Knights of the Zodiac (Saint Seiya)

Masami Kurumada awalnya menciptakan serial komik manga yg diberi judul Ring ni Kakero di thn 1977. Di serial Ring ni Kakero, mengisahkan tentang petinju2 hebat dan bintang utamanya bernama Ryuuji Takane. Di komik tsb, juga terdapat nama salah satu Dewa2 Yunani di salah satu tim tinju. Komik Ring ni Kakero berakhir di thn 1981, Masami Kurumada akhirnya mengembangkan ide2 terbarunya untuk membuat serial manga terbaru, yg terinspirasi dari mitologi2 Yunani kuno. Masami Kurumada menciptakan serial manga baru yg diberi judul Saint Seiya, yg awalnya mau diberi judul "Ginga no Rin", karena Masami Kurumada awalnya menamakan karakter utamanya dengan nama Rin, sebelum nama Seiya.


Karakter Seiya ini terinspirasi dari film The Karate Kid thn 1984 dan wajah dan semua gambarannya terinspirasi dari Ryuuji Takane di serial Ring ni Kakero. Kostum "cloth" yg dipakai oleh masing2 ksatria terinspirasi dari buku yg berjudul Sexy Robot di thn 1983 karya Hajime Sorayama. Disinilah awal dirilisnya serial komik manga yg diberi judul Saint Seiya di akhir thn 1985, yg akhirnya berubah menjadi Saint Seiya: Knights of the Zodiac. 12 bintang zodiak dari ksatria emas sengaja dipersiapkan menjadi penghadang ksatria2 perunggu nantinya. Ada banyak perubahan yg terjadi yaitu awalmya Milo menjadi gurunya Hyoga, namun akhirnya diganti menjadi Camus. Lalu sosok Marin ini dibuat misterius, karena banyak yg menduga dia adalah kakaknya Seiya.


Di serial Saint Seiya ini tidak hanya mitos2 dari Yunani yg dipakai, bahkan digabungkan juga dengan mitos2nya bangsa Viking Skandinavia yaitu mitologi Nordik/Norse. Serial manga Saint Seiya ini menjadi salah satu manga terlaris di seluruh dunia. Anime Saint Seiya juga mendapatkan penghargaan Anime Grand Prix di majalah The Animage di thn 1987. Serial manga yg berjudul Bleach ternyata sang kreatornya yg bernama Tite Kubo mengatakan bahwa Bleach ini terinspirasi dari Saint Seiya. Saint Seiya pertama kali dirilis di majalah Shōnen Jump dan ternyata menjadi salah satu serial manga terlaris dunia, hingga terjual banyak di benua Asia, Eropa dan Amerika Selatan. Lagu soundtrack Saint Seiya juga ikutan terkenal yg disponsori oleh Bandai. Kisahnya berawal dari seorang miliader bernama Mitsumasa Kido yg sengaja mendirikan panti asuhan untuk anak2 yatim piatu yg nantinya ketika sudah besar akan dijadikan ksatria terhebat di dunia.


Saori Kido

Athena akan bereinkarnasi 200 thn sekali untuk mencegah kejahatan di dunia ini, karena Athena dianggap sebagai simbol keadilan bagi semua ksatria. Saori Kido lahir dibawah kaki patung Athena dan ksatria emas yg bernama Aiolos mati2an melindungi Athena ketika Paul palsu berencana membunuhnya. Paus palsu dengan cerdiknya memprovokasi ksatria emas lainnya untuk membunuh Athena yg masih bayi. Aiolos melindungi Athena hingga dia melawan 2 ksatria emas lainnya yaitu Capricorn dan Aquarius. Aiolos berhasil melindungi Athena, namun dia terluka parah karena terkena serangan dari Capricorn dan Aquarius. Kebetulan sekali seorang miliader yg sangat kaya raya hingga mempunyai Graude Foundation yaitu Mitsumasa Kido bertemu dengan Aiolos yg sekarat demi melindungi Athena.


Aiolos memberitahukan bahwa bayi yg dibawanya itu reinkarnasi dari Athena. Mitsumasa Kido akhirnya mengangkat bayi tsb menjadi cucunya yg dinamakan Saori Kido. Saat masih kecil hingga dewasa, Saori Kido tidak bisa menggunakan kekuatannya yg tersembunyi karena tidak tahu caranya. Saori Kido menggelar turnamen yg diimpikan oleh almarhum kakeknya yaitu Mitsumasa Kido yg dinamakan Galaxian Wars Arc, untuk mengetahui siapa yg layak menggunakan jubah "cloth" Sagitarius. Ikki menghancurkan turnamen tsb, dan tak lama kemudian Ikki akhirnya sadar. Di perang Sanctuary, Athena terkena panas emas hingga Seiya dkk harus menyelamatkan nyawanya dengan meraih ke puncak kuil, dimana ada patung Athena. Athena dengan kelembutannya menyadarkan Saga yg selalu ingin membunuhnya dan sengaja menjadi Paus palsu.


Athena harus menyelamatkan wilayah Skandinavia dari amukan laut milik Poseidon, makanya Seiya dkk harus melawan pasukan Asgard dan pasukan Poseidon yg berada dibawah laut. Setelah Seiya dkk menang, Poseidon menculik Athena dan mengurungnya dengan menenggelamkan Athena yg disembunyikan oleh Poseidon. Namun Seiya menyelamatkan Athena, dan Athena membawa guci sakti yg akan mengurung Poseidon yg berada di tubuhnya Julian. Setelah itu, pasukan Hades menculik Athena karena ingin menguasai dunia. Athena diculik dan dibuat pingsan oleh Hades yg berwujud manusia yg bernama Alone. Athena disekap di guci sakti dan disembunyikan di alam Dewa, namun Seiya dkk berhasil menembus alam Dewa dan kembali menyelamatkan Athena. Athena menggunakan jubah Dewa-nya ketika mengalahkan Hades, dan Seiya tewas dibunuh oleh Hades. 


Seiya

Salah satu anak yatim piatu yang mempunyai jiwa petarung yg luar biasa kuat dan sangat tangguh dalam menghadapi lawan2nya yg lebih kuat darinya. Sekilas Seiya terlihat seperti pemuda yg bodoh dan agak sembrono, namun semua itu salah karena Seiya merupakan sosok yg sangat polos. Seiya selalu menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran, makanya Seiya tidak mudah terpengaruh dengan hasutan lawan2nya. Seiya tidak mendapatkan kasih sayang orang tuanya sejak kecil, namun yg dia rasakan hanya kasih sayang dari kakak perempuannya yg bernama Seika. Sejak kecil, Seiya diajari bertarung oleh ksatria perak elang perempuan yg bernama Marin yg wajahnya ditutupi oleh topeng.


Banyak orang yg mengira Marin adalah kakaknya Seiya, itu dikarenakan Marin selalu memakai topeng. Seiya awalnya tidak mau menjadi ksatria, namun Marin dan ksatria emas yg bernama Aiolia meyakinkan Seiya, hingga akhirnya bisa mengalahkan musuhnya yg lebih besar darinya yaitu Cassios dalam memperebutkan jubah Pegasus di Yunani. Seiya kembali ke Jepang untuk menghampiri Mitsumasa Kido, namun Seiya bertemu dengan cucu angkatnya yg bernama Saori Kido. Disinilah semua teka-teki terpecahkan, hingga akhirnya Seiya melindungi mati2an Athena. Tujuan utama Seiya sebenarnya ingin mencari kakaknya yg bernama Seika, karena Seiya dibawa pergi. 


Seiya merupakan ksatria perunggu pertama yg bisa menembus indera ke 7 dan itu kekuatannya bisa menyamai ksatria emas. Seiya merupakan salah satu dari 40 ksatria perunggu yg dilindungi. Di serial Hades, Seiya dikatakan sebagai reinkarnasi dari ksatria Pegasus sebelumnya yg bernama Tenma, yg pernah menyakiti Dewa Hades. Ketika jubah ksatria emas Sagitarius tidak ada pemiliknya, karena Aiolos tewas maka Seiya yg ditunjuk sebagai penggantinya. Karena sama2 pembela Athena dan juga sama2 kuda. Jurus2 Seiya yaitu Meteor Pegasus, Pegasus Rolling dan Komet. Seiya dan Shiryu sekilas pernah tampil di anime Yu-Gi-Oh! dan juga di Captain Tsubasa. 


Shiryu

Karakter Shiryu ini terinspirasi dari Shadow Jun yg ada di serial komik Ring ni Kakero, selain itu juga terinspirasi dari Azusa Ranmaru yg ada di serial komik Otoko Zaka di thn 1984. Shiryu ini sosoknya pendiam, tidak banyak bergaya dan sangat cerdas dalam menghadapi lawan2nya yg tangguh. Mitsumasa Kido mengadakan undian dan akan mengirim anak2 yatim piatu lainnya untuk mempelajari ilmu beladiri dan bisa mendapatkan jubah cloth masing2 sesuai wilayahnya. Shiryu dikirim di pegunungan Lushan, dimana ada seorang kakek sangat tua yg ahli dalam bela diri dan dia ternyata mantan ksatria emas yaitu bernama Dohko. Seorang gadis muda yg bernama Shunrei menjadi sosok penyemangat Shiryu ketika mereka berdua sama2 berada di pegunungan Lushan. 


Dohko mengajari Shiryu dalam menguasai jurus2 Naga, hingga akhirnya lulus ujian ketika bisa membalikkan aliran air terjun di pegunungan Lushan. Shiryu mempunyai Naga yg menjaga nyawanya dan Naga tsb berbentuk tato yg ada di punggungnya. Tato naga yg ada di punggungnya itu sangat penting, karena jika tato itu menghilang, maka Shiryu bisa mati dan Seiya pernah menyelamatkan Shiryu. Jurus Shiryu yaitu Naga dari Gunung Lung, 1000 Naga dan Naga Terbang dan Pedang Excalibur milik ksatria emas. Dohko memperbolehkan Shiryu memakai jubahnya yaitu jubah ksatria emas Libra dan salah satunya digunakan untuk menyelamatkan Hyoga. Mata Shiryu sering terluka dan itu malah membuatnya semakin kuat. Jubah Naga Shiryu mempunyai perisai seperti yg dipunyai oleh ksatria emas Libra.


Hyoga


Keturunan Siberia yg berada di Rusia, dan ibu kandungnya dimakamkan di dasar laut Siberia yg diselimuti es. Hyoga ditempatkan di Siberia untuk mempelajari jurus es dan salju, selain itu dia juga ingin menjaga kubur ibunya. Di Siberia, Hyoga dilatih oleh ksatria perak yg bernama Kristal yg juga merupakan murid dari ksatria emas Aquarius. Hyoga berlatih 6 thn dibawah bimbingan ksatria Kristal, hingga akhirnya seorang anak kecil bernama Yakov yg memberi tahu Hyoga akan adanya jubah ksatria perunggu yaitu Angsa. Hyoga awalnya tidak bisa melupakan kesedihannya akan kematian ibunya, namun seiring berjalannya waktu akhirnya menjadi kuat menghadapinya. Hyoga sebenarnya tidak ingin meninggalkan Siberia, namun karena Athena dalam bahaya akhirnya dia rela meninggalkan Siberia.


Hyoga menyukai ketenangan dan sikapnya tenang serta tidak emosional membuatnya menjadi kuat. Seiya dijadikan panutan bagi Hyoga dan tidak takut menghadapi lawan2 yg kuat. Demi menyelamatkan Athena, Hyoga rela mengorbankan apapun, bahkan gurunya sendiri yaitu Camus dibunuhnya karena melawan Athena. Hyoga diselamatkan Shun, ketika terperangkap di batu es besar buatan Camus yg berada di kuil Libra. Hyoga yg menyadarkan Milo, bahwa Athena itu Saori Kido. Jurus Hyoga yaitu Debu-debu Intan, Tornado Es, Aurora dan jurus milik Camus yaitu Eksekusi Aurora. Ketika Camus tewas di tangan Hyoga, jubah emas Aquarius akhirnya menjadi milik Hyoga jika dalam bahaya. Hyoga bisa membekukan apapun jika dia meningkatkan kosmonya. 


Shun


Dianggap sebagai "pria cantik/tampan" diantara semua ksatria, karena sikapnya yg sangat lembut dan baik hati, serta paling putih kulitnya. Shun juga dianggap sebagai salah satu ksatria Athena yg paling lemah, karena tidak tega dengan kekerasan dan tidak mudah marah. Shun dulu saat masih kecil dilindungi oleh kakaknya laki2 yaitu Ikki, namun Shun akhirnya dipisahkan oleh Ikki karena harus memilih undian. Shun dikirim ke pulau Andromeda dan disana dia dilatih oleh ksatria perak yg bernama Cepheus Daidalos atau Albiore. Sang Guru mengetes Shun dirantai di dalam air hingga akhirnya mengeluarkan kosmo Andromeda-nya dan bisa mendapatkan jubah perunggu Andromeda. Seorang gadis bernama June sering menolong Shun jika berada dalam bahaya.


Ketika beranjak dewasa, Ikki sering membiarkan Shun supaya menjadi ksatria tangguh dan Shun dekat dengan Hyoga. Shun ingin mencari tahu pembunuh gurunya yaitu Albiore, yg awalnya ksatria emas Scorpions yg dianggap sebagai pembunuhnya. Namun semua itu salah ketika ksatria emas Pisces yg mengatakan dialah pembunuh gurunya, hingga akhirnya Shun bisa mengalahkan Aphrodite. Jurus dari Shun yaitu rantai Nebula, rantai pertahanan, sinyal halilintar, sensitifitas rantai dan Badai Nebula adalah jurus pamungkasnya. Di serial Hades, ternyata Shun diketahui sebagai reinkarnasi dari Dewa Hades yg bernama Alone. Ksatria emas Virgo pun menyerahkan jubahnya kepada Shun jika berada dalam bahaya. Banyak orang mengira Shun itu perempuan, padahal dia laki2 namun hatinya selembut perempuan.


Ikki

Dia merupakan sosok yang pemberani, preman dan pemberontak, mulai sejak kecil ketika dia menjaga Shun dihajar oleh orang lain, hingga membuat Shun menangis dan akhirnya Ikki yang menghajar orang tsb. Ikki marah ketika di undian,dia harus dipisahkan oleh Shun. Sosok Ikki yg dianggap dingin dan kasar ini yg tidak disukai oleh teman2nya. Ikki dilempar ke pulau Ratu Kematian, disana ada mantan ksatria perak yg dibuang disana yaitu Guilty yg dulunya bernama Jorge. Guilty inilah yg menjadi guru Ikki dengan mengandalkan jurus2 api dan kebetulan disitu ada gunung berapi. Guilty mengajarkan Ikki akan kebencian dan kemarahan, karena Guilty pernah memberontak Paus hingga ksatria emas yg membuang Guilty ke pulau tsb. Ketika dewasa, Ikki suka menyendiri dan ditemani seorang gadis bernama Esmeralda.


Guilty sengaja membunuh putrinya yaitu Esmeralda untuk membangkitkan amarah Ikki, hingga akhirnya Ikki berhasil membunuh Guilty dan mendapatkan jubah perunggu Phoenix. Awalnya Ikki menjadi pemberontak dengan melawan Seiya, Shiryu, Hyoga dan Shun untuk mendapatkan jubah emas Sagitarius. Namun Ikki kalah dan akhirnya sadar akan kekuatan sejati Athena, namun Ikki punya cara sendiri dalam melindungi Athena. Ikki berhasil menaklukkan ksatria emas yg kekuatannya hampir setara dengan Dewa yaitu Virgo. Jurus2 andalan Ikki yaitu Sayap Phoenix, Ilusi Phoenix, Bulu Phoenix dsb. Ikki termasuk salah satu ksatria perunggu terkuat dan jubahnya bisa merestorasi sendiri meskipun hancur lebur. Di serial Hades, Ikki mengenal Pandora sejak kecil, makanya Ikki dtolong oleh Pandora, selain itu Ikki pernah memakai jubah emas Leo.


Jabu

Ksatria pelapis ke 2 dari Athena yg awalnya menawarkan diri menjadi pelindung Saori Kido, namun ditolak. Saat undian, Jabu dikirim ke Aljazair untuk mempelajari ilmu beladiri dan bisa meraih jubah "cloth" Monoceros Unicorn disana. Ketika Saori Kido menggelar turnamen pertarungan antar ksatria perunggu untuk bisa mendapatkan "cloth" Sagitarius, Jabu menang melawan Ban. Namun ketika melawan Shun, Jabu kalah karena terlalu meremehkan rantainya Shun. Walaupun Jabu tidak ikut dalam pertarungan Sanctuary melawan ksatria Emas, namun Jabu tetap setia menjaga Athena dan menghajar prajuritnya Paus palsu yg hendak membunuh Athena yg lagi sekarat. Jabu bersama 4 skatria lainnya memang setia kepada Athena dan selalu berbagi tugas dengan Seiya dkk dalam melindungi Athena. Awalnya Jabu agak angkuh ketika pertama kali bertemu dengan Seiya, namun lama kelamaan dia menyadarinya bahwa Seiya lebih hebat darinya. Jurus2 yg dimiliki Jabu yaitu Unicorn Gallop dan Telekinesis.


Ichi

Ada 100 anak yatim piatu yg akan dikirim Mitsumasa Kido ke beberapa negara untuk melatih ilmu beladirinya dan bisa mendapatkan jubah "cloth" perunggu supaya bisa melindungi Athena. Ichi termasuk dari salah satunya dan dia dikirim ke Finlandia untuk melatih kemampuan beladirinya dan mempelajari jurus2 yg sama seperti jubahnya. Akhirnya Ichi berhasil mendapatkan jubah "cloth" Hydra yg berbentuk monster ular. Ichi ikut turnamen Galaxy Wars dengan melawan 9 ksatria perunggu lainnya supaya bisa mendapatkan "cloth" Sagitarius. Di turnamen tsb, Ichi bertemu dengan Hyoga dan awalnya meremehkan Hyoga. Namun Hyoga menunjukkan kekuatannya hingga Ichi kalah telak. Setelah kalah, Ichi meminta ijin kepada Athena untuk kembali ke Finlandia bertemu dengan gurunya dan meningkatkan jurus2nya. Ichi pun juga ikut melindungi Athenaserta menghajar prajuritnya Paus palsu yg hendak membunuh Athena yg lagi sekarat. Jurus2 dari Ichi yaitu cakar yg dikeluarkannya beracun dan kepalanya juga bisa dibuat bertahan.


Nachi

Dia merupakan salah satu anak dari 100 anak yatim piatu di Graude Foundation milik Mitsumasa Kido yg nantinya ketika sudah besar ditugaskan menjaga Athena. Nachi dikirim ke benua Afrika yaitu Liberia untuk mempelajari jurus2 yg berhubungan dengan jubah "cloth" Serigala yg nanti akan didapatkannya setelah berlatih selama 6 thn. Ketika mendapatkannya, Nachi balik ke Jepang untuk mengikuti turnamen Galaxy Wars yg diadakan oleh Saori Kido. Di turnamen tsb, Nachi terlalu percaya diri ketika menghadapi Ikki, dan ternyata Ikki mengalahkannya dengan mudah hingga akhirnya Seiya berusaha menolong Nachi. Di serial Hades, Nachi memimpin ksatria perunggu lainnya guna melindungi Seika dan Thanatos yg diserang oleh pasukan Hades. Jurus andalah dari Nachi yaitu Serigala melolong dengan pukulan di udara yg bisa menembus musuhnya. Nachi bersama Shaina, Jabu dan Ichi yang pertama kali merasakan keanehan ketika Hades menghidupkan para ksatria yg sudah mati di Sanctuary.


Ban

Dia merupakan salah satu anak yatim piatu yg dikirim di beberapa negara untuk mempelajari ilmu beladiri. Ban dikirim ke negara Afrika Utara yaitu di Tanzania dan berlatih di dekat gunung Kilimanjaro, karena disitu terdapat jubah "cloth" Leo Minor. Ketika Saori Kido mengadakan turnamen pertarungan Galaxy Wars Arc, Ban yg awalnya terlalu percaya diri dikalahkan oleh Jabu. Akibat dari kekalahan tsb, Ban meminta ijin kepada Saori Kido untuk kembali ke Tanzania, dan mengasah jurus2nya lagi supaya lebih bagus lagi. Ketika Athena sekarat karena terkena panas emas, Ban bersama 4 ksatria perunggu lainnya melindungi Athena dengan menghajar pasukannya Paus palsu yg hendak membunuh Athena. Awalnya, Masami Kurumada membuat tubuh Ban langsing seperti Seiya, namun entah kenapa tiba2 di filmya badannya besar dan tinggi. Ban dengan menggunakan jubah Lionet mempunyai jurus pukulan Singa yg mematikan dan juga terkaman ala singa. Ban termasuk ksatria pelapis ke 2 dalam melindungi Athena.


Geki

Salah satu ksatria perunggu Athena yg berbadan besar dan tinggi, namun itu dikarenakan oleh ototnya. Geki memilih undiannya dan dia terpilih dari 10 anak yg akan diutus mempelajari jurus2 beladiri supaya bisa menjaga Athena. Geki dikirim ke pegunungan Rocky yg berada di Kanada (benua Amerika Utara) dan disana dia mempelajari jurus2 yg nantinya selaras dengan "cloth"-nya yaitu Beruang. Geki menghadiri turnamen Galaxy Wars Arc yg diadakan oleh Saori Kido untuk memperebutkan jubah "cloth" Sagitarius. Di pertandingan pertama, Geki dengan percaya diri mencekik Seiya yg bertubuh lebih kecil darinya. Namun akhirnya Seiya mudah menjatuhkannya hingga Geki kalah dengan mudah. Athena mengijinkan Geki kembali berlatih di Kanada dan memperbaiki jurus2 beserta "cloth"-nya. Jurus yg dimiliki Geki yaitu cengkeraman Beruang yg mematikan. Geki termasuk dalam ksatria pelindung Athena pelapis ke 2, karena pelapis pertamanya yaitu Seiya, Shiryu, Hyoga, Shun dan Ikki.


Marin
Salah satu ksatria Perak perempuan yg memakai "cloth" Elang ini adalah gurunya Seiya. Marin dan Seiya sama2 kehilangan saudaranya, makanya Seiya sempat menduga bahwa Marin adalah kakaknya. Marin mengajari Seiya beladiri dan mempelajari jurus2 Pegasus supaya bisa mendapatkan "cloth" Pegasus. Marin juga yg menyadarkan Shaina, karena Shaina sangat membenci Marin dan Seiya. Beruntung ksatria emas yg bernama Aiolia menyelamatkan Marin dari serangan2 ganas milik Shaina. Marin termasuk salah satu ksatria perempuan yg memakai topeng dan banyak orang yg tidak mengetahui wajah Marin yg sesungguhnya. Topeng Marin pernah menyelamatkan Seiya yg badannya lemas karena tercium bunga mawar milik kstaria emas yg bernama Aphrodite.

Marin mengetahui tentang kebenaran yg sesungguhnya dan dia sadar tidak bisa menang melawan ksatria yg kekuatannya jauh diatasnya. Makanya Marin menaruh harapan besar kepada Seiya, karena dia merasa Seiya mempunyai kekuatan yg sangat besar, namnun Seiya belum tahu cara mengeluarkan kekuatannya tsb. Marin menolong Seiya dengan caranya sendiri, dan disaat Seiya terdesak biasanya Marin menolongnya. Marin juga dijuluki sebagai rasi bintang Aquila. Marin mempunyai beberapa jurus seperti Pukulan Meteor, Kecepatan kaki Elang dan ilusi pukulan kosong. Di awal2 film Seiya, Marin dianggap sebagai musuh bebuyutannya Shaina. Di beberapa serial lainnya ada yg mengatakan Aiola menyukai Marin, namun sebaliknya juga Marin yg menyukai Aiolia. 

Shaina
Athena melarang perempuan menjadi ksatria, makanya kebanyakan ksatria perempuan memakai topeng. Shaina merupakan ksatria Perak yg menjadi gurunya Cassios untuk memperebutkan jubah "cloth" Pegasus besaing dengan Seiya. Ketika Seiya berhasil mendapatkan "cloth" Pegasus, Shaina sangat dendam kepadanya dan hendak membunuhnya. Bahkan Shaina awalnya mendukung Paus palsu demi bisa balas dendam kepada Seiya, namun Shaina sadar dan akhirnya membantu Seiya dkk. Shaina membantu Seiya ketika melawan ksatria emas Leo dan Shaina berjanji setia kepada Athena. Saat melawan Poseidon, Shaina disuruh Dohko membawakan "cloth" Libra untuk membantu mengalahkan Poseidon. Di awal kemunculan Hades pun, Shaina bersama Marin dan 3 ksatria perunggu lainnya yaitu Jabu, Nachi dan Ichi curiga akan kebangkitan dari orang2 mati.

Shaina menaruh perasaannya kepada Seiya, namun Seiya malah lebih fokus ke pertarungan demi menjaga Athena. Makanya beberapa orang menganggap Seiya lebih menyukai Saori Kido, daripada Shaina. Shaina mempunyai "cloth" mirip Marin dan nama kostumnya adalah ular Ophiuchus. Cerita versi manga dan anime ternyata berbeda, makanya banyak yg bingung dengan kisahnya Shaina dan Marin. Shaina sengaja menguji kecepatan Marin dengan bertarung dengannya. Jurus andalan Shaina yaitu gigitan ular Thunder yg sangat berbahaya. Awalnya Marin dan Shaina tidak dketahui mereka ksatria apa, namun ksatria perak lainnya yg bernama Lizard Misty yg memberitahunya bahwa mereka berdua ksatria perak. Shaina bersama Marin, Jabu, Nachi dan Ichi berusaha mengalahkan anak buah Hades yg mau menyerang Athena.

Albiore/Daidalos
Namanya berbeda antara versi manga dan versi anime, yaitu di versi manga namanya Daidalos sedangkan di versi anime namanya Albiore. Albiore adalah ksatria perak dengan "cloth" Cepheus. Albiore menjadi ksatria yg cukup kuat dengan menjaga pulau Andromeda dan dia mempunyai 4 murid yaitu Shun, June, Reda dan Spica. Diantara ke 4 muridnya, Albiore mengetahui kekuatan yg terpendam dalam diri Shun, meski Shun dianggap lemah dan terlalu lembut. Albiore termasuk guru yg selalu obyektif kepada murid2nya dan mengajarkan kebenaran yg sejati. Albiore berhasil membuat Shun menjadi kuat dan bisa mendapatkan jubah "cloth" Andromeda dengan merantainya di bawah laut. Albiore termasuk salah satu ksatria perak yg sangat kuat, dan kemampuannya setara dengan ksatria emas. Ketika Paus palsu menyuruh ksatria emas Scorpio membunuh Albiore karena dianggap membangkang, Albiore memberikan perlawanan yg kuat. Namun sayangnya, diam2 ksatria emas Pisces datang dengan mawar beracunnya, hingga akhirnya Albiore dibunuh oleh ksatria emas Scorpio.

Crystal
Dia adalah gurunya Hyoga yg menjaga kedamaian di Siberia. Di versi anime dan manga ceritanya berbeda, karena di versi manga Crystal adalah gurunya Hyoga dan Isaac, sedangkan di versi anime yang menjadi gurunya Hyoga adalah ksatria emas yg bernama Camus. Namun diceritakan juga bahwa dulunya ksatria Crystal ini muridnya Camus yg merupakan ksatria emas Aquarius. Ksatria Crystal ini tidak diketahui nama aslinya dan tidak diketahui juga termasuk kategori ksatria apa?. Paus palsu merasa ada ancaman yg berbahaya di Siberia, makanya Paus palsu menghipnotis ksatria Crystal untuk membunuh Hyoga. Dalam pertarungan melawan Hyoga, akhirnya ksatria Crystal sadar dan dengan gagah berani dia mengorbankan diri demi menjaga perdamaian di Siberia, serta menyelamatkan Hyoga dan Seiya. Ksatria Crystal ini sosoknya pendiam dan kalem, dan dialah yg mengajari Hyoga jurus2 yg bagus. Jurus yg dimiliki ksatria Crystal yaitu Debu-debu Intan dan Pukulan Membeku. Nama "cloth" yg dimilikinya yaitu Crystal Memorial yang merupakan salah satu ksatria terhormat dari Athena.

Guilty
Dia adalah gurunya Ikki, dan sengaja mengajarkan Ikki dengan penuh kekejaman dan kebencian, karena dia percaya bahwa kebencian memberikan kekuatan besar. Guilty yang menanamkan kebencian akan Athena kepada Ikki, makanya Ikki sempat memberontak kepada Athena. Guilty yg mengajari Ikki akan jurus2 api Phoenix yg dahsyat, meski dianggap jahat. Menurut beberapa sumber cerita, awalnya Guilty itu orangnya baik, dan dulu namanya Jorge yg merupakan ksatria Perak Fornax. Paus palsu yg menyuruh Guilty mengajarkan ksatria Phoenix penuh dengan kebencian, namun ditolak oleh Guilty. Akhirnya ksatria emas Cancer yg menyiksa Guilty dan Paus pun ikutan menyiksanya hingga akhirnya Guilty memakai topeng Rangda (yg merupakan Ratu Leak di Bali). Guilty yg membuat putrinya sendiri yaitu Esmeralda terbunuh, hingga akhirnya Ikki marah dan membunuhnya. Guilty bertahun2 marah kepada Ikki yg tak berniat membunuhnya, hingga akhirnya dia mengorbankan putrinya yg dekat sama Ikki dan berhasil mewujudkan keinginanya untuk dibunuh oleh muridnya sendiri.

Orphee
Dia adalah ksatria perak Athena dengan jubah "cloth" yg bernama Lyra yaitu alat musik kecil mirip harpa. Orphee lebih suka menghibur penonton daripada bertarung, dan dia sering menghibur Paus dan para ksatria emas dengan liranya. Namun para ksatria emas dan ksatria lainnya tahu bahwa Orphee mempunyai kekuatan yg dahsyat dan itu disembunyikannya. Saat Sanctuary dalam bahaya karena Paus palsu, Orphee malah meninggalkan Sanctuary demi mengejar gadis impiannya yg bernama Eurydice. Makanya Orphee rela hidup di dunia bawah demi membujuk Hades supaya mau menghidupkan kembali Eurydice. Namun Orphee akhirnya sadar dengan membantu Seiya dan Shun mengalahkan ksatrianya Hades yaitu Sphinx Firaun yg jurusnya sama2 alat musik. Orphee akhirnya dibunuh oleh anak buahnya Hades yg bernama Rhadamanthys demi menyelamatkan Seiya. Orphee mati dengan senang dan dia akhirnya bisa bertemu dengan Eurydice di alam baka dan dia pun sudah mengakui bahwa dia adalah ksatria perak pembela Athena. Jurus andalan Orphee yaitu Senar Malam, Nyanyian kematian petang dan Senar jebakan.

Algol
Salah satu ksatria perak yg terkuat dengan memiliki jubah "cloth" Perseus. Algol bersama Shaina dan Spartan ditugaskan oleh Paus palsu membunuh Seiya, Shun dan Shiryu. Shaina mengincar Seiya, hingga akhirnya Seiya mengalahkannya dan menyadarkan Shaina. Setelah itu Algol melawan Shiryu, dan ketika itu Algol berhasil membuat Seiya dan Shun menjadi batu dari perisainya yg berkepala Medusa. Hanya Shiryu yg selamat, hingga akhirnya Shiryu berjanji akan menghabisi Algol demi mengembalikan Seiya dan Shun seperti semula. Pertarungan yg ketat terjadi dan Shiryu mencari cara untuk menghindari cahaya sinar Medusa sangat susah sekali. Hingga akhirnya Shiryu mendapatkan satu2nya cara dengan membutakan kedua matanya dan berhasil menghabisi Algol dengan jurusnya. Algol tidak tahu kalau Shiryu mempunyai perisai yg kuat. Jurus yg dimiliki oleh Algol yaitu tendangan Ra's Al Ghul Gorgonio, lalu perisai berkepala medusa yg membuat musuhnya menjadi batu dan Algol bisa mengeluarkan ular seperti yg ada di rambut Medusa.

Ptolemy
Ksatria perak Athena ini menggunakan jubah "cloth" Sagitta yg merupakan rasi bintang berbentuk panah. Sebenarnya dia adalah ksatria Athena, namun karena Paus palsu yg menyebarkan berita kebohongan hingga akhirnya Ptolemy jadi terpengaruh dengan ceritanya Paus palsu. Paus palsu yang menguruh Ptolemy untuk membunuh Athena dengan panas emasnya yg sudah direncanakan. Jurus dari Ptolemy yaitu panah Phantom, yaitu banyaknya panah ilusi yg mengelabuhi musuhnya. Makanya Seiya dkk terjebak dengan panah ilusinya Ptolemy, hingga akhirnya panas emas dari Paus palsu yg mengenai Athena. Seiya marah besar ketika Athena terkena panas emas dan membantai Ptolemy dengan jurusnya. Orang2 Jepang sering salah mengeja nama Ptolemy menjadi Toremi.

Misty
Dia adalah salah satu ksatria perak berwajah cantik mirip Pisces Aphrodite yg menggunakan jubah "cloth" Lizard. Paus palsu mengirim Misty dengan ke 4 ksatria perak lainnya untuk membunuh ksatria2 perunggu yg dianggap pemberontak. Akhirnya Misty bertemu dengan Seiya dan ingin membunuhnya. Selama ini Misty membunuh musuh2nya tanpa terluka sedikit pun, makanya Misty begitu sombong ketika melawan Seiya. Awalnya Misty menang telak melawan Seiya, hingga dia sampai mandi di pantai untuk membersihkan tubuhnya yg terkena darah Seiya. Namun Seiya berhasil mengeluarkan jurus mautnya hingga akhirnya Misty terbunuh. Terbunuhnya Misty ini membuat ksatria perak lainnya marah, dan Misty ini yg memberitahu bahwa Marin dan Shaina adalah ksatria perak. Jurus andalan Misty adalah jari Mavrou Trippa dan pelindung udara. Hades menghidupkan Misty lagi untuk menyerang pasukannya Athena, namun Hyoga berhasil mengalahkannya.



Mu

Dulunya dikenal Jamir, karena dia dikenal tinggal di Jamir. Mu sempat meninggalkan Sanctuary, karena gurunya Shion dibunuh secara misterius. Makanya Mu menaruh curiga kepada Paus palsu itu, hingga akhirnya Mu nekat melarikan diri ke negara Jamir untuk mempelajari jurus2 psikokinesis dan meningkatkan kosmonya. Mu menggantikan gurunya Shion dengan memakai jubah "cloth" ksatria emas Aries. Selain sebagai ksatria emas, Mu dikenal sebagai satu2nya ksatria yg bisa memperbaiki jubah "cloth" yg rusak, dan itu dibuktikannya ketika Seiya dkk pertama kali bertemu dengan Mu. Mu juga bersahabat dengan ksatria emas lainnya yaitu Aldebaran, makanya mereka berdua membantu Seiya dkk meraih kekuatan sampai indera ke 7 untuk bisa melawan ksatria emas lainnya.

Mu mempunyai murid yg masih anak2 yg bernama Kiki, dan mereka berdua berpihak kepada Athena, meski tidak berani melawan ksatria emas lainnya. Dengan kekuatan psikisnya, Mu melepaskan ksatria emas Virgo yg mau dibunuh sama Ikki dengan pindah ke dimensi lain, hingga akhirnya mereka berdua bisa selamat. Selain dengan Aldebaran, Mu juga mengikuti saran dari gurunya Shiryu yaitu Dohko untuk berpihak kepada Athena. Ada beberapa jurus andalan Mu yaitu Dinding Kristal, Jaring Kristal, Stardust Revolusi dan Starlight Extinction. Mu menjadi ksatria emas yg banyak melakukan pertarungan melawan pasukan2nya Hades yg ingin menculik Athena. Mu dan ksatria emas lainnya sadar, bahwa Seiya dkk mempunyai kekuatan tersembunyi yang bisa melindungi Athena.

Aldebaran

Satu2nya ksatria emas Athena yg berbadan besar dan tinggi, makanya dia cocok menggunakan jubah "cloth" Taurus. Aldearan ini ternyata berasal dari Brasil, disamping wajahnya yg kelihatan sangar, Aldebaran ternyata sosok yang ramah dan suka lelucon. Versi manga dan anime berbeda yaitu di versi manga rambut Aldebaran pirang, sedangkan di anime berwarna coklat. Selain itu, Namanya aslinya Tiago hingga akhirnya diganti menjadi Aldebaran. Aldebaran menjadi ksatria emas paling muda dulunya, yaitu di usia 7 thn. Aldebaran akrab dengan Mu, makanya mereka berdua sebenarnya tunduk kepada Athena, namun tidak mau menyakiti teman2nya sesame ksatria emas. Dari awal, Aldebaran sudah tidak percaya dengan keputusan Paus yg dianggap palsu, dan mempercayai Seiya dkk.

Aldebaran ingin membangkitkan indera ke 7-nya Seiya, makanya Aldebaran berhasil melatih Seiya dengan cepat, hingga akhirnya tanduknya terpotong satu. Aldebaran dan Mu diam2 mengawasi Athena yg terkapar terkena panah emas dan berharap Seiya dkk mencapai puncak. Ketika Sanctuary damai, Aldebaran dihajar oleh Mizar Syd dan Alcor Bud yaitu ksatria dari Asgard. Aldebaran yg terluka memberitahukan kepada Shaina akan bahayanya ksatria Asgard. Setelah itu Hades mengutus pasukannya yg bernama Niobe yg berhasil membuat Aldebaran terbunuh, namun Niobe yg sebenarnya terluka parah, akhirnya dibunuh oleh Mu. Aldebaran mempunyai beberapa jurus seperti Tanduk besar, Aldebaran suka menyilangkan tangannya saat bertarung, karena itu bisa dianggap sebagai pertahanan dan serangan balik dari serangan musuh.

Saga

Dialah ksatria emas terkuat diantara yg lainnya dengan memakai jubah "cloth" Gemini. Saga mempunyai kepribadian yg ganda, yaitu Saga aslinya baik dan sangat setia kepada Athena, tapi sisi jahat Saga sering muncul hingga warna rambutnya berubah menjadi hitam dan akhirnya membunuh Paus yg asli yaitu Shion. Saga yg jahat menjadi Paus palsu dan kebanyakan ksatria emas tidak tahu bahwa yg menjadi Paus selama ini adalah Saga. Reinkarnasi Athena yg ada di dalam tubuh Saori Kido, membuat Saga marah dan tak ingin posisinya sebagai penguasa Sanctuary digeser oleh Athena. Makanya Saga berniat membunuh Saori Kido yg masih bayi, namun beruntung Aiolos mengetahui siasat licik Saga dan menyelamatkan bayi tsb. Saga berhasil mempengaruhi ksatria emas Capricorn dan Aquarius untuk membunuh Aiolos yg dicap pengkhianat.Saga pun menyuruh ksatria emas lainnya untuk membunuh orang2 yg dianggap pengkhianat baginya, bahkan Ikki pun sempat mengikutinya, meski akhirnya memberontak. 

Saga juga menyuruh ksatria perak lainnya membunuh ksatria perunggu yg dianggap membela Athena palsu, dan dia yg merencanakan menggunakan panah emas untuk membunuh Athena. Banyak jurus yg dimiliki oleh Saga yaitu Ledakan Galaksi, Dimensi Lain, menggunakan hipnotis Demon Emperor Fist yg membuat orang2 mengikuti perintahnya, Penghancur indera, mengontrol jubahnya Gemini dari Jarak jauh dengan menggunakan Astral Projection, ilusi Laybrinth of Twins dsb. Saga mempunyai saudara kembar yg bernama Kanon, dan Kanon mengetahui sisi jahat Saga hingga Kanon dikurung di laut dan menjadi anak buah Poseidon dengan memakai jubah Naga Laut. Kanon membayar semua kesalahan Saga dengan tunduk kepada Athena meski dihajar oleh Milo, namun Athena menghentikan Milo. Athena memperbolehkan Kanon memakai jubah Gemini untuk melawan pasukan Hades dan Kanon melawan salah satu pasukan terkuat Hades yaitu Wyvern Rhadamanthys hingga rela bunuh diri supaya bisa membunuhnya.

Deathmask

Salah satu ksatria terlemah di ksatria emas dengan memakai jubah "cloth" Cancer. Nama aslinya tidak diketahui,namun dia dijuluki Deathmask. Dia merupakan satu2nya ksatria emas yg mempunyai sifat jahat, licik, kejam, karena dia banyak sekali mengumpulkan mayat orang2 yg sudah mati dan dibawanya ke neraka, lalu kepalanya dipajang di kuilnya. Deathmask ini dianggap tidak cocok memakai jubah Cancer, karena tidak mencerminkan kesucian ksatria emas, makanya "cloth" Cancer sempat menolak Deathmask yg dipenuhi kebencian. Deathmask juga termasuk ksatria emas yg membangkang Athena dan dia lebih mengikuti Paus palsu. Makanya Deathmask disuruh Paus palsu membunuh Dohko (gurunya Shiryu), namun ksatria emas lainnya yaitu Mu yg menghadang Deathmask ketika ingin membunuh Dohko.

Ketika Shiryu dan Seiya mencapai kuil Cancer, Shiryu ingin balas dendam kepada Deathmask dan Seiya dibiarkan lolos dari kuil Cancer. Shiryu yg buta dihajar habs2an oleh Deathmask, hingga akhirnya Shiryu bisa mencapai indera ke 7 dan berhasil melakukan serangan balik kepada Deathmask hingga tewas terkena jurusnya sendiri. Hades menghidupkan kembali Deathmask untuk menyerang Athena Bersama Aphrodite, namun Mu berhasil menghadang mereka berdua. Deathmask bersama Aphrodite akhirnya sadar dan membela Athena dengan menyerang markas Hades di bawah tanah, namun Wyvern Rhadamanthys menghabisi mereka berdua. Ada beberapa jurus yg dimiliki Deathmask seperti Gelombang Neraka Praesepse, Yomotsu Hirasaka dan menembus dimensi lain dengan terbang. Di versi Soul of God, Deathmask berubah menjadi baik Ketika melawan Loki.

Aiolia
Kebanggaan ksatria emas karena keberaniannya melindungi perdamaian dan keadilan. Aiolia sebenarnya bingung, ketika kakaknya yg bernama Aiolos dituduh pengkhianat. Aiola hidup dalam keraguan dan kebingungan setelah kematian kakaknya, namun dia menunjukkan kesetiannya kepada Paus meski dia tidak tahu bahwa itu palsu. Paus palsu menyuruh Aiolia menghabisi Seiya dan Athena, namun "cloth" Sagitarius melindungi Seiya dan bayang2 kakaknya muncul dihadapan Aiolia, hingga Aiolia mengetahui kebenarannya. Aiolia akhirnya marah besar dan langsung menghampiri istananya Paus palsu, namun ada ksatria emas Virgo yg menghalanginya. Hampir terjadi pertarungan yg dahsyat, Paus palsu akhirnya menggunakan jurus hipnotisnya hingga membuat Aiolia tunduk kepadanya.

Aiolia merupakan ksatria emas dengan jubah "cloth" Leo yg terlihat gagah. Aiolia yg terhipnotis menghadang Seiya, hingga akhirnya memakan korban dengan terbunuhnya Cassios. Seiya mengetahui kelemahan Aiolia dan akhirnya menghajar dengan jurusnya hingga Aiolia sadar. Aiola yg dulunya malu dengan apa yg dilakukan Aiolos, akhirnya Aiola malah menjadi bangga. Aiolia sempat mau membantu Seiya dkk ketika menghadapi Poseidon di dasar laut, namun Mu menghalanginya karena sebentar lagi Hades mau menyerang Athena. Aiolia menghajar banyak pasukan Hades ketika menyerang Athena, namun akhirnya dia dikalahkan oleh Wyvern Rhadamanthys di dunia bawah tanah. Dulunya Masami Kurumada menunju Aiolia sebagai pemeran utamanya sebelum digeser oleh Seiya. Jurus andalannya yaitu Pukulan secepat kilat, Plasma tercepat, Photon Burst, Fang secepat kilat. Aiolia menjadi pemeran utama saat melawan Loki di serial Soul of God.

Shaka

Dialah ksatria emas yang kekuatannya dikatakan hamper setara dengan Dewa, dan Shaka menggunakan jubah "cloth" Virgo. Meskipun Shaka berkekuatan hamper setara dengan Dewa, namun dia tidak tahu bahwa Paus palsu adalah Saga. Shaka menunjukkan kesetiaannya kepada Paus, makanya Shaka mengutus 2 anak buahnya yaitu Peacock Shiva dan Lotus Aghora untuk membunuh Ikki yg dituduh pengkhianat di pulau Kanon. Ikki berhasil mengalahkan anak buah Shaka, lalu ketika Shun mau dibunuh oleh Shaka, Ikki menyelamatkan adiknya dan melawan Shaka. Shaka dengan percaya diri mengalahkan Ikki, namun Shaka akhirnya sadar bahwa kosmo Athena yg menolong Ikki. Ikki melakukan bunuh diri dengan membawa Shaka ke dimensi lain, namun Shaka meminta Mu untuk mengembalikannya ke dunia dan dia akhirnya menyatakan setia kepada Athena. Ketika melawan Poseidon, para ksatria Athena tidak turut campur karena persiapan menghadapi Hades. Kekuatan besar yg dimiliki Shaka sangat diperlukan melawan Hades, namun Shaka dikalahkan oleh 3 ksatria Athena yg dihidupkan Hades yaitu Saga, Camus dan Shura. 

Tiba2 Shaka muncul di dunia bawah tanah untuk menemui Hades, namun Athena menghalanginya karena kekuatan Hades berbahaya. Shaka dianggap sebagai ksatria emas paling suci dan dia sering bertapa mempelajari ilmu2 Buddha. Shaka pun memperbolehkan "cloth"-nya dipakai oleh Shun yg dianggap sama2 suci. Banyak sekali jurus2nya Shaka yaitu Om, pelindung Kan, menghapus keraguan dengan Tenpōrin'in, jika Shaka membuka matanya maka Tenma Kōfuku ini sangat berbahaya, Shaka mengirim lawannya ke 6 alam neraka lewat Rikudō Rinne, jurus Tenkū Haja Chimimōryō ini memanggil roh2 jahat untuk membunuh musuh2nya Shaka dan jurus Tenbu Hōrin yg menjebak lawannya dengan ilusinya dan Shaka menghancurkan ke 5 panca indera musuhnya seperti yg dia lakukan kepada Ikki, ketika Shaka membuka matanya mengeluarkan jurus Agyo, maka kekuatannya bertambah dahsyat. Shaka paling ditakuti dari semua ksatria emas, makanya Saga sangat membutuhkannya dalam menyingkirkan Athena.

Dohko


Ksatria emas tertua dan tidak mempunyai pengganti dengan memakai jubah "cloth" Libra. Sekitar 200 thn yg lalu ketika Athena menang melawan Hades, Athena memberikan kekuatan berusia panjang dengan menggunakan Misopethamenos. Efek dari kekuatan Misopethamenos yaitu membuat tubuh Dohko semakin mengecil Ketika sudah tua, namun tidak bisa mati. Athena memberikan Misopethamenos kepada Dohko karena kesetiannya yg sangat tinggi, dan dia disuruh menjaga Hades yg tersegel sampai Athena bereinkarnasi lagi. Ada syarat lagi yaitu Dohko harus tinggal di gunung Lu dan mengawasi Sanctuary dari kejauhan. Dohko tinggal Bersama cewek yatim piatu yg bernama Shunrei dan Dohko mengajari Shiryu supaya bisa menguasai jurus2nya dan melindungi Athena. Dohko ternyata mengetahui bahwa temannya yg menjadi Paus dibunuh oleh Saga yg menyamar menjadi Paus palsu, namun Dohko hanya memberi tahu kepada ksatria2 emas yg sadar akan kebenarannya.

Ketika Camus membekukan Hyoga di kuil Libra, Dohko memberikan "cloth"-nya kepada Shiryu supaya bisa membebaskan Hyoga dari kubahan es dahsyat. Deathmask ingin mengambil "cloth" Libra dengan mendatangi Dohko ke gunung Lu, namun Mu menghalangi Deathmask. Ketika melawan Poseidon, Dohko menjadi ketuanya yg menasehati para ksatria emas supaya tidak meninggalkan Sanctuary karena ancaman besar yaitu Hades segera datang. Jurus2 dari Dohko yaitu pukulan 100 Naga, Pukulan Naga terbang, strategi bunuh diri Dohko menggunakan Rozan Kou Ryuu Ha. Libra merupkan satu2nya "cloth" emas yg mempunyai banyak senjata yg dipakai untuk menyerang dan perisai untuk bertahan. Berikut senjata "cloth" Libra yaitu 2 pedang, 2 tonfa, 2 tombak, 2 Nunchuk, 2 Sansetsukon dan 2 perisai. Saat Hades menyerang, Dohko mengeluarkan jati-dirinya yg asli dan melawan sahabatnya sendiri yaitu ksatria Aries di jamannya yg bernama Shion. 

Milo

Inilah salah satu ksatria emas terhormat dengan memakai jubah "cloth" Scorpio dan menjadi ksatra emas yg membanggakan. Milo termasuk salah satu ksatria emas yg setia dan dia sebenarnya setia kepada Athena, meski kesetiaannya dimanfaatkan oleh Paus palsu. Paus palsu menyuruh Milo membunuh gurunya Shun yaitu Albiore yg dianggap membangkang. Milo berteman dengan Camus, makanya ketika Milo melawan Hyoga, dia pamitan dulu kepada Camus. Ketika Milo bertemu dengan Hyoga, Milo menghajar Hyoga dengan jurus2 beracunnya. Namun tak disadari, Hyoga melancarkan serangan mematikan juga ke Milo, dan beruntung Milo memakai "cloth" emas hingga nyawanya masih tertolong. Dengan terhormat, Milo mengakui kehebatan Hyoga, hingga akhirnya dia menyembuhkan Hyoga yg terkena jurus racunnya.

Ketika Seiya dkk menyerbu kuilnya Poseidon, Milo sebenarnya mau ikut menyelamatkan Atena, namun dihalangi oleh Mu, karena musuh yg mengerikan akan datang yaitu Hades. Milo benar2 melidungi Athena, hingga Kanon hamper saja mau dihabisi oleh Milo, namun beruntung Athena yg menghentikannya. Demi menjaga Athena, Milo bersedia menghabisi teman2nya yaitu Camus, Shura dan Saga yg dipengaruhi oleh Hades. Namun sayangnya saat berada di dunia bawah tanah, Milo kalah melawan ksatrianya Hades yaitu Wyvern Rhadamanthys. Jurus2 yg dimiliki oleh Milo yaitu menghentikan pergerakan lawan dengan Restriction, racun kalajengking Scarlet Needle dan racun yg mematikan yaitu Antares. Awalnya Masami Kurumada menggambarkan Milo sebagai gurunya Hyoga, namun ternyata yg lebih cocok adalah Camus karena air dan es lebih menyatu.

Aiolos
Sosok kesempurnaan dan teladan bagi para ksatria emas lainnya dengan memakai jubah "cloth" Sagitarius. Kesetiaan Aiolos kepada Athena sangat dalam, makanya Paus sebenarnya udah berencana menunjuk Aiolos sebagai penggantinya. Namun sifat jahat Saga menggagalkan rencana tsb dengan membunuh Paus dan menjadi Paus palsu. Aiolos mengetahui rencana jahat Saga, hingga akhirnya menyelamatkan Athena yg masih bayi hingga akhirnya dikejar2 sampai tewas. Beruntung sebelum mati, Aiolos bertemu dengan seorang milyader yg bernama Mitsumasa Kido yg merawatnya dengan baik. Mitsumasa Kido akhirnya tahu Athena yg masih bayi dalam bahaya, makanya dia membatasi pergaulan Saori Kido saat masih kecil. Cloth Sagitarius inilah yg melindungi Athena Ketika dalam bahaya dan dijadikan trofi Utama di turnamen Galaxy Wars Arc.

Di kuilnya, Aiolos memberikan pesan kepada Seiya dkk supaya tetap setia menjaga Athena. Cloth Saigitarius inilah yg nantinya akan dipakai oleh Seiya sebagai penerus Aiolos dan melindungi Seiya Ketika bertarung melawan ksatria emas, Poseidon dan Hades dengan melawan semua pasukannya. Aiolos adalah kakaknya Aiolia, makanya Aiolia hidup dalam keraguan, karena dia yakin kakaknya bukan pengkhianat. Seusai kematiannya, Paus palsu menyebarkan berita bohong dengan mengatakan Aiolos pengkhianat. Aiolos mempunyai beberapa jurus yaitu Petir Atomic, panah ilusi Infinity, panah bayangan, plasma kilat, Flash Over, Arc Plasma, Petir Api, Lightning Bolt/Telios, panah maut Genrō Majin Ken. Aiolos dihidupkan sebentar saat melawan Hades, dan dihidupkan juga saat melawan Loki di serial Soul of God.

Shura

Ksatria emas dengan julukan pejuang sejati dan sebenarnya sangat setia kepada Athena, meski akhirnya tahu bahwa dia ditipu oleh Paus palsu. Shura menganggap Paus palsu sebagai sosok yg sangat tepat menjaga Sanctuary, makanya Ketika Paus palsu menyuruh Shura membunuh Aiolos, akhirnya Shura menyanggupinya. Shura menggunakan jurus mautnya untuk membunuh Aiolos yg dianggapnya pengkhianat dan Shura sampai terbang mengejar2 Aiolos di udara dan berhasil membunuhnya. Saat bertemu dengan Shiryu, Shura tahu akan kelemahan jurus dari Shiryu, makanya dia yakin bakal menang. Namun Shiryu membakar kosmonya dengan bantuan Athena hingga melampaui indera ke 7 dan melakukan bunuh diri bersama dengan Shura terbang sampai ke luar angkasa.

Melihat perjuangan Shiryu yg sangat kuat dan teguh, akhirnya Shura sadar bahwa selama ini dia salah dan merasa ditipu oleh Paus palsu. Shura tak ingin Shiryu mati, makanya Shura melepaskan "cloth"-nya supaya dipakai Shiryu dan menyelamakan Shiryu hingga sampai ke bumi. Shura pun mati secara terhormat dan bangga bisa menyelamatkan Athena. Shura mempunyai beberapa jurus yaitu Pedang suci Excalibur di tangannya yg bisa memotong benda sekuat apapun. Selain itu ada jurusnya yg dobel Excalibur dan Jumping Stone. Arwah Shura mengingatkan Shiryu, bahwa Shura memberikan jurus pedang Excalibur ke tangannya Shiryu. Makanya pasukannya Poseidon yg bernama Chrysaor Krishna jubahnya dipotong oleh pedang Excalibur milik Shiryu. Ketika melawan Hades, Shiryu juga menggunakan pedang Excalibur milik Shura.

Camus
Dia dijuluki ksatria emas penyihir es, karena bisa membekukan benda apapun dengan memakai jubah "cloth" Aquarius. Versi anime dan manga berbeda, karena di anime Camus ini adalah gurunya ksatria Crystal yg merupakan gurunya Hyoga, namun ceritanya diubah dengan menyatakan bahwa Camus adalah gurunya Hyoga. Camus ini mempunyai sifat yg dingin, pendiam dan meyakini apa yg diyakininya walaupun itu salah. Camus sebenarnya khawatir dengan Hyoga yg berniat melawan Paus, karena kekuatan Hyoga yg masih dianggap biasa saja. Makanya Ketika Hyoga berada di kuil Gemini, Camus sengaja membekukan Hyoga dengan balok es terkuatnya dan menaruhnya di kuil yg kosong yaitu di kuil Libra. Milo mengetahui kejadian itu, dan Milo yg bersahabatan dengan Camus meminta ijin kepadanya untuk menghabisi Hyoga.

Ketika Camus bertemu dengan Hyoga, lama2 dia sadar bahwa kekuatan Hyoga udah setara dengannya, makanya mereka berdua tergeletak berbarengan. Roh Camus menyatu dengan "cloth" Aquarius, yg akhirnya dipakai oleh Hyoga Ketika melawan Poseidon. Arwah Camus pun mengingatkan Isaac yg menjadi ksatria Asgard saat melawan Hyoga, karena mereka berdua adalah muridnya Camus. Hades menghidupkan Camus, hingga Camus Bersama Shura dan Gemini berniat menculik Athena dengan menyingkirkan Shaka. Jurus yg dimiliki Camus yaitu Debu2 intan, pengikat es Kol'tso, Peti mati Es yg dipakai melawan Hyoga dan jurus pamungkasnya yg diturunkan ke Hyoga yaitu Aurora Execution. Di serial Soul of God, Camus malah menjadi pengkhianat karena membela temannya yg bernama Surt, meski akhirnya sadar dan bergabung dengan Athena.

Aphrodite

Salah satu ksatria emas yg lemah dengan memakai jubah "cloth" Pisces. Aphrodite ini sosok pria yg wajahnya secantik Wanita, namun mempunyai sifat yg kejam, sarkastik dan licik, seperti sahabatnya yaitu Deathmask. Aphrodite inilah yg sebenarnya membunuh salah satu ksatria perak terkuat dan menjadi gurunya Shun yaitu Cepheus Daidalos/Albiore, dia menyerang tiba2 dengan mawarnya Ketika Cepheus Daidalos bertarung melawan Milo di pulau Andromeda. Ketika bertemu Shun, Aphrodite membritahukan bahwa dia yg membunuh gurunya. Shun dihajar habis2an dengan mawarnya Aphrodite, hingga akhirnya Shun marah dengan membangkitkan kosmonya, lalu melepas jubah "cloth" Andromeda-nya. Shun melancarkan jurus terakhirnya yaitu Nebula Storm, namun Aphrodite melancarkan jurus mawar beracunnya hingga Shun sekarat.

Ketika Hades menghidupkan Aphrodite, dia Bersama Deathmask melawan Mu dan memang sengaja tidak bertarung maksimal, supaya Mu mengirimnya ke dunia Bawah tanah setelah dihajar Mu. Aphrodite Bersama Deathmask memaksa masuk ke istana Hades, namun Wyvern Rhadamanthys menghadangnya dan membunuh mereka berdua. Saat Aphrodite dihidupkan lagi di serial Soul of God, dialah yg menjadi otak utamanya menyelamatkan ksatria emas yg dikurung di akar pohon sakti miliknya Loki, karena Aphrodite kebal terhadap racun tanaman. Ada beberapa jurus milik Aphrodite yaitu Mawar Royal Demon, Mawar Piranha, Mawar putih berdarah dan Mawar Belati yg menciptakan bunga mawar yg besar. Wajah Aphrodite ini terinspirasi dari Napoleon Baroa yg ada di film Ring ni Kakero yg sama2 ciptaan Masami Kurumada.

0 comments: