PERBEDAAN itu INDAH ( Sejarah Manusia )



Jika kita membahas manusia pertama di dunia, maka kita harus pisahkan antara ilmu pengetahuan dan agama. Kalau dari agama ada beberapa versi dan semua kebenarannya masih diperdebatkan. Seperti agama2 Abrahamik/Samawi yaitu Yahudi, Katolik/Kristen dan Islam yg mempercayai bahwa manusia pertama di dunia ini adalah Adam yg akhirnya diberi pasangan oleh Allah dan dinamai Hawa dengan memiliki 3 putra yaitu Kain, Habel dan Set. Namun menurut agama Hindu, Dewa Brahma membuat manusia pertama kali dinamakan Swayambu Manu dan diberikan pasangan yg dinamakan Satarupa dengan memiliki 2 putra dan 3 putri yaitu Priyabrata dan Utanapada serta Akuti, Dewahuti, dan Prasuti. Agama Buddha malah lebih beda lagi dan tidak dijelaskan manusia pertama di dunia dan malah dikatakan ada banyak manusia yg pertama kali di bumi. 

Dalam agama Konghucu manusia pertama yaitu sepasang bernama Fuxi dan Nuwa yg tinggal di gunung Kunlun. Menurut mitologi Yunani, manusia pertama bernama Pandora yg menikah dengan Epimetheus. Menurut mitologi Nordik, manusia pertama yaitu sepasang yg bernama Askr dan Embla. Menurut mitologi Maori, manusia pertama bernama Tiki dan Marikoriko, lalu menurut kepercayaan Zoroastrianisme manusia pertama yaitu sepasang yg bernama Mashya dan Mashyana. Banyak versi mengenai manusia pertama dan darisinilah sudah banyak perbedaan dan untuk mengenai kebenarannya kita tidak bisa membuktikan semua. Kalau di agama2 besar, kita seperti dipaksa untuk percaya 100% dan tidak boleh dibantah, itulah doktrin & dogma dari agama2 besar. Sebenarnya masih banyak lagi kisah manusia pertama di bumi dari semua versi di dunia ini.

Namun jika dilihat dari ilmu pengetahuan, maka kita buang dulu ajaran agama karena sangat bertentangan. Karena Kitab Suci yg ditulis di berbagai agama itu ditulis oleh manusia biasa, makanya pengetahuan mereka hanya sebatas yg penulis tahu aja. Beda kalau kitab suci ditulis langsung oleh Tuhan (Allah/Dewa) dari surga turun ke bumi tanpa ada perantara manusia dan itu tidak ada di agama apapun. Menurut teori Darwin, manusia itu nenek moyangnya itu sama dengan kera/monyet, namun banyak yg salah mengartikan dengan mengatakan manusia itu berasal dari kera/monyet. Teori itu dilihat dari kera/monyet yg bisa berjalan dengan 2 kaki serta mempunyai kecerdasan dibandingkan binatang lainnya. Menurut ilmu pengetahuan, ditemukan tengkorak manusia yg diperkirakan berusia jutaan thn yg diberi nama AL 288-1 (Lucy/Dinkinesh) dari jaman Australopithecus Afarensis sekitar 3,9 - 2,9 juta thn yg lalu. 

Seorang Paleontropologi asal USA bernama Donald Johanson berhasil menemukan tengkorak wanita yg tingginya diperkirakan 100cm yg dinamakan AL 288-1 (Lucy/Dinkinesh) di Hadar-Ethiopia di thn 1974. Fosil LD 350-1 yg berbentung rahang gigi manusia ini ditemukan di Afar-Ethiopia yg diperkirakan berusia 2,8 – 2,75 juta thn yg lalu. Tengkorak manusia di jaman Homo habilis ditemukan di Tanzania yg diperkirakan berusia 2,5 - 1,8 juta thn yg lalu. Tengkorak manusia di jaman homo-erektus diperkirakan berusia sekitar 2 juta thn yg lalu ini ditemukan oleh pakar anatomi asal Belanda yaitu Eugene Dubois di pulau Jawa (Indonesia) yg dia namakan Pithecanthropus Erectus di thn 1891. Tengkorak manusia di jaman Homo Ergaster yg dinamakan KNM-ER 3733 ini diperkirakan berusia 1,9 - 1,4 juta thn yg lalu oleh penemu fosil asal Kenya bernama Bernard Ngeneo di thn 1975. 

Lalu disinilah mulai terlihat bentuk tengkorak manusia, tapi masih dikatakan manusia purba yg dinamakan Homo Rhodesian diperkirakan berusia 300 ribu sampai 125 ribu thn yg lalu yg ditemukan di thn 1921. Ada juga Homo Floresiensis yg tengkoraknya ditemukan di Liang Bua-Flores (Indonesia) yg diperkirakan berusia 50 ribu thn yg lalu. Menurut para sejarahwan dunia, awal dari manusia modern itu berasal dari pulau Afrika yg menyebar ke seluruh dunia diperkirakan sekitar 194.000–177.000 thn yg lalu. Orang2 Afrika datang diperkirakan 65 ribu thn yg lalu di Australia, 45 ribu thn yg lalu di benua Eropa dan 21 ribu thn yg lalu di benua Amerika. Lalu terjadilah Zaman Es di sekitar 12 ribu thn yg lalu hingga mengakibatkan kepunahan beberapa spesies manusia. Setelah era zaman es berakhir, lalu berganti ke zaman Batu.

Zaman Batu diprediksi ada sekitar thn 10.000 SM di daerah Mesopotamia yg merupakan wilayahnya Irak, Iran, Kuwait, Suriah dan Turki yg dinamakan revolusi Neolitik. Di jaman batu mulailah dikenalkan peradaban manusia pertama yaitu dengan adanya pertanian, selain itu di China juga ada peradaban manusia yg terjadi di sekitar thn 8000 SM dengan sistem pertanian padi/biji milet dan peternakan babi. Di benua Amerika, sudah ada pertanian ubi dan kentang sejak thn 7800 SM. Di sekitar gunung Himalaya (India) sudah ada tanaman pangan sejak thn 7500 SM dan ternak sapi di thn 6500 SM. Saat itu manusia masih menyembah matahari sebagai Dewa tertinggi yg terlihat dan belum ada agama. Barulah setelah itu muncul agama yg memberikan kepercayaan baru kepada manusia dan memberikan akal-budi bagi manusia di jaman itu.

Tentang warna kulit manusia masih dalam penelitian dan diperkirakan manusia awalnya dari benua Afrika yg sudah merantau sekitar 300 ribu thn yg lalu dan menempati banyak benua. Yang singgah di benua Eropa kulitnya bisa berubah menjadi putih karena cuaca dingin disana dan sudah tinggal ratusan ribu thn disana. Yang merantau di benua Asia kulitnya berubah menjadi kuning karena ada cuaca dingin disana seperti di China dan Jepang, lalu di benua Asia lainnya berubah menjadi sawo matang karena perkawinan silang antara China dan Afrika. Di benua Amerika suku aslinya Indian kulitnya sawo matang mirip seperti orang Asia dan di benua Australia suku aslinya Aborigin yg kulitnya mirip seperti orang Papua, Ambon atau Flores. Perubahan warna kulit manusia terjadi karena cuaca dan makanan di tempat tinggalnya, apalagi sudah ratusan ribu thn yg lalu leluhurnya tinggal disana.

Beberapa peneliti mengatakan di sekitar 10.000 thn yg lalu tidak ditemukan manusia bermata biru dan dikatakan bahwa dulunya semua manusia bermata coklat. Namun adanya manusia bermata biru diperkirakan terjadi di 6500 thn yg lalu ketika iris mata menghentikan produksi melanin dan khususnya manusia yg tinggal di benua Eropa dengan cuaca dinginnya. Lalu manusia yg awalnya hidung dan bibirnya tebal mengalami perubahan ketika hidup di benua Eropa selama puluhan ribu thn yg lalu yg berevolusi menjadi mancung dan tipis hidungnya serta bibir yg tipis. Lalu yg tinggal di benua Asia selama puluhan ribu thn yg lalu, hidungnya berubah menjadi kecil dengan bibir yg kecil juga. Manusia yg awalnya bermata sedang dan berambut keriting berubah ketika terkena cuaca dingin puluhan ribu thn yg lalu hingga berubah menjadi lurus dan cuaca dingin juga bisa membuat mata menjadi sipit.

Perbedaan kulit (ras) manusia sudah ditemukan sejak 19.000 thn yg lalu dan ditambah lagi banyaknya perkawinan silang dari berbagai ras hingga membuat banyak perbedaan di negaranya masing2. Menurut para peniliti dan bukti yg ditemukan, bahasa pertama di dunia ada di wilayah Sumeria-Mesopotamia sekitar thn 3500 SM dan dinobatkan bahasa pertama di dunia dengan banyaknya bukti prasastinya. Yang ke 2 yaitu bahasa Koptik Mesir sekitar thn 3200 SM dan di India juga ada bahasa Sansekerta dengan berusia 1500 SM yg ditemukan di buku Rigveda. Bahasa Yunani diperkirakan ada di thn 1450 SM dan bahasa Cina sekitar 1250 SM. Bahasa Yahudi sekitar 1200 SM dan ada bahasa dari wilayah Semit yg sudah ada sejak 3000 thn yg lalu, hingga akhirnya bahasa Semit terpecah menjadi beberapa bagian, yaitu ada yg bahasa Aramaik yg bahasanya dipakai oleh Yesus Kristus, lalu ada bahasa Ibrani dan terakhir bahasa Arab. 

Para arkeolog meneliti bahwa sudah ada manusia di Indonesia sejak 2 juta thn yg lalu di pulau Jawa, namun orang asli Indonesia itu berasal dari ras Milanesia yg dari Afrika datang ke Papua sejak 70 ribu thn yg lalu. Lalu perkawinan silang antara ras Milanesia dan Mongoloid selama puluhan ribu thn yg lalu membuat evolusi baru yg dinamakan ras Austronesia. Evolusi itu terlihat yaitu hidung orang Indonesia kecil, mata sedang, kulit sawo matang, rambut agak lurus/ikal dsb hingga akhirnya dinamakan ras Melayu oleh orang luar negeri. Orang2 dari India yg pertama kali datang ke Indonesia dengan membawakan agama Hindu dan bahasa Sansekerta. Lalu orang China menurut data sejarah dimulai dari kedatangan seorang buddhist bernama Fa Hsien di thn 412 di pulau Jawa jaman kerajaan Tarumanegara dan dia menulisnya dibuku yg menjadi bukti sejarah. 

Kaisar asal Cina yaitu Kubilai Khan sempat menyerbu kerajaan Singosari dari Malang di thn 1292, lalu Raden Wijaya mengatur siasat hingga akhirnya berhasil mengusir pasukan Kubilai Khan dari tanah Jawa di thn 1293. Lalu orang2 gujarat dari Arab yg ingin mencari tempat tinggal tiba di pulau Sumatera dengan cara berdagang. Namun ketika merasa nyaman di pulau Sumatera, akhirnya orang Arab mengatur siasat dengan menikahi orang Indonesia serta mengajaknya masuk ke agama Islam. Siasat orang Arab sangat brilian hingga akhirnya berdirilah kerajaan Islam pertama di Aceh dan akhirnya siasat itu dilakukan di pulau Jawa dan sekitarnya. Lalu masuklah orang2 Eropa yg menjajah Indonesia dan banyak juga menikah dengan orang Indonesia. Makanya sebenarnya banyak juga percampuran orang Indonesia ini yaitu mulai dari India, Cina, Arab dan Eropa yg dicampur dengan ras Melayu.

Dari sini kita bisa lihat bahwa orang Indonesia ada yg kulitnya putih, kuning, hitam, lurus, keriting, mancung, pesek, sipit, belo, dower dsb. Ini sudah tidak bisa dihindari lagi karena sudah terjadi ribuan thn yg lalu, makanya banyak yg berbeda dari orang2 di Indonesia ini. Namun ada beberapa ras yg dianggap agak "rasis" jika itu menyangkut pernikahan, contohnya: cewek Arab harus menikah dengan cowok Arab karena itu menjaga kemuliaan. Orang Arab percaya bahwa mereka keturunan rasulullah, makanya harus menikah dengan sesama Arab. Meskipun calonnya beragama Islam tapi bukan orang Arab, tetap dilarang dan akan disingkirkan dari keluarganya. Begitu juga cowok Cina harus menikah dengan cewek Cina karena harus meneruskan klan mereka dan juga marga mereka, kalau melanggar diusir. Namun orang Indonesia yg agak bebas, meski beberapa suku ada yg menerapkan aturan seperti itu.

0 comments: