Friday, April 8, 2011


Di jaman sekarang ini setiap orang sudah mempunyai wawasan yang luas dengan adanya pertumbuhan-pertumbuhan faham dan ideologi yang dimiliki setiap negara. Tapi sayang semua faham itu banyak disalah artikan dengan menciptakan suatu perselisihan atau peperangan sehingga setiap orang yang menganut faham tersebut menjadi salah pengertian karena adanya kejadian tersebut.

Agama, Suku, Bahasa dan warna kulit yang semuanya berbeda pun sudah susah sekali dipersatukan di jaman sekarang ini. Kita semua ingin menciptakan susana yang aman dan tenang dengan berkumpul antar "sesama" (Agama, Suku, Bahasa dan warna kulit) kita. Sebenarnya letak kesulitan dari semuanya itu ada pada diri kita sendiri dan juga orang-orang disekeliling kita yang tidak disadari membuat sifat dan tingkah laku kita menjadi berubah. Bahkan ada juga nasehat orang yang kedengarannya indah dan bagus tapi secara tidak langsung kita tidak menyadari bahwa kata-katanya membawa kita ke jalan yang salah dan kita telah dibodohinya. Ceramah dan Khotbah dari para Tokoh Agama harus kita cermati karena terkadang kata-katanya ada yang mengandung kekerasan dan anarkis dengan menghina agama dan negara lain.  Tujuannya yang tidak baik dengan menghasut orang-orang desa yang dianggapnya gampang dibodohi dan ini harus segera kita atasi dengan menyadari secepatnya sebelum kita terhipnotis. Tapi saya yakin dimasa yang akan datang semua orang baik itu didesa maupun dikota bisa mengerti mana yang baik dan buruk karena banyak kata-kata yang baik tapi dalamnya busuk.

Dia asia Agama begitu rawan diperbincangkan karena semua ingin menciptakan dunia yang damai dan sejahtera dengan menyamakan semua agama, tapi itu justru akan menjadi awal dari titik perpecahan karena itu sebenarnya bukan kehendak kita semua. Bahkan para tokoh2 agama dan politik sekarang ini berlomba-lomba mencari pendukung untuk bisa mendapatkan kepopuleran yang akan menghasilkan uang. Kata-kata mutiara selalu dikeluarkan dan sangat berani mengatas namakan Tuhan walaupun telah berbohong. Banyak sekali kejadian-kejadian yang justru melanggar peraturan agama, seperti Perceraian antar suami istri yang jelas-jelas ditentang oleh semua agama tapi oleh manusia dirubah menurut keinginannya hingga menjadi kebiasaan. Di Kristen/Katolik dikatakan "Apa yang dipersatukan oleh Allah tidak bisa dipisahkan oleh manusia", Di Islam dikatakan "Perceraian diharamkan oleh Allah", Di Hindu dikatakan "Perceraian menimbulkan kesengsaraan & termasuk Adharma (Dosa), Di Budha dikatakan "Perkawinan adalah ikatan lahir&batin antara pria dengan wanita sebagai suami isteri sesuai dengan Dhamma". Memang sebagian agama masih bertoleransi terhadap perceraian tapi bukan berarti menjadi kebiasaan, karena jaman sekarang ini malah menjadi trend modern apalagi orang2 terkenal. Penjelasan dari agama sering disalah artikan oleh banyak orang dan memang benar bahwa agama itu berasal dari hati kita masing2 dan bukan dari kata2 orang, baik itu tokoh agama maupun orang terdekat kita.

Diluar Asia perbedaan warna kulit pun sering menjadi bahan perbincangan karena itu sudah terjadi pada jaman dahulu ketika dunia memasuki peperangan. Orang kulit hitam berontak karena mereka dijaman dulu menjadi budak & disiksa oleh orang kulit putih. Begitu juga Orang-orang kaya yang tidak mau berteman dengan orang yang miskin karena yang miskin dianggap akan berbuat jahat dengan menguras hartanya. Justru itu malah membuat kebrutalan dan itu terbukti pada jaman sekarang ini. Korupsi sudah tidak bisa dikendalikan karena banyak alasan orang melakukan itu meskipun kadang orang tersebut banyak menolong, Kolusi banyak dilakukan supaya semuanya berjalan lancar dengan uang yang kadang beralasan apapun, Nepotisme sering dilakukan untuk menyelamatkan saudara atau temannya tanpa memikirkan orang lain yang mempunyai potensi yang lebih. Adanya KKN akhirnya menjadi kebiasaan masyarakat kita walaupun ada yang sepele tapi itu berakar dan berkembang menjadi brutal hingga merugikan banyak orang. Laut Indonesia bisa dibilang laut paling banyak sampah-nya sedunia dan dibiarkan begitu saja, demikian juga di sungai2nya yang airnya mampet karena banyak sampah dan juga merugikan rakyat kecil dengan bermunculan beraneka ragam penyakit.

Mungkin masih banyak permasalahan2 di dunia ini, sekarang kita pasti mengerti kenapa Sang Maha Pencipta tidak pernah ikut campur atau menampakkan diri melalui malaikatnya ke manusia seperti pada jaman dahulu kala yang diceritakan oleh semua agama. Itu semua karena Sang Maha Pencipta tahu bahwa pada masa yang akan datang manusia akan tumbuh berkembang pesat pemikirannya dan semakin banyak pula pemikiran-pemikiran dari manusia yang tidak bisa dikendalikan. Kita pun harus mengerti dan sadar bahwa Sang Maha Pencipta itu ada di dalam hati kita yang tidak pernah disadari karena kita merasa lemah dan tidak percaya akan keyakinan kita.

Sekarang semua itu harus ada kesadaran dari setiap orang untuk bisa berpikir jernih, memang tidak semua orang bisa melakukan itu karena ada juga orang yang hidup di lingkungan yang berpendidikan rendah. Tapi itu bukan menjadi halangan karena memang dibutuhkan kesabaran yang panjang.

Sebenarnya semua itu intinya adalah " JANGAN MENYAKITI ORANG LAIN" apapun itu alasannya dan berusaha MEMAAFKAN meskipun itu berat.


Salam

Charlie

Berikut ini video tentang keindahan dan makna dari Perrbedaan :

Lagu tentang indahnya hidup : Bob Marley - One Love  , Bob Marley - Don't Worry Be Happy , John Lennon - Imagine , Louis Armstrong - What a Wonderful World , Scorpions - Wind of Changes , All Artist - We Are The World  , Michael Jackson - Heal The World  , Michael Jackson - Black or White  , George Michael - Praying for Time , Westlife - Season in the Sun , Enya - Only Time , Christina Aguilera - Beautiful  dan masih banyak lagi.

Reactions:

0 comments:

Powered by Blogger.

Carli

90