Dragon Ball

Awalnya seorang editor bernama Kazuhiko Torishima menyarankan Akira Toriyama menciptakan serial manga yg bertemakan kung-fu dan kebetulan Akira Toriyama mengidolakan sosok Bruce Lee dan Jackie Chan. Akira Toriyama menciptakan kartun yg diberi judul Dragon Boy di thn 1983 yg kisahnya terinspirasi dari perjalanan Bhiksu Tong ke barat mencari kitab suci bersama Sun Go kong dan teman2nya. Dragon Boy ini dikisahkan seorang anak kecil yg bernama Tangtong yg tinggal di negeri Sen. Gurunya mengutus Tangtong menjalankan suatu misi yaitu mengembalikan putri Bunga ke negaranya. 

Sang guru memberikan Tangtong bola yg nantinya akan mengeluarkan seekor naga untuk bisa membantunya jika dalam kesulitan. Tangtong pun harus berhadapan dengan monster demi menyelematkan sang putri. Ketika kisah Dragon Boy selesai, ternyata peminatnya cukup banyak dan disinilah Akira Toriyama mengubah semua nama dan judulnya menjadi Dragon Ball. Namun ada banyak kemiripan dari gambar Dragon Boy dan Dragon Ball yaitu sosok Tangtong ini akhirnya berubah menjadi Son Goku di Dragon Ball dan juga sosok2 lainnya. Serial Dragon Boy hanya bertahan 2 bulan aja yaitu di bulan Agustus-Oktober 1983.


Son Goku dikisahkan berasal dari suku Saiyan yg tinggal di planet Vegeta yg ternyata nama2nya terinspirasi dari sayur2an karena Akira Toriyama seeorang vegetarian. contoh: Kakarot (carrot/wortel), Broly (brokoli), Bardock (burdock/ketela), Nappa (kubis), Raditz (radish/lobak) dan Bezita udah pasti tahu yaitu dari nama vegetables (sayur). Dragon Ball menjadi serial manga paling fenomenal dan sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan animasi dan gambar dari komik Dragon Ball menjadi inspirasi besar bagi serial manga lainnya seperti Naruto, One Piece dsb.



Son Goku

Aktor utama dari serial Dragon Ball adalah Son Goku yg nama Saiyannya adalah Kakarot. Saat pertama kali menggambar Son Goku, Akira Toriyama membuat sosok kera seperti pahlawan legendaris yaitu Sun Go Kong. Namun akhirnya diubah oleh Akira Toriyama menjadi manusia setengah kera dan penampilan pertama Son Goku ada di serial manga yg cukup terkenal yaitu Dr. Slump berjudul "Grand Finale" karya Akira Toriyama juga. Perubahan wujud Goku menjadi Super Saiyan ternyata terinspirasi dari Bruce Lee yg berposisi miring dan dibuat warna rambutnya menjadi kuning supaya tidak menghabiskan banyak waktu mewarnai warna hitam di semua karakter lainnya. 


Dikisahkan bahwa Goku berasal dari planet Vegeta yg telah dihancurkan oleh Frieza dan beruntung Goku dikirim Bardock ke bumi sebelum planetnya hancur. Planet Vegeta dikuasai oleh bangsa Saiyan yg merupakan manusia yg akan berubah menjadi Kingkong ketika melihat bulan purnama. Bangsa Saiyan dikenal sebagai bangsa petarung, makanya mereka dikenal ganas dan suka bertarung meski akhirnya menjadi budaknya Frieza. Pesawat kapsul Goku mendarat ke bumi dan yg menemukannya adalah seorang kakek yg baik dan jago beladiri yaitu Son Gohan. Goku saat masih kecil nakal, lalu diasuh dan diajari oleh Son Gohan menjadi anak yg tangguh, polos dan baik hati. Dan suatu ketika Goku bertemu Bulma yg memberi tahu tentang keistimewaan Dragon Ball. 


Dalam perjalanan yg panjang bersama Bulma, Goku mulai memiliki banyak teman dan mengikuti turnamen beladiri Tenka'ichi Budōkai yg pernah sekali menjadi juara. Goku menjadi satu2nya orang Saiyan yg baik hati dan itu membuat Bezita heran karena tidak ada bangsa Saiyan yg sebaik itu. Kebaikan Goku itulah yg membuat kekuatannya semakin bertambah hingga akhirnya menjadi orang pertama yg bisa berubah menjadi Super Saiyan. Goku tidak suka berbuat curang dan semangat bertarungnya sangat tinggi jika bertemu dengan lawan yg kuat. Karena polos dan lugu, Goku menikahi Chichi karena saat masih kecil pernah menyetujui ajakan Chichi menikah. Goku cepat menguasai Super Saiyan baru seperti Super Saiyan 3, God, Blue, Ultra Instinct dsb.



Bezita

Pangeran dari bangsa Saiyan ini yg nama aslinya adalah Vegeta dan ayahnya adalah Raja Vegeta. Dendam Bezita kepada Frieza sangatlah besar karena Frieza-lah yg memperbudak ayahnya dan bangsa Saiyan. Ditambah lagi, Frieza yg menghancurkan planet Vegeta hingga akhirnya ketika sudah besar, Bezita pura2 menjadi anak buah Frieza untuk mencari celah supaya bisa membunuhnya. Bezita mencari cara untuk bisa menjadi Super Saiyan supaya dapat mengalahkan Frieza, tapi dia tidak pernah berhasil dan justru Goku yg malah berhasil. Bezita yg harga dirinya sangat tinggi itu tidak mau kalah dengan Goku yg merupakan anak dari seorang prajurit. Makanya Bezita ingin menumbuhkan kekuatan Super Saiyan-nya supaya lebih tinggi dari Goku.


Saat melawan iblis Buu, Bezita sadar bahwa kekuatan Goku berasal dari kebaikannya makanya Bezita akhirnya berubah menjadi baik meski masih terlihat egois dan pemarah. Bezita terpaksa menikahi Bulma karena mempunyai teknologi untuk latihannya, serta melihat Goku menikah juga dengan orang bumi. Bezita yg awalnya cuek dengan Bulma berubah menjadi sayang. Bezita menghabiskan waktunya berlatih dan bertarung karena berhasrat ingin manjadi petarung terkuat di alam semesta hingga akhirnya bisa menjadi Ultra-Ego. Bezita mempunyai kecerdasan dalam bertarung, makanya itu bisa membantu Goku yg masih lugu saat bertarung jika lawannya sangat licik. Kerjasama antara Goku dan Bezita inilah yg bisa membuat lawan sekuat apapun kalang kabut, karena mereka berdua adalah petarung terbaik di dunia.



Broly

Saat masih bayi, Broly menjadi salah satu anak yg sudah dipersiapkan akan bisa mengalahkan Frieza supaya bangsa Saiyan lepas dari perbudakan. Namun terjadi keanehan karena kekuatan Broly dianggap sangat berbahaya oleh Raja Vegeta. Akhirnya, Raja Vegeta menyingkirkan Broly ke planet kecil yg bernama Vampa, lalu ayah Broly yaitu Paragus menyusulnya dan suatu saat ingin balas dendam kepada Raja Vegeta jika Broly nanti sudah besar. Paragus merasa Raja Vegeta iri dengan kekuatan besar yg dimiliki Broly, karena Bezita yg saat itu sama2 masih bayi kekuatannya masih biasa saja. Kekuatan mengerikan yg dimiliki oleh Broly inilah yg membuatnya dijuluki sebagai sosok Super Saiyan Legendaris yg muncul 1000 thn sekali.


Di planet Vampa, Broly dilatih menjadi petarung dengan melawan banyak monster disana dan diawasi oleh ayahnya. Namun ketika beranjak dewasa, anak buah Frieza menemukan Broly dan Frieza ingin memperalat Broly beserta ayahnya untuk bisa balas dendam kepada Goku dan Bezita. Frieza berhasil membangkitkan amarah besar Broly yg tak bisa dikendalikannya dan itu membuat ayahnya sadar bahwa kekuatan Broly sangat mengerikan. Lalu dengan segera Frieza membunuh Paragus dan itu membuat kekuatan Broly semakin besar karena emosinya yg tak terkendali. Broly dengan mudah menjadi Super Saiyan, tapi rambutnya berwarna hijau seperti karakter "Hulk" dan berbeda dengan Goku beserta Bezita yg rambutnya berubah warna menjadi biru atau silver. 



Piccolo

Ayahnya dijuluki Iblis Piccolo yg berasal dari bangsa Namek dan ingin menguasai bumi, namun akhirnya bisa dikalahkan Goku saat masih kecil. Iblis Piccolo mengeluarkan telur dan berharap anaknya tsb membalaskan dendam kepada Goku. Piccolo bertemu di final turnamen Tenka'ichi Budōkai yg akhirnya dimenangkan oleh Goku. Meski saat itu Piccolo masih bersifat jahat, tapi Goku membiarkannya hidup karena yakin bahwa Piccolo akan berubah menjadi baik seperti Dewa Kami. Datangnya 3 bangsa Saiyan seperti Raditz, Nappa dan Bezita, akhirnya dengan terpaksa Piccolo melatih Gohan untuk menghadang mereka, karena Piccolo tak mampu melawan mereka. Datangnya orang2 kuat di bumi membuat Piccolo akhirnya sadar, apalagi ketika sudah bersatu dengan Dewa Kami.


Bangsa Namek punya ras yg berbeda2 dan Piccolo masuk ke ras petarung. Kebaikan Goku bersama teman2nya kepada bangsa Namek membuat Piccolo ingin berteman dengan mereka. Banyak kekuatan yg dimiliki oleh Piccolo yaitu bisa mendengar dari jarak jauh, bisa menyembuhkan dirinya yg terpotong, bisa memanjangkan tangan dan bisa menjadi raksasa serta jurus andalannya "Makankosapo". Meskipun Piccolo dianggap petarung yg cukup lemah, tapi dia sangat cerdas dengan mengetahui kelemahan lawannya. Piccolo lebih dekat bersama Gohan dan anaknya Pan karena dia sekaligus menjadi gurunya. Bersama Dende dan Goku juga teman2nya, Piccolo bertekad ingin selalu menjaga kedamaian di bumi dan juga melindungi bangsa Namek dari berbagai ancaman.



Krillin

Awalnya berada di kamp para Bhiksu, namun Krillin ingin menjadi petarung yg sangat kuat hingga rela menemui Muten Roshi sampai ribuan km. Ternyata saat datang ke pulau Kame House, disana sudah ada Goku yg juga ingin berlatih. Saat berlatih bersama dan juga sama2 ikut turnamen Tenka'ichi Budōkai, Krillin sadar bahwa dia tidak bisa mengalahkan Goku. Namun Krillin ingin menjadi persahabatan yg erat dengan Goku karena sama2 bertujuan ingin menyelamatkan bumi dari serangan musuh2 yg kuat dan tak terduga. Meskipun dianggap lemah, tapi Krillin sangat cerdik dan pintar dalam bertarung dan bisa mengetahui celah lawannya jika kekuatannya seimbang dengannya. Krillin termasuk manusia yg kuat seperti Muten Roshi juga.


Krillin mempunyai beberapa kekuatan seperti Kamehameha, Razor-sharp dic (mirip seperti kekuatannya Frieza) dan Solar Flare (Taiyoken) yg membuat cahaya yg sangat terang hingga membuat mata silau. Krillin jatuh cinta kepada Android 18 yg saat itu menjadi jahat dan dia tidak tega membunuhnya. Mereka berdua akhirnya dikaruniai seorang putri bernama Marron dan nama Marron diambil dari mantan kekasih Krillin yg agak mirip dengan Bulma, namun Marron terlalu matre hingga akhirnya meninggalkan Krillin. Lalu Krillin mencoba melamar menjadi polisi yg akhirnya diterima. Krillin menjadi polisi andalan dalam menghadapi para penjahat kelas kakap karena mempunyai kekuatan yg hebat diantara polisi lainnya.



Muten Roshi

Nama lainnya adalah Kame Sen'nin karena dia mempunyai pelindung kura2 dan juga berteman dengan seekor penyu bernama Umigame. Muten Roshi ini berusia sekitar 300 thnan dan umurnya menjadi panjang karena memakan daun ajaib. Saat masih muda, Muten Roshi berlatih beladiri kepada Master Mutaito dan seekor kucing ajaib bernama Korin. Muten Roshi menjadi seorang petarung yg tangguh dan cukup terkenal di kalangan para petarung, makanya banyak sekali yg ingin berguru kepadanya antara lain: kakek Goku bernama Son Gohan, ayahnya Chichi bernama Gyumao, Goku, Krillin dan Yamcha. Muten Roshi menjadi juara turnamen beladiri Tenka'ichi Budōkai pertama kali dengan memakai nama Jackie Chun yg mengalahkan Goku di final.


Namun ada kelamahan yg sangat fatal dimiliki oleh Muten Roshi yaitu otak mesumnya yg susah dilawannya dan mata keranjang. Muten Roshi mempunyai jurus andalan yg dinamakan Kamehameha yg diajarkannya ke Goku dan Krillin. Selain itu, dia bisa mengubah bentuk tubuhnya menjadi berotot dan besar. Ada juga jurus andalan lainnya dengan menyegel lawannya lalu dimasukkan ke botol kecil. Muten Roshi yg memberikan awan Kintōun kepada Goku supaya bisa terbang kemana2. Muten Roshi termasuk petarung yg sangat berpengalaman menghadapi lawan2 yg mempunyai kekuatan aneh dan dengan cepat bisa mengetahui kelemahan lawannya. Muten Roshi mempunyai kakak yg bernama Uranai Baba yaitu wanita penyihir yg bekerjasama dengan penjaga Neraka menghidupkan orang mati.



Yamcha

Seorang petarung yg berteman dengan seekor kucing yg bisa berubah bentuk bernama Puar yg juga temannya Oolong. Awalnya Yamcha ingin menjadi petarung yg sangat kuat dan ingin menjadi jagoan, namun saat melawan Goku dan Tien Shinhan malah kalah. Yamcha semakin penasaran ingin menjadi yg terkuat, makanya dia pun ikutan di turnamen Tenka'ichi Budōkai untuk mengasah kemampuannya. Disinilah akhirnya Yamcha sadar bahwa kekuatan Goku sangat jauh melebihi dirinya dan dia berkeinginan membantu Goku mengalahkan lawannya lalu mereka berteman. Yamcha mempunyai jurus Serigala yg menjadi andalannya dan dia juga mempelajari Kamehameha. Karena sadar kekuatannya kalah dengan teman2nya, Yamcha sering menghindar dari pertarungan melawan lawan yg kuat. Yamcha mempunyai kelemahan yg fatal juga yaitu lemah terhadap gadis yg cantik dan itu terjadi ketika bertemu dengan Bulma pertama kali.  Yamcha menjadi seorang playboy yg disukai banyak gadis dan itu membuat Bulma berpaling darinya. Yamcha pun tidak mau akrab dengan Bezita karena dianggap merebut Bulma darinya. Yamcha menghabiskan hidupnya bersenang2 bersama Puar dan dia menjadi pemain baseball terkenal dan terhebat di kotanya.



Tien Shinhan

Dia merupakan murid andalan dari guru bangau yg bernama Tsurusen'nin dan juga berteman akrab dengan Chiaotzu yg bisa mengendalikan gerakan lawannya. Dulu Tien Shinhan dididik kejam dan arogan oleh gurunya dan disuruh balas dendam ke Goku yg dituduh membunuh murid terbaik Tsurusen'nin yg bernama Taopaipai. Tien Shinhan disuruh ikut turnamen Tenka'ichi Budōkai dan final yg ditunggu2 yaitu melawan Goku. Tien Shinhan hampir kalah melawan Goku, tapi Chiaotzu dengan curang membantu Tien Shinhan hingga akhirnya menjadi juaranya. Tien Shinhan sadar dia menang dengan curang dan dia juga melawan perintah gurunya. Kebaikan dari Goku dan Muten Roshi, membuat Tien Shinhan ingin membantu mereka mengalahkan iblis Piccolo. Tien Shinhan termasuk manusia terkuat di bumi saat itu dan dia yg bisa terbang pertama kali di turnamen Tenka'ichi Budōkai. Jurus andalannya adalah Tri Beam/Kikoho, Shishin No Ken (menduplikat dirinya sebanyak 4x) dan teknik Solar Flare/Taiyoken (menyilaukan cahaya) yg akhirnya dipelajari oleh Krillin. Tien Shinhan dan Chiaotzu akhirnya mendirikan perguruan martial arts Dojo untuk membantu orang2 yg lemah.



Mr. Satan

Dia sang jagoan dan juara beladiri di bumi yg dijuluki World Martial Arts Champion di turnamen Tenka'ichi Budōkai yg sudah tidak diikuti oleh Goku dan teman2nya. Mr. Satan awalnya sangat sombong dan mengatakan bahwa semua orang harus menghormatinya karena dia bisa mengalahkan lawan2nya. Padahal Mr. Satan tidak tahu bahwa lawannya mempunyai kekuatan 100x lipat dibandingkan kemampuannya. Ketika Cell menebarkan ancaman kepada manusia di bumi, Mr. Satan datang seolah2 menjadi penyelamat, namun beruntung Goku dan kawan2nya datang. Melihat pertarungan mereka, Mr. Satan terheran2 namun dia gengsi dan tidak mau pamornya hilang dengan mengatakan bahwa semua itu tipuan TV. Ketika Buu menebar ancaman di bumi, Mr. Satan juga ingin membunuhnya tapi niatnya berubah karena Buu gendut ternyata baik kepadanya dan anjingnya. Mr. Satan akhirnya bersahabat dengan Buu gendut selama2nya dan dia juga mempunyai putri yg jago beladiri yaitu Videl yg merupakan teman sekelas Gohan. Tak lama kemudian mereka menikah dan Mr. Satan pun akhirnya berteman dengan Goku dan yg lainnya juga. Mr. Satan juga berpesan kepada Goku dan teman2nya supaya membantunya, tetap menjadi sang juara beladiri di bumi. Mr. Satan berhasil membujuk semua manusia di bumi dengan menyerahkan tenaganya untuk mengalahkan Majin Buu.



Son Gohan

Anak pertama dari Goku dan Chi-chi ini namanya diambil dari seorang kakek yg merawat, mendidik dan memberi nama Goku yaitu Son Gohan yg juga murid dari guru Kame Sen'nin. Saat Goku tewas melawan Raditz, Piccolo dengan terpaksa mengajarkan Gohan bertarung yg saat itu masih kecil dan terlihat polos serta lugu. Lama-kelamaan Piccolo yg awalnya dianggap jahat berubah menjadi baik dan bahkan dianggap guru oleh Gohan. Saat datangnya Cell, Goku melihat kekuatan yg luar biasa dalam diri Gohan saat latihan bersama di ruang waktu. Saat melawan Cell, Goku memberikan kesempatan kepada Gohan untuk melawan Cell. Kekuatan yg terdalam dari Gohan muncul ketika emosinya memuncak dan itu terjadi ketika Cell membunuh Android 16.


Gohan menjadi satu2nya petarung yg bisa menjadi Super Saiyan 2 hingga akhirnya bisa menghabisi Cell. Lalu ketika Gohan dikalahkan Buu gendut, Rō Kaiōshin mencoba mengeluarkan kekuatan terdalam Gohan yg terkunci. Akhirnya Gohan bisa menguasai kekuatan itu tanpa menjadi Super Saiyan dan hampir mengalahkan Majin Buu. Chi-chi mendidik Gohan supaya pintar dan melanjutkan sekolahnya, lalu kebetulan Gohan satu kelas dengan putrinya Mr. Satan yg bernama Videl. Mereka berdua akhirnya jatuh cinta dan menikah hingga lahirlah seorang putri bernama Pan. Gohan menyembunyikan identitasnya dengan menyamar sebagai Great Saiyaman. Gohan melanjutkan sekolahnya hingga meraih gelar profesor meski kekuatannya bertambah menjadi Bīsuto (Beast).



Trunks

Bezita awalnya ingin memanfaatkan Bulma supaya bisa latihan di mesinnya dan ingin mengalahkan Goku, makanya timbul perasaan suka dan akhirnya lahirlah anak pertamanya bernama Trunks. Sebelumnya, Trunks dari masa depan menyelamatkan bumi dan membunuhnya Frieza dengan sabetan pedangnya. Trunks dari masa depan menceritakan bahwa nanti 3 thn mendatang akan datang Android yg membahayakan bumi dan dia berniat akan kembali lagi. Trunks memberikan obat kepada Goku karena di masa depan Goku mati karena terkena serangan jantung. Gohan dan Krillin kaget saat mengetahui ayah Trunks adalah Bezita, namun kejadian di masa depan berbeda dengan masa sekarang dan itu membuat Trunks kaget dan bingung.


Di masa depan Goku, Bezita, Piccolo dan semuanya tewas di tangan Android, namun ternyata berbeda. Tak disangka Gohan bisa mengalahkan Cell dan Trunks berhasil mengubahnya dengan membunuh Android 17, 18 dan Cell di masa depan. Di turnamen Tenka'ichi Budōkai khusus anak2, Trunks menjadi juaranya dengan mengalahkan Goten di final. Saat melawan iblis Buu, Trunks dan Goten bergabung hingga berubah menjadi Gotenks yg hampir mengalahkan Majin Buu. Trunks sangat mudah menguasai Super Saiyan dan Bezita kaget melihatnya. Saat beranjak dewasa, Trunks sepertinya menyukai Mai yg dulunya anak buah Pilaf. Mai sebenarnya usianya lebih tua dari Bulma, namun berubah menjadi bayi karena permintaan Dragon Ball saat Trunks masih bayi juga.



Son Goten

Saat Goku dan Gohan bertarung melawan Cell, Chi-chi menyembunyikan kabar bahwa dia sedang hamil. Namun Goku tewas saat melawan Cell dan Goten lahir tanpa ada ayah disampingnya. Sosok Goten mirip dengan Goku, namun Chi-chi mendidik Goten supaya lebih pintar dari ayahnya. Gohan kaget ketika mengajarkan Goten beladiri dan ternyata Goten dengan mudah menjadi Super Saiyan karena sering dilatih ibunya. Di turnamen Tenka'ichi Budōkai khusus anak2, Goten sangat senang bertemu dengan ayahnya dan dia akhirnya dikalahkan oleh Trunks di final. Saat melawan Majin Buu, Goten mencoba bersatu dengan Trunks dengan melakukan fusion hingga akhirnya berubah menjadi satria yg sangat kuat yg dinamakan Gotenks.


Gotenks hampir saja mengalahkan iblis Buu kalo saja tidak terlalu percaya diri. Goten terlalu polos dan lugu mirip seperti Goku, namun dia tidak sebodoh ayahnya. Goten sudah menjadi sahabat sejatinya Trunks karena sejak kecil mereka selalu bermain bersama hingga sampai remaja. Saat masih kecil, kekuatan Goten masih dibawah Trunks karena Goten terlalu polos dalam bertarung. Kerjasama Goten dan Trunks hingga menjadi kekuatan yg sangat besar inilah yg membuat Bezita mau bekerjasama dengan Goku, meski sebenarnya Bezita tidak suka karena Goku terlihat bodoh. Goten lebih suka bertarung seperti ayahnya meski ibunya sering memaksanya belajar supaya menjadi anak pintar dan kaya raya.



Bulla

Saat Trunks dilahirkan, Bezita masih belum mencintai sepenuhnya kepada Bulma karena tujuan utamanya ingin mengalahkan Goku. Makanya Trunks kurang mendapatkan kasih sayang dari ayahnya tapi itu berbeda ketika Bulla lahir. Ketika bumi damai, Bulma akhirnya hamil lagi dan kehamilannya dirahasiakan. Goku pun kaget melihat Bulma hamil dan tak disangka Bezita malah sangat sayang kepada Bulma dan bayinya yg masih di dalam perut. Saking sayangnya, Bezita menolak diajak latihan sama Goku padahal itu kegemaran dari Bezita. Diajak ke pertarungan pun tidak mau, bahkan Whis dan Beerus pun dilawannya. Whis membantu kelahiran Bulma dan Bezita dengan setia menunggu kelahiran putrinya yg sangat disayanginya. Bezita mencari nama suku Saiyan untuk putrinya, namun Bulma udah memberi nama Bulla. Bulla sangat mirip dengan Bulma baik dari wajah dan rambutnya, namun Bulla punya kekuatan karena dia keturunan bangsa Saiyan. Kejeniusan Bulma pun diturunkan kepada Bulla dalam hal teknologi.



Bulma

Dialah yg mengawali pencarian Dragon Ball hingga akhirnya bertemu dengan Goku, Oolong, Yamcha, Kame Sen'nin, Krillin dsb. Karakter Bulma ini diambil dari komik Dragon Boy yg bernama Princess of the Flower Country. Bulma merupakan putri ke 2 dari seorang profesor yg jenius dari barat bernama Dr. Brief (Burīfu Hakase) lalu ibunya Bulma bernama Bikini. Kakak Bulma bernama Taitsu yg bekerjasama dengan Jaco sang patroli galaksi. Kebaikan Bulma dan Goku inilah yg bisa membuat musuh2nya sadar dan menjadi bersahabat dengan mereka. Tujuan Bulma mencari Dragon Ball untuk membuatnya awet muda dan cantik. Waktu muda Bulma agak centil, makanya dulu sempat berpacaran sama Yamcha dan sering dikerjain oleh Kame Sen'nin karena seksi. 


Bulma sangat kaya raya dan bisa membuat peralatan canggih hingga membuat Bezita terpaksa tinggal dengannya karena Goku menjadi Super Saiyan berkat mesin dari Dr. Brief. Banyak teman2nya yg tidak menyangka bahwa Bulma bisa tertarik dengan Bezita yg dianggap angkuh dan arogan, namun lama-kelamaan justru Bezita juga sayang kepada Bulma. Mesin waktu yg dipakai oleh Trunks adalah ciptaan dari Bulma dari masa depan. Saat menikah dengan Bezita, Bulma sudah tidak centil lagi dan meneruskan perusahaan ayahnya di Capsule Corporation. Bulma yg menciptakan peralatan super canggih dan salah satunya adalah radar untuk mencari Dragon Ball. Kenangan buruk Bulma yaitu pernah menjadi kodok gara2 kapten Ginyu (anak buah Frieza).



Chi-chi

Dia adalah putri dari raksasa yg bernama Gyūmaō yg juga mantan murid Kame Sen'nin. Kastil Chi-chi sering terbakar dan pernah hancur semuanya ketika Kame Sen'nin mengeluarkan Kamehameha untuk memadamkan api. Goku saat masih kecil disuruh mencari Chi-chi karena bersama2 ingin mencari kipas bansho untuk memadamkan api di rumahnya dan itu pertemuan pertama mereka. Chi-chi yg masih polos saat itu mengira Goku menyukainya, namun Goku masih belum tahu tentang cinta. Chi-chi pernah menawarkan pernikahan kepada Goku dan malah ditanggapi karena Goku saat itu masih kecil dan tidak tahu tentang pernikahan. Saat udah dewasa, Chi-chi sengaja ikut turnamen Tenka'ichi Budōkai dan bertarung dengan Goku serta menagih janjinya.


Goku akhirnya menikahi Chi-chi hingga akhirnya lahirlah Gohan. Chi-chi mendidik keras Gohan dan Goten supaya menjadi anak pintar, karena Chi-chi sadar bahwa Goku ternyata bodoh. Didikan keras Chi-chi ini memberikan pengaruh besar kepada Gohan yg akhirnya mau melanjutkan studinya hingga meraih gelar profesor. Chi-chi hidup bersama Goku dengan kondisi yg pas2an karena Goku tidak tahu bagaimana cara bekerja dengan mendapatkan uang banyak. Chi-chi tidak takut sama siapapun jika musuh yg mengancam anak2nya dan cucunya. Chi-chi dan Bulma mempunyai kesamaan yaitu tidak perduli dengan kekuatan besar yg dimiliki suaminya masing2. Chi-chi tidak suka ke 2 anaknya menjadi petarung seperti suaminya.



Videl

Putri dari Mr.Satan ini awalnya menjadi pahlawan di kotanya karena mampu mengalahkan para penjahat. Namun ketika mengetahui sosok Great Saiyaman, dia curiga dan akhirnya bisa membongkar bahwa Great Saiyaman adalah Gohan. Videl ingin belajar teknik beladiri bersama Gohan dan akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta. Videl hidup kaya raya karena ayahnya adalah sang juara beladiri. Namun ketika mengetahui sosok Gohan, akhirnya Videl sadar bahwa siapa yg terkuat di dunia. Videl membantu Bulma mencari Dragon Ball untuk menghidupkan orang2 yg dibunuh Bezita di turnamen Tenka'ichi Budōkai. Videl hampir saja mati ketika bertarung dengan anak buah Babidi bernama Spopovich.


Videl satu2nya orang yg yakin bahwa Gohan belum mati saat menghilang ketika bertarung melawan Buu gendut dan perasaannya itu terbukti benar, meski semuanya tidak tahu kalo Gohan selamat dan berada di dunia Kai. Pernikahan Gohan dan Videl dihadiri banyak kerabatnya dan lahirnya bayi perempuan bernama Pan. Setelah menikah dengan Gohan, Videl lebih feminin dan lebih fokus menjadi ibu rumah tangga. Videl sudah cinta mati kepada Gohan, bahkan ketika aktor terkenal yg bernama Barry Khan menggodanya, Videl malah menolaknya. Videl menjaga Gohan supaya lebih fokus dengan studinya supaya bisa meraih gelar profesor. Videl juga sibuk menjadi guru beladiri atau pemimpin di perguruan yg dimilikinya. 



Android 18

Nama Jepangnya adalah Jū Hachi-Gō dan nama aslinya adalah Lazuli. Awal kemunculannya adalah penjahat bersama saudara kembarnya yaitu Android 17 yg merupakan ciptaan Dr. Gero. Sebenarnya Android 18 dan 17 adalah manusia, namun Dr. Gero memodifikasi mereka menjadi manusia super yg sebagian didalam tubuhnya terdapat teknologi canggih. Kekuatan dari Android 18 ini bisa mengalahkan Super Saiyan dan ini yg membuat Bezita terheran2, namun beruntung Android 18 tidak membunuh Bezita saat itu. Di versi Trunks masa depan, Android 17 dan 18 sangat kejam dan mereka berdua yg membunuh hampir semua teman2 Goku termasuk Bezita hingga yg tersisa hanya Bulma, Trunks dan Gohan.


Bulma merancang tombol bom yg siap untuk diledakkan jika Android 18 nanti mau dimakan Cell, karena Cell harus memakan Android 18 supaya bisa meningkat kekuatannya. Bulma menyerahkan tombol bom kepada Krillin, namun Krillin tidak mau melakukannya dan memohon kepada Shenron untuk menghilangkan bom yg ada di tubuh Android 18. Melihat kebaikan Krillin, Android 18 menjadi suka dan mereka akhirnya menikah hingga dikaruniai seorang putri bernama Marron. Sifat Android 18 bisa dikatakan agak kaku dan orientasinya hanya kepada uang saja. Itu dibuktikan ketika dia mengalah kepada Mr. Satan di final turnamen Tenka'ichi Budōkai yg tidak dihadiri oleh Goku, Bezita, Gohan, Piccolo, Krillin dll.



Lunch

Dia dipanggil Ranchi ini mempunyai 2 kepribadian ketika bersin. Ranchi saat berambut biru ini adalah pelayan bar yg sangat lembut, ramah, sopan dan pekerja keras, tapi ketika bersin rambutnya berubah menjadi kuning dan menjadi ganas, beringas, pemarah, penjahat yg sempat menjadi buronan. Ranchi ini ditemukan Goku dan Krillin saat masih kecil ketika dikepung oleh beberapa polisi. Goku dan Krillin menolongnya, lalu Krillin mengajak Ranchi menjadi pembantunya Kame Sen'nin. Awalnya Kame Sen'nin menyukai kepribadian lembut Ranchi, namun ketika bersin malah berubah menjadi menakutkan karena Ranchi suka menembakkan pistol kepada mereka. Meskipun Ranchi terlihat ganas dan tomboy, namun dia malah menyukai sosok Tien Shinhan yg dianggapnya pria jantan, tapi Tien Shinhan tidak meresponnya. Ranchi sebentar saja tinggal di rumah Kamehouse dan dia memilih berkelana lagi setelah Goku menang melawan Piccolo. Ranchi yg berambut biru membuat Kame Sen'nin betah di rumah karena ingin melihat bagian tubuhnya yg seksi dengan berbagai kesempatan yg dia lakukan.



Dende

Saat anak buah Frieza ingin menghabisi bangsa Namek, Dende yg masih kecil diselamatkan oleh Krillin dan Gohan. Dende mempunyai kekuatan yg istimewa yaitu bisa menyembuhkan siapapun yg terluka parah. Dende bukan ras petarung dari bangsa Namek dan bukan seperti Piccolo, namun Dende mempunyai sifat yg baik dan polos hingga akhirnya ditunjuk menjadi pengganti Dewa Kami. Dende pernah dibunuh oleh Frieza, namun Dewa Kami menyuruh Mr.Popo membangkitkan Dragon Ball dan membuat permintaan menghidupkan bangsa Namek yg dibunuh Frieza dan itu termasuk Dende. Dende bisa berbahasa Namek kuno yg dimengerti oleh Naga yg bernama Shenron untuk mengabulkan permintaan apapun.


Permintaan Dende dikabulkan oleh Naga Shenron saat ingin memindahkan semua makhluk hidup yg ada di planet Namek ke bumi karena planet Namek akan hancur akibat pertarungan Goku melawan Frieza. Saat melawan iblis Buu, Mr. Popo menyelamatkan Dende yg bertemu dengan Mr. Satan ketika semua makhluk di bumi di bunuh Majin Buu. Berkat ide Bezita dan Dende akhirnya Majin Buu bisa dikalahkan dengan bantuan Dragon Ball. Pemimpin dari bangsa Namek yaitu Moori sudah menunggu Dende untuk melakukan permintaan kepada Shenron menghidupkan kembali bumi dan seluruh isinya. Dende mewarisi kekuatan Dewa Kami yaitu sebagai pencipta Dragon Ball di bumi. Dende dan Mr.Popo selalu mengawasi semua kejadian yg ada di bumi dari kuilnya.



Yajirobe

Seorang pesamurai gemuk yg tinggal di hutan dan sempat bertarung dengan Goku untuk merebut bola naga yg dikalungkannya. Namun akhirnya mereka menjadi sahabat dan Yajirobe membantu Goku mengalahkan Shinbaru dan Tanbarin yg pernah membunuh Krillin dan juga salah satu anaknya iblis Piccolo. Yajirobe sering membantu Goku jika dalam kesulitan, seperti saat melawan Tien Shinhan di final turnamen Tenka'ichi Budōkai Goku sudah pingsan jatuh dari langit dan di tolong Yajirobe. Saat melawan iblis Piccolo, Yajirobe membantu Goku untuk menaiki tower Karin supaya Goku bisa menuju tempatnya Dewa Kami. Di tower Karin, Yajirobe memutuskan tinggal disana menemani Karin yg sendirian dan ikut juga menjaga kacang ajaib. Ketika melawan Bezita yg masih jahat saat itu, Yajirobe menyabet punggung Bezita yg udah terluka parah dengan samurainya. Yajirobe termasuk rakus kalo masalah makanan dan perannya hanya sampe melawan Bezita dan seterusnya hanya muncul sebentar sebagai pelengkap aja.



Oolong

Inilah teman pertama dari perjalanan Goku dan Bulma dalam mencari Dragon Ball. Karakter Oolong ini diambil dari sosok di kisah Perjalanan ke Barat mengambil kitab suci yaitu Cu Pat Kai. Sifatnya pun sama yaitu menyukai wanita cantik, tapi kalo Oolong menyukai celana dalam wanita. Oolong ini ternyata teman sekelas dari Puar yg sama2 berguru di Nanbu Henshin Youchien. Di tempat perguruan tsb, Oolong dikeluarkan karena tidak bisa menahan hasratnya jika bertemu dengan wanita cantik. Namun disana, Oolong mempelajari salah satu jurus yaitu menyerupai apapun yg diinginkannya bahkan juga bisa menjadi raksasa. Makanya Oolong suka menakut2i salah satu desa bernama Aru dan menculik banyak anak gadis disana untuk dipeliharanya. Namun Goku dan Bulma berhasil membuat Oolong ketakutan dan akhirnya Oolong lama-kelamaan memutuskan menjadi temannya. Oolong ditunjuk oleh Dewa Beerus untuk adu suit dan akhirnya kalah. Sun Go Kong dan Cu Pat Kai dikisahkan sebagai teman akrab yg sama2 menumpas musuh, namun disini kekuatan Oolong sangat jauh berbeda dengan Goku. Makanya Oolong hanya sebagai pelengkap aja dan berteman akrab dengan Kame Sen'nin yg sama2 pecinta cewek seksi.



Puar

Karakter Puar ini sebenarnya udah ada di serial Dragon Boy yg bernama Pingyao yaitu seekor kucing. Puar termasuk salah satu murid yg cukup bagus di Nanbu Henshin Youchien dan dia tahu banget sifat Oolong yg sepergeruan dengannya. Puar bisa dikatakan hewan peliharaannya Yamcha karena Puar rela melakukan apapun demi Yamcha yg sangat diidolakan. Kekuatan Puar sama seperti Oolong yaitu bisa berubah menjadi apapun dan juga meniru bentuk apapun yg diinginkannya. Bahkan Puar pernah berubah menjadi gunting saat memotong ekor Goku yg saat itu menjadi Kingkong. Puar selalu menenangkan Yamcha jika ada sesuatu yg membahayakannya dan Puar juga sering memuji serta menghibur Yamcha jika sedang bersedih atau marah. Kemanapun Yamcha berada, Puar akan selalu setia mengikutinya. Bahkan Puar pingsan ketika melihat Yamcha dibunuh oleh salah satu anak buah Bezita yg saat itu menjadi jahat. Puar dan Oolong bisa dikatakan pelengkap disini, namun Puar lebih baik dibandingkan Oolong.



Chiaotzu

Nama Jepangnya adalah Chaozu dan dia adalah sahabat sejatinya Tien Shinhan karena satu perguruan. Sosok Chiaotzu ini mirip seperti boneka anak2 dan gurunya adalah Tsurusen'nin yg merupakan musuh bebuyutan Kame Sen'nin. Chiaotzu mempunyai banyak kekuatan yaitu Dodon Ray dan Telekenesis yg bisa menggerakkan tubuh lawannya untuk bisa mengalahkannya. Dan kekuatan Telekenesis itu digunakan Chiaotzu untuk membantu Tien Shinhan mengalahkan Goku di final turnamen Tenka'ichi Budōkai dan Tien Shinhan justru menegur Chiaotzu karena dia tidak mau bertarung dengan curang. Gurunya yaitu Tsurusen'nin menyuruh Chiaotzu membunuh Tien Shinhan karena membangkang, namun Chiaotzu tidak tega dan tidak bisa melakukannya hingga sampe menangis. Chiaotzu dengan berani mau menggagalkan keinginan iblis Piccolo saat melakukan permintaan ke naga Shenron, tapi iblis Piccolo akhirnya membunuh Chiaotzu. Begitu juga saat melawan anak buah Bezita yaitu Nappa yg juga seorang Saiyan, Chiaotzu rela mengorbankan dirinya menyelamatkan Tien Shinhan yg terluka dikalahkan Nappa. Chiaotzu meledakkan dirinya bersama Nappa dan Chiaotzu pernah dikalahkan Krillin di Tenka'ichi Budōkai.



Ox King

Nama Jepangnya adalah Gyūmaō yg ternyata muridnya Master Roshi. Gyūmaō ini tubuhnya besar seperti raksasa yg tinggal di gunung api dan kastilnya selalu dikelilingi oleh api, makanya orang2 disekitar menjulukinya "The Emperor of Demons". Tujuan Bulma dan Goku yaitu mencari Dragon Ball terhalang akibat kobaran api yg dahsyat, lalu Bulma dan Goku mengatakan kepada Gyūmaō bahwa mereka bukan orang jahat. Karena Gyūmaō benci dengan makhluk yg jahat dan akan memakannya. Lalu Gyūmaō menyuruh Goku mencari putrinya Chi-chi yg kesasar dan belum kembali ke rumahnya. Dan disinilah awal mula pertemuan Goku dan Chi-chi yg akhirnya menikah. Goku dan Chi-chi melanjutkan perjalanannya ke pulau Kamehouse untuk meminta kipas Bansho milik guru Kame Sen'nin untuk memadamkan api di kastilnya. Ternyata semua itu sia2 dan kipas itu tidak berhasil memadamkannya, lalu Kame Sen'nin mengambil inisiatif yaitu mengeluarkan jurus andalannya yaitu Kamehameha untuk memadamkan api tsb. Akhirnya berhasil dan disinilah awal Goku tertarik mempelajari jurus Kamehameha. Setelah itu, Kame Sen'nin menasehati Gyūmaō supaya tidak menyakiti siapapun dan Gyūmaō menyanggupinya.



Mr. Popo

Dia adalah asisten Dewa Kami dalam menjaga kedamaian bumi yg tinggal di kuil dewa (The Lookout). Mr.Popo mempunyai kekuatan yg lumayan kuat dan itu ditunjukkan ketika melatih Goku saat masih kecil. Saat Dewa Kami bersatu dengan Piccolo, Mr.Popo sangat sedih dan menangis, lalu dia membantu Bulma menemukan pesawat yg membawa Dewa Kami ke bumi. Mr.Popo membantu Bulma menemukan pesawatnya dan menjalankan pesawatnya supaya Bulma bisa terbang ke planet Namek yg merupakan tempat kelahiran Dewa Kami. Mr.Popo mengatakan bahwa harus ada yg menjadi pengganti Dewa Kami supaya Dragon Ball di bumi tetap hidup. Mr.Popo yg melatih Goku dengan sangat keras supaya Goku bisa mengalahkan Piccolo di turnamen Tenka'ichi Budōkai dari Goku kecil sampe dewasa. Mr.Popo mempunyai karpet terbang mirip seperti Aladdin. Sosok Mr.Popo yg badannya berwarna hitam dan terlihat flat itu belum diketahui asalnya dan dia ternyata sudah berusia 1000 thn. Mr.Popo mempunyai firasat bagus ketika menyelamatkan Dende saat Majin Buu membunuh semua makhluk di bumi. Mr.Popo juga ditugaskan menjaga ruang waktu di kuil dewa untuk latihannya Goku, Bezita dll.



Karin

Seekor kucing sakti dengan membawa tongkat yg ternyata sudah hidup selama 800 thn tinggal di tower yg terhubung dengan kuilnya Dewa Kami. Karin ini mempunyai banyak jurus beladiri dan ternyata dia adalah salah satu gurunya Kame Sen'nin yg dipanggil dengan Master Roshi. Makanya Master Roshi kaget ketika mendengar bahwa Goku dilatih oleh Karin dan Karin yg menolong Goku dalam membantas pasukan Red Ribbon dan Karin yg memberikan kacang ajaib untuk memulihkan tenaga Goku. Ketika Tao Pai Pai membunuh pemimpin suku Indian yg juga ayahnya Upa, Goku akhirnya mengalahkannya. Lalu Goku teringat kata2 ayahnya Upa bahwa diatas pilar yg tinggi ada tempat yg disana terdapat air suci dan yg dimaksud adalah Karin Tower. Yajirobe menolong Goku menaiki pilar tsb supaya bisa ke Karin Tower. Yajirobe pun merasa takut dengan banyaknya musuh yg kuat di bumi, makanya dia memilih tinggal bersama Karin supaya hidupnya aman. Meskipun agak takut, Yajirobe menolong Goku ketika melawan Bezita yg saat itu masih jahat.




Peramal Baba

Ketika radarnya Bulma tidak bisa mendeteksi bola naganya, Kame Sen'nin memberitahu Goku dkk tentang kuilnya Peramal Baba yg bisa mengetahui apa aja di bumi lewat bola kristal yg dia punya. Peramal Baba bisa membangkitkan sementara orang mati dalam waktu beberapa jam karena dia yg mampu bekerjasama dengan penjaga arwah orang mati yaitu Yemma Daio. Peramal Baba membangkitkan sementara Son Gohan supaya bisa melihat dan bertarung dengan Goku yg masih kecil. Peramal Baba menanyakan kabar Goku yg tewas dibunuh Raditz dan Goku harus menempuh jalan ular yg sangat panjang sampai menghabiskan waktu 158 hari, supaya sampai di planet Kaiō-sama dan bisa hidup kembali melawan Bezita yg akan datang ke bumi. Bola kristalnya dipakai melihat pertarungan melawan Cell. Peramal Baba yg menarik Goku saat melawan Buu karena Goku sebenarnya sudah mati saat melawan Cell dan diberi kesempatan hidup 24 jam aja. Jasa terbesar Peramal Baba yaitu mengantarkan Bezita yg udah mati untuk bergabung bersama Goku melawan Majin Buu yg semakin kuat. Peramal Baba juga mengantarkan Goku untuk mengambil Freiza yg mati supaya ikut turnamen Zeno yg menentukan nasib galaksi ini.



Kami

Gelar Dewa penjaga bumi yaitu Kami yg dijaga oleh Mr.Popo. Namun Kami yg selanjutnya yaitu dari bangsa Namek yg saat masih kecil dia tidak tahu tiba2 diturunkan ke bumi dengan pesawatnya sejak 300 thn yg lalu. Setelah dia menunggu lama supaya bisa mengetahui orang tuanya, akhirnya dia beralih ingin menjadi Dewa penjaga bumi. Awalnya Kami ditolak oleh Dewa penjaga bumi karena mempunyai sifat jahat, lalu dia berhasil mengeluarkan sifat jahatnya hingga menjadi kembar. Yang jahat itu akhirnya bernama iblis Piccolo yg tewas dibunuh Goku dan itu ayahnya Piccolo. Saat Garlic Jr. membalas dendam dengan berniat membunuh Dewa Kami dan Piccolo dengan menghancurkan kuil yg dijaga Mr.Popo, namun Gohan berhasil mengalahkan Garlic Jr. Dewa Kami yg menolong arwah Goku yg tewas dibunuh Raditz dan Dewa Kami memohon penjaga arwah yaitu Yemma Daio supaya Goku melewati jalan naga dan bisa hidup kembali. Saat melawan Android 17 & 18, Dewa Kami sudah merasakan bahwa dia harus bersatu dengan Piccolo supaya dia bertambah kuat. Mr. Popo sedih ditinggalkan Dewa Kami dan akhirnya Dende ditunjuk sebagai penggantinya. Dewa Kami satu2nya yg bisa menghidupkan Dragon Ball di bumi.



King Kai

Yang dipanggil dengan nama Kaiō ini tinggal di inti dunia yaitu di planet Kaiō yg berada di ujung jalan ular dan tidak dapat dijangkau makhluk biasa. Yemma Daio mengatakan kepada Dewa Kami dan Goku supaya pergi ke planet Kaio supaya kekuatannya bertambah dan bisa mengalahkan Bezita. Kaiō tinggal di planet tsb bersama seekor monyet bernama Bubbles dan belalang yg bernama Gregory. Disana Goku dilatih keras di planetnya Kaiō dengan gravitasi yg sangat berat dan Goku juga diajari jurus berpindah dengan cepat, Kaio-Ken dan Genki-Dama. Kaiō mengetahui apapun yg terjadi di bumi lewat inderanya dan Kaiō juga melatih Krillin, Yamcha, Tien Shinhan dan Chiaotzu ketika mereka mati. Kaiō mempunyai kekuatan bisa berbicara dengan semua makhluk di bumi itu dibuktikan ketika Goku minta tolong dihidupkan lewat Dragon Ball dengan berbicara lewat Kame Sen'nin. Dan yang sangat penting, Kaiō membantu Bezita berbicara dengan semua orang di bumi untuk menyerahkan tenaganya supaya bisa mengalahkan Majin Buu. Kaiō ini salah satu Dewa yg kekuatannya rendah dibandingkan Dewa lainnya karena bukan petarung, namun dia mempunyai selera humor yg sangat tinggi.



Supreme Kai

Dipanggil dengan nama Kaiōshin atau Shin ini tujuannya datang ke bumi untuk menghalangi penyihir jahat yaitu Babidi menghidupkan Majin Buu. Kaiōshin rela mengikuti turnamen Tenka'ichi Budōkai untuk menghadapi anak buah Babidi dan itu terjadi ketika melawan Gohan. Kaiōshin merasa paling hebat dalam bertarung, namun dia kaget bahwa Goku, Bezita dan Gohan dengan mudah mengalahkan anak buah Babidi. Kaiōshin yg diselamatkan oleh pembantunya yg bernama Kibito akhirnya menolong Gohan yg terluka parah terkena serangan Buu gendut dan membawanya ke dunia Kai untuk bisa membangkitkan kekuatan dengan balas dendam melawan Majin Buu. Kaiōshin pernah menyatu dengan Kibito saat sama2 memakai anting2 Potara yg akhirnya bisa terpisah lewat permintaan naga Shenron. Kaiōshin mempunyai kemampuan yaitu berpindah ke alam lain dengan cepat lewat teleportasinya. Kaiōshin menjadi satu2nya Dewa Kai yg selamat ketika Majin Buu membunuh beberapa Dewa Kai lainnya, makanya dia cemas ketika Babidi hendak membangkitkan Majin Buu. Jika Dewa Kai lenyap semuanya, otomatis Dewa Beerus pun ikutan lenyap. Kaiōshin sangat cemas ketika diadakan turnamen Zeno yg menentukan nasib alam semesta.



Old Kai

Dia dipanggil dengan nama Rō Kaiōshin yg merupakan salah satu Dewa Kai, namun keisengan seorang peramal tua memakai cincin Potara hingga akhirnya mereka menyatu selamanya. Dulu Rō Kaiōshin dikurung di pedang sakti yg sudah lama menancap di dunia Kai, ketika Gohan menggunakan pedang itu ternyata bisa patah dan akhirnya keluarlah Rō Kaiōshin. Rō Kaiōshin ini mempunyai kemampuan membangkitkan kekuatan tersembunyi siapapun dan itu ditunjukkan kepada Gohan. Rō Kaiōshin ini disegani oleh semua Dewa Kai dan dia tahu tentang semua yg terjadi di alam semesta. Sifat buruk Rō Kaiōshin mirip dengan Kame Sen'nin yaitu suka melihat cewek seksi. Rō Kaiōshin yg memberitahu keistimewaan anting2 Potara saat melawan Super Majin Buu supaya Goku bisa bergabung dengan Bezita menjadi Vegito yg sangat kuat. Rō Kaiōshin rela memberikan nyawanya kepada Goku saat melawan Super Majin Buu. Rō Kaiōshin juga mempunyai kemampuan menyembuhkan siapapun hingga menjadi lebih kuat dan dia punya bola kristal yg bisa melihat apa saja. Rō Kaiōshin marah ketika Kaiōshin tidak tahu bahwa Dewa tertinggi di alam semesta yaitu Zeno datang di hadapannya.



Kibito

Asisten dari Kaiōshin ini awalnya sangat sombong ketika mengikuti turnamen Tenka'ichi Budōkai bersama Kaiōshin. Malah Kibito terbunuh saat bertemu dengan Raja iblis bernama Dabura. Kibito akhirnya dihidupkan oleh Dragon Ball dan dia segera menyembuhkan Kaiōshin yg juga membawa Gohan ke dunia Kai. Awalnya Kibito meremehkan Gohan, namun ketika Gohan bisa menarik pedang sakti akhirnya Kibito menjadi kaget luar biasa karena dia tidak mampu mengangkat pedang tsb. Lewat percobaan anting2 Potara, Kibito bisa bersatu dengan Kaiōshin menjadi Kibito Kai namun itu tidak menambah kekuatan apapun dan nantinya dengan mudah dikalahkan Majin Buu. Kibito mempunyai kekuatan yg istimewa yaitu dapat menyembuhkan siapapun yg terluka parah dengan cepat dan itu tidak bisa dilakukan oleh Kaiōshin, namun Kibito tidak bisa pindah tempat dengan cepat seperti Kaiōshin.



Android 17

Dia seorang manusia yg lahir kembar yaitu dengan Android 18, lalu Android 17 dipanggil Jū Nana-Gō dan nama aslinya adalah Lapis. Dr.Gero yg membuat si kembar tsb menjadi Android 17 dan 18 untuk membalaskan dendam kepada Goku yg menghancurkan Red Ribbon. Android 17 terlalu sombong dan meremehkan teman2 Goku, apalagi ketika Bezita dikalahkan Android 18. Piccolo yg awalnya kalah lalu tubuhnya bersatu dengan Dewa Kami hingga kekuatannya bertambah menjadi sangat besar dan bisa mengalahkan Android 17. Cell dari belakang menghisap Android 17 hingga akhirnya berubah menjadi kuat. Namun Cell memuntahkan Android 17 dan 18 ketika dikalahkan oleh Gohan. Setelah Cell kalah, Android 17 hidup sendirian tanpa kembarannya.


Android 17 yg membunuh Dr.Gero karena suka memerintah seenaknya. Saat Goku melawan Majin Buu, Android 17 berkelana dan dia membantu Goku mendapatkan tenaga dari orang2 di sekitarnya. Android 17 merahasiakan pernikahan dan keluarganya, dia juga melindungi Minotaurus yg diburu banyak orang. Android 17 yg dulunya jahat akhirnya berubah menjadi baik hingga memutuskan melindungi hewan2 yg punah karena ulah para pemburu. Android 17 mempunyai taktik yg cemerlang dalam menghadapi musuh2nya. Ternyata keistimewaan Android 17 & 18 yaitu tidak bisa lelah, beda dengan petarung lainnya. Android 17 memenangkan turnamen Zeno yg menentukan nasib antar galaksi dan dia meminta semua galaksi yg dimusnahkan dihidupkan lagi.



Majin Buu

Diciptakan oleh Bibidi untuk membunuh semua anggota Kai di planetnya dan awalnya Majin Buu bentuknya yg kecil. Tubuh Majin Buu berubah ketika dia menghisap beberapa Kai dan yg paling utama menghisap Dai Kaiōshin yg badannya gendut, hingga akhirnya tubuh Majin Buu berubah menjadi gendut. Buu gendut ini sifatnya kekanak2an dan mempunyai sifat yg agak baik karena bawaan dari Dai Kaiōshin, namun tetap mempunyai sifat jahat. Makanya itu, Buu gendut tidak mau patuh dengan perintah Bibidi hingga akhirnya menyegel Buu gendut ke dalam bola ajaib. Ternyata ada 1 Kai yg masih hidup dibiarkan oleh Buu gendut dan juga Bibidi yaitu Kaiōshin. Majin Buu mempunyai kekuatan jahat yg sangat luar biasa, makanya Frieza takut kepadanya.


Namun anaknya Bibidi yaitu Babidi berhasil membuka segelnya hingga keluarlah Buu gendut. Namun Babidi dibunuh oleh Buu gendut karena sering dihina dan tak sengaja Buu gendut membantu orang buta dan juga seekor anjing. Kebaikan itu membuat sisi jahat Buu memisah dan terciptalah Majin Buu yg asli jahat. Buu gendut dimakan Majin Buu dan semua orang kuat dihisap olehnya, tapi tetap tidak bisa mengalahkan Vegito. Majin Buu kembali ke bentuk aslinya yg kecil dan mengeluarkan Buu gendut dari mulutnya. Buu gendut akhirnya menolong Goku dan Bezita mengalahkan Majin Buu. Akhirnya Buu gendut berteman dengan Mr.Satan, namun kekuatan Buu gendut bisa dikalahkan oleh Beerus. Buu gendut sudah tidak punya sifat jahat seperti Majin Buu.



Android 16

Dia ternyata anaknya Dr.Gero yg juga seorang prajurit Red Ribbon yg mempunyai pangkat tinggi namun hampir mati karena ditembak lawannya dan nama aslinya adalah Gevo. Lalu Dr.Gero memodifikasi tubuh Gevo dengan peralatan super canggih di tubuhnya hingga akhirnya menjadi android yg kuat dengan badannya yg perkasa. Dr.Gero menganggap Andoid 16 sebagai rancangan miliknya yg gagal, makanya sering dibilang "prototipe". Dibilang gagal karena sifat Android 16 yg baik yaitu menyukai kedamaian dan alam dan itu berbeda dengan Android 17 & 18 yg masih mempunyai sifat kejam. Makanya Dr.Gero menaruh bom di dalam tubuh Android 16 supaya tidak membangkang, namun ketika melawan Cell malah dihilangkan bomnya oleh ayahnya Bulma yaitu Dr. Brief. Android 16 dirancang untuk membunuh Goku sebagai bentuk balas dendam karena Goku menghancurkan Red Ribbon. Ketika kepala Android 16 dihancurkan oleh Cell, disinilah lahir kekuatan dahsyat dari Gohan menjadi Super Saiyan 2 hingga akhirnya bisa mengalahkan Cell. 



Dr. Brief

Seorang profesor lulusan dari departemen Science and Engineering di West City College jurusan fisika. Kesuksesannya menciptakan teknologi canggih membuatnya mendirikan perusahaan di bidang teknologi yg dia namakan Capsule Corporation. Salah satu teknologinya tsb adalah menciptakan rumah yg disimpan ke dalam kapsul dan juga menciptakan robot serta radar pencari Dragon Ball. Dr. Brief menikah dengan seorang perempuan yg lugu yg bernama Bikini hingga akhirnya mempunyai 2 putri yaitu Taitsu dan Bulma. Saat menemukan pesawatnya Dewa Kami yg berasal dari bangsa Namek, Dr. Brief memperbaiki dan memodifikasi pesawat tsb supaya Krillin dan Gohan bisa mengumpulkan Dragon Ball. Saat Goku melakukan perjalanan ke planet Namek, Dr. Brief membuat pesawat yg juga terdapat ruang latihan kepada Goku melawan gravitasi 100x lipat. Disinilah Goku menjadi lebih kuat dari sebelumnya dan Bezita ingin melakukannya juga dengan 300x lipat. Dr. Brief ternyata tidak kenal dengan Dr.Gero, namun dia bisa mengeluarkan bom besar yg ada di tubuh Android 16. Dr. Brief juga membuat kebun binatang di rumahnya dari binatang yg unik sampe yg akan punah.



Dr. Gero

Seorang ilmuwan yg menjadi kepala sekaligus pendiri dari kelompok penjahat yg bernama Red Ribbon. Ada banyak ciptaan Android dari Dr.Gero yg bisa dikatakan gagal karena tidak jahat yaitu Android 8 dan 16. Android 8 yg mirip  Frankenstein ini malah membantu Goku kecil dalam mengalahkan pasukan Red Ribbon. Kehancuran Red Ribbon ini membuat Dr.Gero marah besar hingga akhirnya dia dendam kepada Goku dengan mengambil darah para petarung kuat yg nantinya akan diciptakan makhluk yg sangat kuat supaya bisa menguasai dunia yaitu Cell. Makanya Cell mempunyai banyak kemampuan dalam bertarung, lalu Android 17 & 18 sengaja dibuat sebagai pembantu Cell. Namun justru semua itu berbalik, Android 17 malah membunuh Dr.Gero dan Cell harus bertarung melawan Android 16, 17 & 18. Sebelumnya, Dr.Gero mengirimkan robotnya menjadi mata2 melihat pertarungan Goku melawan musuh2nya yg kuat, lalu diambil darah mereka. Dr.Gero mempunyai cucu bernama Dr.Hedo yg juga jenius menciptakan teknologi canggih tapi hatinya tidak jahat.  



Emperor Pilaf 

Dipanggil Pirafu ini musuh utama Goku di serial pertama Dragon Ball karena sama2 ingin mencari Dragon Ball supaya meminta permohonan kepada Shenron untuk menguasai dunia. Pilaf yg tubuhnya kecil seperti Garlic ini mempunyai 2 anak buah yg disuruh mencari Dragon Ball yaitu Mai dan Shu (anjing ninja). Pilaf membuat beberapa teknologi canggih untuk mencari Dragon Ball dan dia kesulitan ketika bertemu dengan Bulma dan Goku saat masih kecil. Namun kejahatan yg dilakukan Pilaf tidak menakutkan bagi Goku, makanya Pilaf selalu gagal dalam mencari Dragon Ball. Pilaf membantu iblis Piccolo dalam mencari Dragon Ball supaya bisa berbagi kekuasaan, tapi malah iblis Piccolo mengusir Pilaf beserta anak buahnya. Pilaf pernah berhasil mengumpulkan Dragon Ball dan meminta permohonan supaya dia bersama Mai dan Shu menjadi muda, malah Shenron membuat mereka menjadi bayi saat datangnya Android. Pilaf, Mai dan Shu membantu anak buah Frieza mengumpulkan Dragon Ball untuk menghidupkan Frieza. Saat datangnya Dewa Beerus, Pilaf, Mai dan Shu berjanji menjadi pelayannya Bulma. Keinginan Pilaf menjadi penguasa bumi masih kuat, makanya tetap mencari Dragon Ball.



Frieza

Nama aslinya Freeza merupakan keturunan Chilled yaitu perompak luar angkasa dan ayahnya bernama King Cold. Dialah musuh abadi Goku dan juga bangsa Saiyan, karena Frieza pernah menjajah & menyiksa bangsa Saiyan. Frieza yg menghancurkan planet Vegeta hingga dulu sempat dikatakan bangsa Saiyan udah musnah. Frieza menyuruh anak buahnya mengumpulkan Dragon Ball supaya bisa hidup abadi dan rencana itu dihadang oleh Bezita, Goku dkk. Bezita pernah menjadi anak buah Frieza meski akhirnya dia memberontak. Frieza sampe membunuh orang2 Namek demi mendapatkan Dragon Ball, begitu juga teman2 Goku dibunuhnya, namun Goku mengalahkannya dengan Super Saiyan. Frieza datang ke bumi untuk balas dendam malah dibunuh Trunks dari masa depan.


Sifat jahat Frieza tidak bisa hilang meski dia mati, namun Goku tidak dendam kepadanya justru Bezita yg dendam. Frieza dihidupkan lagi oleh anak buahnya dan lagi2 dia dikalahkan oleh Goku serta Bezita dengan Super Saiyan Blue, meski Frieza udah meningkatkan kekuatannya menjadi Golden Frieza. Frieza udah muak digantung di neraka, makanya dia menerima Goku menjadi partner di turnamen Zeno yg mempertaruhkan nasib antar galaksi. Goku memilih Frieza sebagai pengganti Buu yg tidak bisa bangun. Selain jahat, Frieza juga mempunyai sifat yg licik dan kejam dan itu dilakukannya di turnamen Zeno dengan mengalahkan musuh2nya, meski dia terpaksa bekerjasama dengan Goku dkk. Frieza menemukan Broly lewat anak buahnya dan sengaja mengadu-domba melawan Goku & Bezita.



Cell

Dr.Gero menciptakan makhluk terkuat terkuat di dunia dengan mengambil DNA (darah) dari Goku, Bezita, Piccolo dan Frieza saat mereka bertarung. Dr.Gero menciptakan robot kecil seperti serangga untuk mengambil darah mereka yg berceceran. Lalu sample darah tsb dimasukkan ke dalam tabung dengan menciptakan makhluk yg wujudnya mirip seperti kecoa. Sifat jahat Cell berasal dari DNA-nya Frieza, Cell dari masa depan dengan taktiknya mencuri pesawat mesin waktu milik Trunks dengan menjadi telur. Dewa Kami tahu kedatangan Cell dari masa depan, karena sebenarnya Cell dari masa kini udah dihancurkan saat itu sebelum sempurna. Cell dari masa depan mengacaukan prediksi Trunks dan dia menyerap serta membunuh banyak orang.

Cell bisa meniru jurus2nya Goku, Bezita, Piccolo dan juga Frieza dengan melakukan 3x transformasi. Cell menjadi sempurna dengan perubahannya yg ke 3 dengan menyerap Android 17 & 18 hingga dia dengan mudah membunuh Android 16. Cell dengan sombong membuat tiruan turnamen Tenka'ichi Budōkai untuk menunggu lawan yg kuat. Tewasnya Android 16 inilah membuat kemarahan Gohan memuncak mengalahkan Cell dengan kekuatan Super Saiyan 2. Cell mempunyai senjata khusus ketika transformasi ke 2 yaitu meledakkan dirinya sendiri yg kekuatannya seperti bom atom. Selama otaknya belum dihancurkan, tubuh Cell bisa kembali seperti semula. Cucu Dr.Gero yaitu Dr. Hedo menciptakan Cell Max berbentuk raksasa yg lagi2 dikalahkan oleh Gohan yg berubah menjadi Beast.



Whis

Dia bisa dikatakan malaikat atau pendamping Dewa Beerus, bahkan dia yg mengajari Beerus dalam bertarung dan menguasai ilmu2nya sebagai Dewa Penghancur di alam semesta ini. Whis mengetahui segala kemampuan lawannya dan gerakannya secepat kilat hingga lawan tidak bisa memukulnya. Untuk kelaminnya sepertinya agak rahasia, walaupun banyak yg mengatakan dia laki2. Whis juga menjadi penasehat Beerus dalam mengambil keputusan, meski Beerus pernah melawan nasehatnya. Whis tidak pernah melawan perintah Beerus karena dia tetap setia dengan profesinya sebagai pelayan sekaligus penjaganya Beerus. Itu terbukti Whis setia menjaga Beerus yg pernah tidur hingga sampai 1000 thn. Whis merupakan anak dari Daishinkan.

Ketika Whis datang ke bumi bersama Beerus dan bertemu dengan Goku dkk, Whis dan Beerus ternyata sangat menyukai makanan di bumi. Beerus rela menghancurkan planet jika makanan yg dihidangkan tidak enak. Makanya ketika Bulma menyediakan makanan yg enak, Beerus dan Whis tidak bisa menahannya karena belum pernah makan seenak itu. Whis dengan senang hati mau melatih Goku dan Bezita karena makanan enak dari Bulma. Whis sadar akan kemampuan Goku dan Bezita hingga diajari supaya bisa mencapai Super Saiyan Blue. Banyak kekuatan yg dimiliki Whis yaitu bisa mengembalikan waktu dalam beberapa detik dan tongkat ajaibnya bisa melihat apapun serta membuat apapun sesuai keinginannya dsb. 



Beerus

Dia adalah Dewa Penghancur yg menakutkan dengan sosoknya seperti kucing ala Mesir. Beerus tidak jahat, namun dia cukup sombong dan seenaknya sendiri menghancurkan planet atau apapun yg dia suka. Dia paling kuat di alam semesta, terbukti Buu dengan mudah dikalahkan dan Frieza sangat ketakutan melihat Beerus, begitu juga Shenron yg takut juga. Raja Vegeta pun takut kepada Beerus, makanya beruntung ketika Beerus tidur hingga sampe 39 thn. Ketika Beerus bangun, dia mencari sosok petarung yg sekuat dia yg disebut Super Saiyan God. Beerus dengan mudah mengalahkan Goku, Bezita, Piccolo dkk hingga akhirnya terjadi pertarungan yg dahsyat melawan Goku. Beerus mengampuni Goku dkk karena sudah dihidangkan makanan lezat.

Beerus mempunyai kekuatan yg bisa menghancurkan apapun yg ada di alam semesta ini dan pergerakannya pun secepat kilat. Beerus mempunyai planet sendiri yg dihuni oleh dia bersama Whis dan Yogen-gyo (ikan Oracle) karena bersin Beerus bisa menghancurkan planet. Beerus tidak suka diatur, namun ketika bertemu dengan Dewa tertinggi bernama Zeno, Beerus sangat takut dan tunduk kepada perintah Zeno dan juga Daishinkan. Namun Beerus bisa lenyap atau mati jika semua Kaiōshin yg ada di alam semesta ini mati semuanya, karena nyawa Beerus dan Kaiōshin merupakan satu-kesatuan. Hampir semua pertarung terkuat bisa dikalahkan oleh Beerus. Ternyata Beerus punya perasaan cinta juga dan itu terlihat ketika bertemu dengan Cheelai.

0 comments: