar musik, dulu kiblat musik Indonesia kebanyakan mengarah ke musik2 dari USA dan UK, namun memasuki thn 2006 musisi2 Indonesia lebih suka memainkan musik2 Pop dengan sentuhan musik Melayu dan setelah itu berubah kiblatnya ke musik2 Korea. 

Penyanyi2 solo Indonesia juga banyak yg bermunculan seperti Judika, Tulus, Sandhy Sandoro, Cakra Khan, Vidi Aldiano, Afgan, Raisa, Isyana dsb. Para pemusiknya pun banyak yg terkenal seperti Justin Bieber, Katty Perry, Rihanna, Lady Gaga, Timbaland, Bruno Mars, Jordin Sparks, Fergie, Adele. Lagu2 disko yg terkenal seperti "Baby", "Fireworks", "Bad Romance", "Umbrella", "We Found Love" dll. Sempat terkenal juga dari PSY yg populer dengan joget "Gangnam Style" di thn 2012. Serta ada juga salah satu boyband dari UK yg ngetop yaitu One Direction dgn lagunya "What Makes You Beautiful", "Story of My Life", "One Thing", "Live While we're Young" dsb di thn 2011-2015. Adele namanya menjadi sangat terkenal di thn 2012 karena albumnya terjual 31 juta keping di seluruh dunia dan menjadi album terlaris di jaman itu dengan lagu hitsnya "Someone Like You", "Rolling in the Deep", "Set Fire to the Rain" dsb. Memasuki era 2010an, sepertinya teknologi yg hanya bisa membuat musik menjadi terkenal dan itu dibuktikan dengan adanya YouTube yang semakin berkembang di era 2010an. YouTube sepertinya menentukan apakah musik itu terkenal atau kurang terkenal karena ada milyaran lagu yg disimpan di YouTube dan itu bisa diakses banyak orang dengan gratis. Di era 2010an, kepopuleran sudah tidak tergantung penjualan album seperti sebelumnya, namun semua tergantung dengan banyaknya yg menonton di YouTube. 

Musik2 aliran Jazz-Pop pun lumayan terkenal seperti yg dibawakan sama King of Convience, Michael Bubble, Jason Mraz, James Blunt, Jamie Cullum, Daniel Powter. Lagu2nya pun bagus didengarkan seperti "Bad Day", "I'm Yours", "Everlasting", "Everything", "Haven't Met You Yet" dll. Memasuki era 2016-2020an makin banyak penyanyi solo yg bermunculan seperti Rizky Fabian, Andmesh Kamaleng, Ardhito Pramono, Fiersa Besari, Budi Doremi dsb. Jebolan Idol pun mulai dikenal banyak orang seperti Maria Simorangkir, Marion Jola, Kunto Aji, Brisia Jodie, Nowela, Lyodra Ginting, Tiara Andini dsb. Mendekati era 2020an, yg terkenal di Indonesia adalah lagu2 yg viral di sosial media seperti TikTok, YouTube, Instagram dsb. Lagu2 tsb seperti "Sayur Kol" milik Punxgoaran, "Karna Su Sayang" milik Near & Dian Sorowea, "Salah Apa Aku" milik Ilir dsb, Lagu2 dangdut disko juga ternyata sangat populer di Indonesia di sekitar thn 2016-2021 dan yg sangat populer yaitu "Syantik" milik Siti Badriah yg ditonton di YouTube sekitar 400 juta kali. Selain itu lagunya Via Vallen berjudul "Sayang" juga terkenal dengan bahasa Jawa dan lagunya Sandrina dengan "Goyang Dua Jari". 

Di balik kesuksesan lagu2 dangdut koplo disitu ada sosok legendaris yg menjadi idola orang2 Jawa yg dijuluki "The Godfather of Broken Heart" yaitu Didik Kempot. Sebenarnya Didik Kempot sudah populer di wilayah Jawa Tengah-Timur dengan lagu2 Jawanya di akhir era 90 sampai memasuki era 2000an. Namun namanya menjadi populer di seluruh Indonesia saat memasuki thn 2015 dan beberapa lagunya yg terkenal yaitu "Suket Teki", "Pamer Bojo", "Sewu Kuto" dsb yg ternyata disukai oleh anak2 muda. Namun sayangnya Didik Kempot meninggal dunia karena terserang penyakit yg meresahkan seluruh dunia di thn 2020 yaitu Corona (Covid 19), lalu posisinya sepertinya digantikan oleh Denny Caknan. Nama Nella Kharisma juga terkenal di kalangan pecinta dangdut koplo, bahkan yg menonton sampau ratusan juta orang dan ada juga Happy Asmara yg sama2 terkenal di dangdut koplo. Ajang pencarian berbakat penyanyi dangdut juga populer di Indonesia yg ditayangkan oleh Indosiar dan MNC. Musik dangdut masih pro dan kontra di Indonesia ini karena imej nya masih terdengar jelek dan rata2 penyuka dangdut dianggap orang2 kolot. Namun musik rohani yg diusung Sabyan Gambus juga cukup populer di thn 2018. Ternyata boyband/girlband asal Korea kembali booming saat memasuki thn 2016 sampai 2022 dengan adanya BTS dan Blackpink. Semenjak tragedi Covid 19 (Corona), kepopuleran semua genre musik menjadi menurun di thn 2023 dan yg disukai adalah musik2 yg viral tanpa melihat lirik atau makna musiknya, semenjak ada TikTok.




0 comments: