Perjalanan Musik Boyband/Girlband

"BOYBAND identik dengan grup musik yg menampilkan perpaduan suara yang indah dari masing2 personilnya dan disertai dengan tarian/joget yg sangat kompak, atraktif, enerjik dan keren.  Imej mereka dianggap baik dan sopan karena pangsa pasar grup musik ini adalah anak2 sampai remaja, mungkin juga ada beberapa yg dewasa. Style dan gaya mereka selalu mengikuti trend masa kini (di jamannya) dan lagu2nya pun mengikuti selera jaman masing2. Kebanyakan yg suka boyband/girlband adalah para remaja cewek yg ingin mencari sosok idola yg dianggapnya keren. Boyband ini dianggap musuh oleh band2 beraliran Rock (semua genre) karena ada tarian/joget yg lemah gemulai seperti cewek dan itu tidak disukai banyak pria, makanya sering dibilang Banci (Bencong). "

Di thn 1896, terbentuklah quartet grup musik barbershop yg dinamakan The Haydn Quartet (Hayden Quartet) yg mempunyai ciri khas suara masing2 yaitu John Bieling dan Jere Mahoney bersuara tenor, lalu Samuel Holland Rous bersuara bariton dan William F. Hooley bersuara bass. Lalu saat grup musik tsb dikontrak oleh perusahaan rekaman Edison Records namanya akhirnya diganti menjadi the Edison Quartet. Di thn 1901, the Edison Quartet dikontrak oleh perusahaan rekaman Victor Talking Machine Company hingga sampai terbang ke UK di thn 1902. The Haydn Quartet cukup sukses dengan lagu2nya seperti "In the Good Old Summer Time" (1903), "Bedelia" dan "Sweet Adeline (You're the Flower of My Heart)" (1904), "How'd You Like To Spoon With Me" (1906), "Take Me Out to the Ball Game" (1908), "Sunbonnet Sue" (1908), "Put On Your Old Gray Bonnet" (1909), "By the Light of the Silv'ry Moon" (1910), "My Bonnie Lies Over The Ocean" dan "Way Down Yonder in the Cornfield" (1903).

The Haydn Quartet bubar di thn 1914 karena beberapa personilnya sibuk dengan proyek lainnya yaitu grup musik baru bernama American Quartet yg didirikan sejak thn 1899. Aliran musik barbershop yg populer di jaman itu akhirnya mulai memudar saat memasuki era 1920an yg jenis musiknya dianggap sebagai perpaduan musik Afrika-Amerika. Para grup musik quartet barbershop inilah yg dianggap sebagai pelopor awal terbentuknya grup musik boyband dengan musik2 acapella yg populer di jaman itu. Namun aliran musik barbershop ini malah digemari oleh pemimpin gereja hingga akhirnya sering digunakan untuk nyanyian koor di gereja sampai sekarang ini. Memasuki era 1940an, munculah musik2 beraliran Doo-wop yg lagu2nya kebanyakan menyanyikan tema2 seputar kisah cinta. Aliran musik Doo-wop ini merupakah bagian dari Rhythm and Blues (R&B) yg dipopulerkan oleh orang2 Afro-Amerika di era 40an dengan kekuatan musik harmoni dari semua suara personilnya. 

The Mills Brothers namanya cukup populer di era 1930-1940an yg merupakan grup musik bersaudara yg nama personilnya adalah Donald Mills dan Herbert Mills (tenor), Harry Mills (bariton) dan John Mills Jr. (bass). Ada beberapa lagunya yg populer, antara lain: "Goodbye Blues", "Nobody's Sweetheart", "Ole Rockin' Chair", "Lazy River", "How'm I Doin'" dsb. Setelah itu lahirlah grup musik The Ink Spots di thn 1934 yg dianggap sebagai boyband pertama di dunia karena cukup terkenal di jaman itu. Namun terkadang mereka juga memainkan alat musik dan belum berjoget2, para personilnya adalah Hoppy Jones (bass), Deek Watson dan Jerry Daniels (tenor) serta Charlie Fuqua (bariton). Ada beberapa lagunya yg cukup dikenal antara lain: "If I Didn't Care" dan "My Prayer" (1939), "Maybe", "Java Jive" (1940), "I Don't Want to Set the World on Fire" (1941), "The Gypsy", "To Each His Own" dan "Prisoner of Love" (1946), "You're Breaking My Heart" (1949), "If" dan "It Is No Secret" (1951).

The Ink Spots bubar di thn 1954 karena beberapa personilnya sibuk mendirikan grup musik lain yg namanya mendompleng dari Ink Spots. Selain itu ada juga trio grup musik versi cewek berkulit putih yaitu The Andrews Sisters yg berdiri sejak thn 1925 dengan lagunya "Nice Work If You Can Get It" (1938), "Beat Me Daddy, Eight to the Bar" (1940), "Boogie Woogie Bugle Boy" (1941), "Straighten Up and fly Right" (1945) dsb. Para personilnya adalah LaVerne (contrAlto), Maxene (sopran) dan 'Patty' Patricia (mezzo-sopran) yg dulunya cukup populer hingga Christina Aguilera sempat meniru gaya vokal grup musik ini di lagu "Candyman". Namun sayangnya, LaVerne meninggal dunia di thn 1967 setelah menderita penyakit kanker dan tak lama kemudian the Andrews Sisters bubar. Ada quartet musik juga bernama The Jubalaires yg terkenal dengan lagunya "Noah" (1946) yg dianggap sebagai cikal-bakal lahirnya aliran musik Rap yg populer di akhir era 90an sampai 2000an. 

Setelah itu bermunculan grup2 musik vokal yg lebih dari 4 orang dan campur ada ceweknya seperti the Platters yg terkenal dengan lagunya "Only You" dan "The Great Pretender" di thn 1955 dan "Smoke Gets in Your Eyes" di thn 1958. Lalu ada The Orioles yg sukses mendaur ulang lagu "Crying in the Chapel" di thn 1953 dan juga the Flamingos dengan lagu "I Only Have Eyes for You" (1959). Ada The Cardinals dengan lagunya berjudul "Shouldn't I Know" dan the Five Keys dengan lagu "The Glory of Love" (1951) serta the Drifters dengan lagu2nya yg berjudul "This Magic Moment" (1960) dan "Under the Boardwalk" (1964). Dan banyak sekali grup2 musik keturunan Afro-Amerika dengan suara yg bagus2 di jaman itu hingga akhirnya berdirilah perusahaan musik yg bernama Motown yg banyak menaungi grup2 musik Afro-Amerika di thn 1958. Motown dianggap sangat berjasa menaungi grup2 musik kulit hitam yg sejak jaman itu banyak terjadi rasisme di USA di era 60an.

Trio cewek yg bernama the Supremes sangat terkenal di era 60an dengan lagunya yg berjudul "Where Did Our Love Go" (1964), "You Can't Hurry Love" (1966) dsb. Dan mereka menampilkan gerakan tarian yg masih agak kaku, serta salah satu personilnya sukses bersolo karir yaitu Diana Ross. The Temptations sukses dengan lagu "My Girl" (1964) dan juga the Four Tops dengan lagunya yg berjudul "Reach Out (I'll Be There)" (1967) serta The Marvelettes dengan lagu "Please Mr. Postman" (1961). Memasuki era 70an, ada beberapa band dari Motown yg sukses seperti Jackson Five dengan lagu "I'll Be There" (1970) dimana ada Michael Jackson disana dan juga ada grup musik bernama Commodores dengan lagu "Easy" (1977) dimana ada Lionel Ritchie disana dsb. Memasuki era 70an muncul grup musik serba bisa dari satu keluarga yg bernama the Osmonds yg terkadang menggunakan alat musik dan ada juga semua personilnya menari. The Osmonds memamerkan tarian yg bagus dan kompak, inilah yg menjadi inspirasi para boyband.

Ada beberapa lagu hitsnya the Osmonds yaitu "Let Me In" dan "Love Me for A Reason" dan muncul juga boyband latin dari Puerto Riko yg bernama Menudo di thn 1977 dengan lagu "If You're Not Here" dan "Hold Me" (1985). Di thn 1981, terbentuklah boyband berkulit hitam yg bernama New Edition yg sukses dengan lagunya yg berjudul "Candy Girl" (1983) dan "Cool It Now" (1984) yg menampilkan tarian kompak meski mereka dianggap sekumpulan anak2 remaja. Maurice Starr yang membentuk New Edition dan akhirnya melepaskannya karena Maurice Starr ingin membentuk lagi boyband yg berisikan anak2 muda berkulit putih yg dia namakan New Kids on the Block di thn 1984. Kesuksesan dan ketenaran boyband terjadi dengan adanya New Kids on the Block yg tak disangka meraih kepopuleran yg sangat luar biasa di era 80an. Albumnya sangat laris manis di dunia hingga total penjualan semua album sampai 80 juta keping kaset dan lagu2nya banyak yg terkenal seperti "Step by Step", "I'll Be Loving You", "Hangin' Tough" dsb.

New Kids on the Block inilah dianggap pelopor "koreografi" bagi para generasi boyband di era 90an dengan tarian2 yg gemulai, kompak, lincah dan atraktif. Kesuksesan boyband asal USA ini membuat UK tertarik mendirikan boyband juga di era 80an yaitu Big Fun. Nigel Martin-Smith ingin meniru kesuksesan Maurice Starr mendirikan boyband di USA hingga akhirnya dia mendirikan boyband terkenal di UK yg dinamakan Take That di thn 1990. Kesuksesan Take That terbukti dengan total penjualan semua album sampai 14 juta keping kaset di seluruh dunia dengan lagu2 hitsnya seperti "Back for Good", "Never Forget", "Pray" dsb. Selain itu mulai bermunculan boyband2 dari negara2 Britania seperti East-17 di thn 1991 dengan lagu hitsnya yaitu "Stay Another Day" dan di USA juga bermunculan boyband2 seperti Color Me Badd dengan lagu hitsnya yaitu "All 4 Love" dan "I Adore Mi Amor" (1991) serta "The Earth, the Sun, the Rain" (1996). Ada duo Milli Vanilli yg terkena skandal pencurian hak cipta.

Boyz II Men yg mempunyai kualitas suara yg sangat bagus juga terkenal di era 90an dengan lagu2nya seperti  "I'll Make Love to You", "End of the Road", "On Bended Knee" dsb. Ada All 4 One yg didirikan di thn 1993 dengan lagu2 hitsnya seperti "I Swear", "So Much in Love", "I Can Love You Like That" dsb. Negara Irlandia pun mempunyai boyband legendaris yaitu Boyzone di thn 1993 dengan lagu2nya seperti "No Matter What", "A Different Beat", "All That I Need" dsb. Di UK ada boyband yg bernama MN8 dan 911 di thn 1995 yg sukses dengan lagu2nya seperti "All I Want Is You", "How Do You Want Me to Love You?" dsb. Keponakan dari Michael Jackson mendirikan boyband yg bernama 3T dengan lagu2 hitsnya seperti "Anything", "I Need You" dsb. Di thn 1993 lahirlah boyband dengan penjualan album tertinggi sepanjang masa yaitu Backstreet Boys yaitu terjual 130 juta keping kaset semua albumnya dan itu tidak bisa dikalahkan oleh semua boyband sampe sekarang ini. 

Banyak sekali lagu2 hitsnya Backstreet Boys seperti "I'll Never Break Your Heart", "As Long as You Love Me", "I Want It That Way" dsb. Ada boyband asal Belanda di thn 1992 yg bernama Caught in the Act dengan lagunya yg berjudul "You Know" dan Danage dengan lagunya "Forever" di thn 1995. Bob dan Chris Herbert mendirikan girlband yg akhirnya menjadi terkenal di dunia yaitu Spice Girls di thn 1994 dengan lagu2nya seperti  "Wannabe",  "2 Become 1", "Stop" dsb. Setelah itu mendirikan boyband juga yg dinamakan 5ive yg cukup ngetop di era 90an dengan lagu2nya seperti "Until the Time Is Through", "When the Lights Go Out" dsb. Di thn 1995, berdiri juga boyband yg terkenal di USA yaitu N'Sync dengan lagu2 hitsnya seperti "I Want You Back", "Tearin' Up My Heart", "Bye Bye Bye" dsb. Di thn 1996 juga berdiri boyband yg cukup sukses yaitu 98 Degrees dengan lagu2 hitsnya seperti "Because of You", "The Hardest Thing", "Invisible Man" dsb. 

Di Jerman ada boyband yg berdiri di thn 1995 bernama Bed & Breakfast dengan lagu hitsnya "If You Were Mine" dan "All I Wanna Do". Lalu ada banyak sekali boyband di era 90an yg bermunculan seperti OTT, Another Level, B2K, Plus One, Take 5, No Authority, C-Note dsb. Selain itu banyak juga girlband seperti All Saints, Eternal, B*Witched, Atomic Kitten, the Honeyz, Girl Thing, Sugababes, TLC, En Vogue, Destiny's Child (saat masih ada Beyonce) dsb. Selain itu ada grup campuran cowok dan cewek seperti Ace of Base, Steps, S Club 7 dsb. Di thn 1996 berdiri Code Red dengan lagu2 hitsnya seperti "This Is Our Song", "We Can Make It" dsb. Menjelang akhir era 90an, musik2 boyband masih digemari yaitu dengan adanya A1 di thn 1998 yg mempunyai lagu seperti "Like a Rose", "Everytime", lalu ada Point Break dengan lagunya yg berjudul "Freakytime", "Stand Tough" dsb serta ada LFO dengan lagunya "Girl on TV" dan "Summer Girls". 

Di thn 1998 berdirilah boyband yg terkenal di Irlandia yaitu Westlife dengan lagu2 hitsnya seperti "Swear It Again", "If I Let You Go", "My Love" dsb. Di thn 2000 berdirilah band yg bernama Blue dengan lagu2 hitsnya seperti "All Rise", "Too Close" dsb serta O-Town dengan lagu hitsnya yaitu "All or Nothing". Kepopuleran boyband mulai menurun di benua Eropa, Amerika & Australia, tapi malah sukses di benua Asia dengan adanya film serial Meteor Garden (F4) di thn 2001 dari Taiwan. Lalu berlanjut ke Korea Selatan dengan munculnya band2 K-Pop di era 2000an yg sebenarnya diawali oleh Seo Taiji and Boys di thn 1992. Namun yg benar2 boyband itu pelopornya adalah H.O.T.  di thn 1996 dan Sechs Kies di thn 1997. Lalu pelopor girlband di Korea adalah S.E.S. yg terbentuk di thn 1997. Di thn 2005, muncul boyband yg terkenal di Korea yaitu Super Junior (SuJu) yg disusul boyband2 lainnya seperti SS501, Big Bang dsb. 

Lalu di thn 2007 lahirlah girlband yg bernama Girls' Generation (SNSD) yg terkenal saat itu lalu disusul girlband lainnya seperti Kara, Shinee, 2NE1 dsb. Ada juga boyband asal UK yg terbentuk lewat ajang pencarian bakat yaitu One Direction di thn 2010 dengan lagu2 hitsnya seperti 
"What Makes You Beautiful", "Live While We're Young", "Best Song Ever" dsb. Di thn 2013 berdirilah boyband yg sangat terkenal di Korea yaitu BTS dan girlband terkenal di Korea yaitu Blackpink di thn 2016. Di Indonesia ada boyband yg berdiri di thn 1989 yaitu Trio Libels dengan lagu hitsnya seperti "Gadisku" dan "Aku Suka Kamu". Memasuki era 90an ada beberapa boyband di Indonesia seperti Cool Colors, Coboy, ME, FBI dsb serta ada girlband seperti AB Three, Bening, RSD dsb. Lalu ada versi anak2 yg dinamakan Coboy Junior dan Sm*sh yg terkenal dengan lagu "I Heart You", lalu disusul boyband2 lainnya seperti Dragon Boyz, Hitz, XO-IX, Super 9 Boys dsb. Selain itu ada juga girlbandnya yg terkenal seperti 7icons dengan lagunya "Playboy", Cherrybelle dengan lagunya "Dilema", JKT48 dengan lagunya yg berjudul "Heavy Rotation", Princess dengan lagunya "Jangan Pergi MV", Blink dengan lagu "Sendiri Lagi" dsb.




0 comments: